Hyun Bin dan 7 Artis Korea Sukses Jadi CEO, Bangun 'Rumah' untuk Artis Lain

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 13 Mei 2021 16:45 WIB
Hyun Bin Foto: dok 1st Look
Jakarta -

Sejumlah artis Korea memilih untuk memperluas kariernya dan mendirikan bisnis. Tak sedikit yang meraih pundi-pundi sebagai pemilik cafe dan restoran, seperti Lee Jong Suk, Yoo Yeon Seok, dan Jessica Jung.

Sementara itu, sejumlah artis Korea bertahan di industri hiburan dan membuka jalan bagi artis lain. Mereka mendirikan agensi dan menjadi CEO untuk diri sendiri.

Selain Hyun Bin, berikut 7 artis Korea yang sukses menjadi CEO agensinya sendiri:

1. Kang Daniel

Kang DanielKang Daniel Foto: dok Konnect Entertainment

Kang Daniel barangkali menjadi CEO termuda di industri hiburan Korea. Eks member grup Wanna One itu mendirikan agensi Konnect Entertainment untuk dirinya, agar mudah mengelola aktivitasnya sebagai solois.

Namun kini, KD Corporation Ltd. akan memperluas cabang bisnisnya dengan membuat café serta aplikasi khusus untuk penggemar idol berumur 24 tahun ini.

2-3. Hyun Bin dan Shin Min Ah

Hyun Bin, Shin Min AhHyun Bin, Shin Min Ah Foto: dok 1st Look, dok W Korea

Hyun Bin dan Shin Min Ah berkolaborasi membentuk agensi, setelah meninggalkan AM Entertainment. Keduanya menjadi CEO untuk diri sendiri dan mendirikan perusahaan entertainment O& Entertainment.

Namun, Hyun Bin memutuskan untuk hengkang dari O& Entertainment setelah kontraknya berakhir. Bintang Crash Landing on You itu kini membentuk agensi lain bernama VAST Entertainment.

Sementara itu, Kim Woo Bin bergabung dengan AM Entertainment, yang didirikan sang kekasih Shin Min Ah.

4. So Ji Sub

So Ji SubSo Ji Sub Foto: dok High Cut

Awalnya, So Ji Sub mendirikan 51K untuk dirinya sendiri tanpa niat untuk merekrut artis lain. Namun, agensi bintang Oh My Venus itu kini menjadi 'rumah' bagi sejumlah artis Korea kenamaan seperti TaecYeon, Lee Seung Woo, dan Cha Hak Yeon alias N VIXX.

5. Bae Yong Joon

Bae Yong JoonBae Yong Joon Foto: dok KeyEast Entertainment

Bae Yong Joon menjadi salah satu pelopor gelombang Hallyu, yang mencuri perhatian lewat Winter Sonata. Ia memutuskan untuk pensiun dari dunia akting dan mendirikan KeyEast Entertainment.

Kini, perusahaan yang didirikannya diakuisisi oleh SM Entertainment. KeyEast Entertainment menjadi 'rumah' bagi sejumlah artis Korea kenamaan termasuk dua bintang True Beauty, Moon Ga Young dan Hwang In Yeop.

6. So Seung Heon

So Seung HeonSo Seung Heon Foto: dok Esquire

So Seung Heon memutuskan untuk membangun agensinya sendiri setelah melalui banyak pertimbangan. Bintang Dinner Mate ini ingin memperluas wawasannya sebagai artis Korea. So Seung Heon memilih nama Storm S saat mendirikan agensinya, dan kini berganti menjadi Better Entertainment.


7. Ha Ji Won

Ha Ji WonHa Ji Won Foto: dok ELLE

Ha Ji Won termasuk salah satu artis senior di industri hiburan Korea. Bintang Empress Ki ini pun memutuskan untuk mendirikan agensinya sendiri dengan nama Haewadal Entertainment yang berarti 'The Sun and the Moon'.

Setelah mendirikan agensinya, artis Korea ini menandatangani kontrak dengan BM+ Entertainment untuk mengelola aktivitasnya di kancah Internasional.



Simak Video "AHY Disandingkan dengan Hyun Bin, Annisa Pohan Pilih Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)