10 Rekomendasi Drama Korea Sesuai Jurusan Kuliah, Terbaru Law School

R Chairini Putong - wolipop Senin, 19 Apr 2021 15:30 WIB
Foto: (dok. ist) Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Drama Korea Law School tengah menyita perhatian para penggemar drama Korea. Pasalnya, Law School menjadi drama Korea pertama yang mengisahkan kehidupan mahasiswa hukum secara nyata. Jagat Twitter pun diramaikan dengan rekomendasi drama Korea yang sesuai jurusan kuliah.

Seperti diketahui, drama Korea mengangkat tema yang variatif termasuk jurusan perkuliahan. Tak sedikit pula penonton yang terinspirasi dari drama Korea saat memilih jurusan kuliah. Rekomendasi drama Korea yang sesuai jurusan kuliah dapat dijadikan inspirasi dan memotivasi pekerja di bidang masing-masing.

Berikut rekomendasi 10 drama Korea yang sesuai jurusan kuliah:

1. Start Up

Pemain: Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, Kang Hanna
Jumlah episode: 16 episode

Start-UpDrama Korea Start-Up, sesuai jurusan kuliah Manajemen Bisnis dan Teknik Informatika Foto: dok SBS

Berlatar di SandBox, Silicon Valley fiksi Korea Selatan, drama Korea Start Up mengisahkan kehidupan pekerja dalam dunia startup. Seo Dal Mi (Bae Suzy) adalah wanita muda yang cerdas dan ambisius. Meski tak lulus kuliah, ia bertekad mengikuti jejak ayahnya dan membangun bisnis.

Sementara Nam Do San (pemain Nam Joo Hyuk) merupakan pendiri Samsan Tech yang jago coding. Setelah dua tahun menjalankan perusahaan, ia belum mencapai kesuksesan. Hingga akhirnya, keduanya bertemu di hackathon (pekan retas) yang diadakan SandBox.

Rekomendasi drama Korea ini dapat dijadikan referensi bagi peminat jurusan kuliah Manajemen Bisnis. Drama Korea Start Up pun menyinggung ilmu seputar Teknik Informatika.

2. Pinocchio

Pemain: Lee Jong Suk, Park Shin Hye, Kim Young Kwang
Jumlah episode: 20 episode

PinocchioDrama Korea Pinocchio, sesuai jurusan kuliah Jurnalistik Foto: dok SBS

Drama Korea Pinocchio mengisahkan kehidupan Ha Myeong (pemain Lee Jong Suk) yang terlahir cerdas dan bangga dengan profesi ayahnya sebagai pemadam kebakaran. Namun, sebuah insiden membuat kedua orang tuanya meninggal. Ha Myeong diselamatkan oleh kakek In Ha (pemain Park Shin Hye) yang percaya ia merupakan putra tertuanya, Dal Po yang meninggal 30 tahun lalu.

Ha Myeong kemudian diadopsi oleh kakek In Ha dan menggunakan nama Dal Po. In Ha ingin menjadi reporter seperti sang ibu. Sementara itu, Dal Po yang berprofesi sebagai supir taksi bertekad menjadi reporter setelah bertemu ibu In Ha, yang meliput insiden kebakaran dan menghancurkan keluarganya.

Drama Korea Pinocchio dapat dijadikan referensi bagi peminat jurusan kuliah Jurnalistik. Drakor ini juga relatable bagi orang yang berprofesi sebagai reporter dan pembawa acara berita.

3. Law School

Pemain: Kim Kyung Min, Kim Bum, Ryu Hye Young, Lee Jung Eun
Jumlah episode: 16 episode.

Drakor Terbaru Tayang April 2021, Law SchoolDrama Korea Law School, sesuai jurusan kuliah Hukum Foto: dok JTBC

Drama Korea Law School mengisahkan sebuah insiden mengerikan yang terjadi di Universitas Hankuk. Para mahasiswa dan profesor hukum diduga terlibat dalam kasus tak biasa tersebut. Yang Jong Hoon (pemain Kim Kyung Min), merupakan mantan jaksa yang menjadi profesor hukum.

Ia tak disukai para mahasiswa karena bersifat blak-blakan. Profesor Kim Eun Sook (pemain Lee Jung Eun) pun menjadi satu-satunya kolega yang dapat ia ajak bicara secara terbuka. Sementara itu, Kang Sol (pemain Ryu Hye Young) dan Han Joon Hwi (pemain Kim Bum) adalah mahasiswa hukum tahun pertama dengan latar belakang yang berbeda.

Drama Korea Law School menggunakan sejumlah istilah hukum, yang tak familiar namun dapat dijadikan pembelajaran. Rekomendasi drakor ini akan relatable bagi pekerja di bidang hukum seperti jaksa dan pengacara.

4. Hot Stove League

Pemain: Namkoong Min, Park Eun Bin, Oh Jung Se, Joe Byeong Gyu
Jumlah episode: 16 episode

Hot Stove LeagueDrama Korea Hot Stove League, sesuai jurusan kuliah Pendidikan Olahraga Foto: dok SBS

Drama Korea Hot Stove League mengisahkan kehidupan Baek Seung Soo (pemain Namkoong Min) yang baru direkrut sebagai General Manager tim baseball 'Dreams'. Tim baseball itu telah berada pada peringkat terendah dalam liga selama empat musim terakhir.

Baek Seung Soo dipercaya untuk mengelola 'Dreams' karena sebelumnya mengelola sejumlah tim olahraga pemenang kejuaraan. Sementara itu, Lee Se Young (pemain Park Eun Bin) adalah manajer operasional 'Dreams' yang menyayangi timnya dan pantang menyerah.

Rekomendasi drama Korea ini berkaitan dengan jurusan kuliah Pendidikan Olahraga. Drama Korea Hot Stove League pun relatable bagi pekerja di bidang olahraga seperti atlet dan pelatih.

5. It's Okay, That's Love

Pemain: Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Sung Dong Il, Lee Kwang Soo
Jumlah episode: 16 episode

It's Okay That's LoveDrama Korea It's Okay That's Love, sesuai jurusan kuliah Psikologi Foto: dok SBS

Drama Korea It's Okay That's Love mengisahkan kehidupan Jang Jae Yeol (pemain Jo In Sung), seorang novelis populer dan radio DJ. Meski terkesan playboy, ia memiliki masa lalu yang kelam dan menderita skizofrenia. Saat kecil, Jang Jae Yeol kerap dipukuli oleh sang ayah dan menyaksikan ibunya secara tak sengaja membunuh ayahnya.

Sementara Ji Hae Soo (pemain Gong Hyo Jin) merupakan dokter psikiatri, yang menghindari seks dan komitmen dalam hubungan karena trauma masa lalu. Saat remaja, ia melihat sang ibu berselingkuh dengan teman ayahnya sendiri. Meski awalnya sering berselisih, keduanya menyembuhkan luka satu sama lain dan mengembangkan hubungan romantis.

Rekomendasi drama Korea ini kerap menggunakan istilah medis dalam bidang psikologi. Penonton It's Okay That's Love akan mendapat gambaran terkait sejumlah penyakit kejiwaan seperti skizofrenia dan sex phobia.

Rekomendasi drama Korea sesuai jurusan kuliah lainnya berkaitan dengan Musik dan Pertanian. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk membaca sinopsisnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2