Desainer Simpan Keringat Jimin BTS Dalam Baju, ARMY Emosi Mau Dilelang

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 21 Apr 2021 11:41 WIB
Jimin BTS diduga tak melakukan operasi plastik Foto: dok. Big Hit Entertainment
Jakarta -

Seorang desainer dan balai lelang Korea menuai kecaman keras dari para ARMY (sebutan penggemar BTS). Pasalnya, mereka akan melelang baju yang dikenakan oleh Jimin BTS tanpa dicuci dengan harga fantastis.

Baju yang dikenakan Jimin BTS dirancang oleh desainer Korea, Kim Rieul. Baju tersebut dikenakan sang dancer utama saat menampilkan lagu 'Idol' di Istana Gyeongbokgung untuk acara 'The Tonight Show Starring Jimmy Fallon', Senin (28/9/2020) lalu.

Baju Jimin BTS telah menarik perhatian para ARMY sejak itu. Desainer Kim Rieul dengan apik memadukan gaya baju tradisional Korea, Hanbok dengan gaya modern hingga menjadi setelan hitam yang mewah.

Baju Jimin BTS kemudian diperkenalkan desainer Kim Rieul dalam video yang diunggah channel YouTube VIDEOMUG. Dalam video tersebut, ia memamerkan sejumlah koleksinya yang telah digunakan idol KPop.

Jimin BTSBaju Jimin BTS yang Tuai Kontroversi Foto: dok. Naver x Dispatch

Yang mengejutkan, Kim Rieul mengaku langsung menerima baju tersebut setelah BTS selesai tampil dan menyimpannya tanpa dicuci.

"Baju ini sebenarnya dipakai oleh Jimin di atas panggung di Istana Gyeongbokgung yang ditayangkan di acara Jimmy Fallon. Aku bahkan tidak menyucinya. Aku menerimanya segera setelah acara," ungkapnya, dalam video yang diunggah Jumat (12/2/2021).

Sang desainer kembali memamerkan baju Jimin BTS dalam channel YouTube AYO 에이요. Ia mengungkap bahwa BTS sebenarnya ingin membeli baju yang mereka kenakan saat tampil.

Yoo Seo Jong, selaku Digital Marketer 'Brand Rieul' mengungkap Kim Rieul hanya membuat tiga desain untuk tiga member BTS. Selain Jimin BTS, koleksi baju desainer Kim Rieul dialamatkan pada Suga dan J-Hope BTS.

"Aku masih punya outfit yang dipakai BTS karena awalnya mereka bilang ingin membelinya. Aku tidak pernah menjual pakaianku (kepada idol)... dan aku tidak dapat menjualnya hanya untuk BTS. Jadi aku bilang 'tolong gunakan dan kembalikan~' dan aku menyimpan semuanya sekarang," ujar Kim Rieul, dalam video yang diunggah Jumat (26/2/2021).

Desainer Kim Rieul dan Myart Auction Tuai Kecaman Para ARMY

Pada awal April, baju Jimin BTS karya desainer Kim Rieul dikabarkan akan dilelang melalui Myart Auction. Balai yang menghelat lelang untuk karya seni Korea itu mengungkap, sang desainer awalnya enggan melelang baju tersebut, namun akhirnya setuju.

Desainer Jimin BTSDesainer Kim Rieul menunjukkan baju Jimin BTS Foto: dok. YouTube VIDEOMUG

Para ARMY awalnya antusias mendengar baju idolanya akan dilelang. Namun, mereka mulai geram setelah mengetahui Myart Auction tak akan mencuci baju Jimin BTS sebelum dilelang.

"(Baju Jimin) dibiarkan tidak dicuci setelah pertunjukan dan akan dijual dengan bau badan Jimin yang masih utuh," demikian pernyataan Myart Auction, seperti dilansir dari Koreaboo.

Mendengar hal itu, para ARMY merasa 'jijik' dan meluapkan kekesalannya di media sosial. Mereka menilai hal yang dilakukan desainer Kim Rieul dan Myart Auction bersifat invasif dan sangat tidak etis.

Tak sedikit yang mempertanyakan apakah Jimin BTS tahu bajunya akan dijual tanpa dicuci, atau HYBE (Big Hit Entertainment) memberikan izin kepada sang desainer dan balai lelang. ARMY juga khawatir baju Jimin BTS akan jatuh ke tangan yang salah, dan dibeli oleh sasaeng (penggemar penguntit).

Sementara itu, lelang baju Jimin BTS akan dimulai pada Kamis (22/4/2021), dengan harga awal sebesar 5 juta won atau sekitar Rp 64,9 juta. Namun, hingga kini pihak Myart Auction, Kim Rieul, dan HYBE belum angkat bicara terkait kontroversi tersebut.



Simak Video "KuTips: 4 Cara Kreatif Daur Ulang Kemasan BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)