Youn Yuh Jung 'Minari' Menang Oscar, Mantan Suami Menyesal Pernah Selingkuh

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 26 Apr 2021 12:15 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - APRIL 25: Yuh-Jung Youn, winner of Best Actress in a Supporting Role for Foto: Getty Images via AFP/POOL
Jakarta -

Aktris Youn Yuh Jung menjadi aktris Korea pertama yang meraih penghargaan di Oscar 2021 untuk film Minari. Wanita 73 tahun tersebut membawa pulang piala dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik. Kemenangannya yang mencetak sejarah di sejumlah kontes film internasional tentu jadi perbincangan belakangan ini. Sang mantan suami Jo Young Nam pun ikut mengomentari.

Youn Yuh Jung menikah dengan penyanyi Jo Young Nam pada 1975 hingga 1987. Dari perkawinannya, pasangan selebriti memiliki seorang anak lelaki. Dalam sebuah wawancara di acara AM Plaza, Jo Young Nam berbicara mengenai mantan istrinya yang belakangan jadi perhatian karena film Minari.

Jo Young Nam, Mantan Suami Youn Yuh JungJo Young Nam, Mantan Suami Youn Yuh Jung Foto: Dok. KBS

Dikatakan jika meski bercerai, Jo Young Nam selalu menonton drama atau film Youn Yuh Jung. Ia mengaku tetap mendukung mantan istrinya tersebut. "Aku bahkan menonton Minari di hari pertamanya keluar," ungkap pria 76 tahun yang juga dikenal sebagai penulis dan pelukis tersebut.

Dalam kesempatan itu, Jo Young Nam sempat bercerita mengenai kehidupannya di usia 40an dan menyinggung rumah tangganya dengan Youn Yuh Jung. Ia mengakui penyebab perceraian mereka. "Kami bercerai karena aku selingkuh dari dia," kata penyanyi kelahiran Pyeongyang, Korea Utara itu.

Ayah empat anak tersebut kemudian mengungkap penyesalannya. "Aku tidak mengerti mengapa aku selingkuh dari dia ketika kami punya anak bersama. Aku bodoh. Aku merasa sangat bersalah," tutur Jo Young Nam.

Yuh-Jung Youn, winner of the award for best actress in a supporting role for Yuh-Jung Youn, winner of the award for best actress in a supporting role for "Minari," poses in the press room at the Oscars on Sunday, April 25, 2021, at Union Station in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello, Pool) Foto: AP/Chris Pizzello

Youn Yuh Jung dikenal sebagai salah satu aktris paling dihormati dalam industri film Korea. Wanita yang aktif dalam dunia hiburan sejak 1966 tersebut tampil dalam film dan drama populer, seperti The Bacchus Lady, The Producers, hingga Dear My Friends. Selain Oscar, ia juga merupakan aktris Korea pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award (SAGA) dan British Academy Film Award (BAFTA).

Minari sendiri diadaptasi dari kisah nyata sang sutradara, Lee Isaac Chung yang menceritakan kepindahan Jacob Yi bersama keluarganya dari California ke Arkansas. Ia ingin mencoba menanam tanaman Korea dan menjualnya di Dallas selagi beradaptasi dengan kehidupan baru di daerah pedesaan. Mereka lalu kedatangan nenek Soon Ja yang dimainkan oleh Youn Yuh Jung dari Korea Selatan.

(ami/ami)