Kisah Sedih Pria Yogyakarta Lahir & Hidup 25 Tahun Sebagai Wanita (Bagian 1)

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 01 Mei 2021 07:00 WIB
Suratno Adi Legowo Foto: dok. YouTube Trans TV Official
Jakarta -

Seorang pria yang berasal dari Yogyakarta yang satu ini memiliki kondisi langka yang membuat jenis kelaminnya jadi berubah. Pria bernama Suratno Adi Legowo itu awalnya dilahirkan sebagai seorang wanita. Dirinya pun menjalani hidup sebagai seorang wanita selama 25 tahun dengan nama Suratini. Namun karena kelainan pada alat kelaminnya, Suratno kini berstatus sebagai seorang pria, bukan lagi wanita.

Sejak operasi kelamin yang dijalaninya pada 22 Mei 2003, hidup Suratno pun berubah. Selama satu tahun dirinya mencoba menyesuaikan untuk hidup sebagai pribadi yang berbeda. Maklum saja, sejak kecil Suratno memang sudah terbiasa dengan hal-hal yang dilakukan oleh wanita. Kini dirinya harus kembali belajar bagaimana caranya untuk hidup seperti layaknya seorang pria pada umumnya.

"Lahir di dukun desa, belum di rumah sakit, nggak di rumah sakit. Itu perempuan, ya karena memang kelaminnya seperti perempuan," jelas Warinem, ibu dari Suratno seperti dikutip dari YouTube Kejamnya Dunia Trans TV.

Sejak kecil pria yang kini telah berusia 27 tahun itu memang sudah diajarkan bagaimana untuk hidup seperti layaknya seorang wanita. Awalnya semua berjalan seperti semestinya, sampai masalah mulai muncul ketika Suratno menginjak remaja. Tak seperti remaja wanita seusianya, Suratno tidak mengalami pertumbuhan payudara dan juga menstruasi. Hal itu pun membuat Suratno dan orangtuanya merasa bingung.

Suratno Adi LegowoSuratno Adi Legowo Foto: dok. YouTube Trans TV Official

"Pas SMP itu kok anak saya belum punya payudara, belum mens, itu pikiran orangtua ya sudah mondar-mandir bagaimana. Sudah di dokter tapi belum ada jalan. Di jamu Jawa itu loh, di jamu Jawa itu sudah, apa-apa sudah dimasukkan tapi nggak ada perkembangannya," jelas Warinem.

Tak hanya sampai di situ saja, keanehan lain pun mulai dirasakan Suratno. Lehernya mulai ditumbuhi jakun dan suaranya pun berubah menjadi lebih berat. Hal itu pun membuatnya semakin bimbang dan mempertanyakan jati dirinya yang sesungguhnya. Beragam cara pun ditempuh Suratno untuk memastikan jenis kelamin dan jati dirinya yang sebenarnya.

(vio/vio)