4 Fakta Grup OnlyOneOf yang Tuai Kontroversi Karena Koreografi Vulgar

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 10 Apr 2021 20:00 WIB
Grup KPop OnlyOneOf Foto: dok. 8D Creative
Jakarta -

Grup KPop OnlyOneOf tengah menjadi perbincangan hangat netizen Korea, Pasalnya, koreografi lagu terbaru mereka 'LibidO' dinilai terlalu vulgar.

OnlyOneOf baru saja merilis comeback dengan mini album ketiga 'Instinct. Part 1', Kamis (8/4/2021). 'LibidO' pun dipilih menjadi lagu andalan OnlyOneOf pada comeback kali ini.

Namun, grup yang berada di bawah naungan 8D Creative ini menuai kontroversi setelah menampilkan lagu 'LibidO' di acara musik 'M! Countdown'. Sejumlah bagian koreografi dinilai terlalu eksplisit hingga mengundang kecaman netizen Korea.

Berikut 4 fakta grup KPop OnlyOneOf yang tuai kontroversi karena koreografi lagunya:

1. OnlyOneOf Memulai Debut pada 2019

OnlyOneOf memulai debut pada Mei 2019 dengan tujuh orang member. Mereka adalah Love, KB, Rie, Yoojung, Junji, Mill, dan Nine.

Grup KPop OnlyOneOfGrup KPop OnlyOneOf Foto: dok. 8D Creative

Grup rookie ini pun merilis mini album Dot Point Jump. Dalam selang waktu empat hari, video klip kedua lagu andalan 'Savanna' dan 'time leap' diunggah lewat channel YouTube 1theK.

2. OnlyOneOf Jadi Grup Pertama yang Debut dari 8D Creative

OnlyOneOf awalnya berada di bawah naungan Blockberry Creative. Pada Desember 2016, agensi yang menaungi grup LOONA itu pun mengumumkan akan membentuk grup baru bernama '8x8x8'.

Sejumlah member OnlyOneOf pun dikenalkan dalam video klip grup LOONA. Namun, tak ada kabar lebih lanjut terkait grup '8x8x8'. Penggemar menduga Blockberry Creative lebih dulu memprioritaskan LOONA.

Grup KPop OnlyOneOfGrup KPop OnlyOneOf Foto: dok. 8D Creative

Hingga akhirnya pada April 2019, Jaden Jeong mengunggah logo 'OnlyOneOf' di akun Instagram pribadi (@jaden_jeong). Creative Director OnlyOneOf itu menuliskan "Akhirnya, debut di bulan Mei" sebagai caption.

Jaden Jeong sendiri diketahui telah hengkang dari agensi Blockberry Creative. Para trainee, yang kini debut sebagai OnlyOneOf, kemudian dipindahkan ke agensi 8D Creative. Selain OnlyOneOf, agensi ini juga menaungi Hyewon IZ*ONE.

3. OnlyOneOf Tuai Kontroversi Netizen Korea

Setelah menampilkan lagu 'LibidO' di acara musik 'M! Countdown', OnlyOneOf menuai kecaman karena koreografi yang dinilai terlalu berlebihan.

Terdapat sejumlah gerakan koreografi yang dinilai tak pantas ditampilkan di atas panggung. Seperti saat seorang member menggerakkan tangannya di dekat area genital member lain.

Video penampilan OnlyOneOf pun menuai komentar beragam di forum komunitas Korea. Para netizen merasa risih melihat koreografi tersebut, dan merasa kasihan pada dua member yang menampilkannya.

[Gambas:Youtube]

"Ini adalah video siaran langsung, apa yang sedang mereka lakukan," tulis seorang netizen.

"Aku merasa kasihan pada member yang harus melakukan ini," komentar netizen lain.

"Koreografinya... bagaimana bisa mereka memberikan ini pada idol," ujar netizen lain.

4. Member OnlyOneOf Angkat Bicara Setelah Kontroversi

Menyusul kontroversi koreografi 'LibidO', para member OnlyOneOf pun angkat bicara. Love dan Rie OnlyOneOf mengaku telah memprediksi kontroversi tersebut, namun tak menyangka akan mendapat kecaman keras.

"Aku tahu kami akan mendapatkan reaksi yang berbeda dari biasanya. Tapi aku terkejut dengan betapa 'panas' reaksinya," ujar Love OnlyOneOf.

Leader dan vokalis utama OnlyOneOf itu menduga koreografinya mencuri perhatian, karena menampilkan ide baru di atas panggung. "Kami tampil sesuai naluri dan dorongan manusia. Dan karena kami menampilkan konteks itu di panggung, kami mendapat perhatian," tambahnya.

Love dan Rie OnlyOneOfLove dan Rie OnlyOneOf Foto: dok. 8D Creative

Love OnlyOneOf menilai bagian koreografi tersebut tak seharusnya menjadi fokus netizen. Ia meminta penggemar untuk memperhatian koreografi 'LibidO' secara keseluruhan.

"Bila kalian mengetahui cara kami menyampaikan pesan sejak debut, mungkin kalian akan menikmati penampilan dengan makna ketimbang menilainya provokatif," lanjut Love OnlyOneOf.

Vokalis dan dancer OnlyOneOf, Rie, pun menyampaikan hal senada. Penggemar OnlyOneOf dapat melihat estetika koreografi 'LibidO' yang belum pernah diperlihatkan para member, sebelumnya.

"Aku yakin banyak penggemar yang terkejut, tetapi kalian akan menikmati estetika yang belum pernah ditampilkan OnlyOneOf. Ada banyak hal lain yang dapat menjadi fokus, jadi tolong lihat ekspresi keseluruhan yang kami tunjukkan dalam lagu, bukan hanya adegan tertentu," pungkas Rie OnlyOneOf.



Simak Video "Tren Mukena Anak 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)