Dikecam ARMY, Desainer Jimin BTS Batal Lelang 'Baju Keringat' Rp 65 Juta

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 30 Apr 2021 12:45 WIB
Jimin BTS Foto: dok. Naver x Dispatch
Jakarta -

Desainer Korea, Kim Rieul memutuskan untuk membatalkan lelang baju Jimin BTS. Sang desainer mendapat kecaman keras dari para ARMY (sebutan penggemar BTS) saat ingin melelang baju idolanya tanpa dicuci.

Baju Jimin BTS diperkenalkan sang desainer dalam video yang diunggah channel YouTube VIDEOMUG. Namun, Kim Rieul membuat pengakuan mengejutkan yang menyulut emosi para ARMY.

Desainer Hanbok itu mengaku langsung menerima baju yang dipakai Jimin BTS tanpa dicuci terlebih dulu. Terlebih, baju tersebut dikabarkan akan dilelang melalui balai lelang Korea, My Art Auction.

Para ARMY yang awalnya antusias mendengar baju Jimin BTS akan dilelang mulai geram. Pasalnya, balai lelang Korea My Art Auction pun tak akan mencuci baju Jimin BTS.

"(Baju Jimin) dibiarkan tidak dicuci setelah pertunjukan dan akan dijual dengan bau badan Jimin yang masih utuh," demikian pernyataan My Art Auction pada Senin (19/4/2021).

desainer Jimin BTSDesainer Jimin BTS, Kim Rieul Foto: dok YouTube VIDEOMUG

Mendengar hal itu, para ARMY merasa 'jijik' dan meluapkan kekesalannya di media sosial. Mereka menilai tindakan yang dilakukan desainer Kim Rieul dan balai lelang My Art Auction tidak etis.

Mereka mempertanyakan bila Jimin BTS tahu bajunya tak dicuci dan HYBE (Big Hit Entertainment) memberikan izin. Lelang itu awalnya dijadwalkan Kamis (22/4/2021) dengan harga awal 5 juta won atau sekitar Rp 65 juta.

Desainer Baju Jimin BTS, Kim Rieul Angkat Bicara

Baju rancangan Kim Rieul dikenakan Jimin BTS saat menampilkan lagu 'Idol' di Istana Gyeongbokgung untuk acara 'The Tonight Show Starring Jimmy Fallon', Senin (28/9/2020). Setelah menuai kontroversi, sang desainer pun angkat bicara.

Kim Rieul lebih dulu mengumumkan lelang baju Jimin BTS dibatalkan dalam postingan akun Instagram. Ia mengungkap bahwa agensi Jimin BTS memintanya untuk membatalkan lelang.

Desainer Jimin BTSDesainer Jimin BTS Foto: dok. Instagram rieul.kim

"Sebagai hasil dari permintaan HYBE untuk membatalkan lelang, serta berbagai faktor lainnya termasuk protes dari penggemar yang jahat, aku memutuskan untuk menarik baju tersebut dari lelang," tulis pemilik akun Instagram rieul.kim, Kamis (29/4/2021).

Lebih lanjut, desainer Kim Rieul mengungkapkan perasaannya lewat fitur Instagram Story. Ia mengaku telah menantikan lelang untuk membagikan hanbok modern rancangannya pada pemilik baru.

"Sebagai warga negara Republik Korea, aku bangga melihat BTS membuat negara kita dikenal seluruh dunia.

Selain itu, sebagai seorang desainer selama enam tahun terakhir, aku telah menciptakan lebih dari 300 hanbok, untuk siapapun yang ingin mewakili Korea, baik orang terkenal maupun tidak. Aku membuat setiap bagian dengan uang pribadi, tidak menerima bayaran sebagai imbalan.

Aku ingin berpartisipasi dalam lelang baru-baru ini, orang Cina telah mengklaim hanbok adalah milik mereka, dan dalam waktu berdekatan, salah satu lelang seni yang paling representatif di Korea, My Art Auction, memberiku kesempatan bagus, jadi aku berharap acara ini lebih bermakna daripada sekadar melelang hanbok.

Sayangnya, lelang kali ini di batalkan. Namun, aku berjanji untuk terus menyapa kalian dengan desain hanbok yang bagus di masa mendatang," pungkas desainer Jimin BTS.



Simak Video "KuTips: 4 Cara Kreatif Daur Ulang Kemasan BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)