Terlihat Asli, YouTuber Cantik Ini Ternyata Manusia Virtual Hasil Deepfake

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 19 Mar 2021 17:12 WIB
RuiCovery Foto: Instagram @ruuui_li
Jakarta -

Berkat kecanggihan teknologi, segala sesuatunya bisa dipermudah tanpa melibatkan banyak manusia. Tak perlu harus mempekerjakan orang, kini presenter berita, selebgram hingga YouTuber pun bisa dibuat secara virtual. Beberapa waktu lalu, seorang YouTuber Korea yang dikenal sebagai 'RuiCovery' mengungkap fakta mengejutkan bahwa penampilannya tidaklah asli tapi dibuat dengan teknologi deepfake.

Kecanggihan deepfake belakangan membuat banyak orang terkagum tapi juga terancam. Teknologi tersebut benar-benar bisa memalsukan penampilan seseorang meski bisa dilacak keasliannya. Salah satu contoh hasil deepfake yang sukses mengelabui banyak orang adalah Rui. Para penonton setianya tidak menyangka jika penampilan cantiknya adalah buatan.

[Gambas:Instagram]



YouTuber asal Korea Selatan itu mengaku memutuskan untuk menyembunyikan penampilan aslinya dan memakai teknologi deepfake agar terlihat lebih menarik. Kepada KOCPC, Rui mengatakan bahwa itu memang usahanya untuk bisa sukses di dunia YouTube. Korea Selatan dikenal dengan standar kecantikan tinggi yang menuntut banyak orang untuk 'memperbaiki diri'.

Dikatakan jika RuiCovery tidak merasa jika penampilannya kurang sesuai dengan standar kecantikan Korea. Dari pada melakukan operasi plastik atau terlalu banyak mengaplikasikan makeup, ia beralih ke teknologi machine learning dan artificial intelligence. Hasilnya memang sangat baik karena kebanyakan orang tidak akan menyadari.

[Gambas:Instagram]



Namun tak semuanya dari RuiCovery buatan. Dikatakan jika rambut, tubuh, dan suaranya adalah asli tapi wajahnya memang dialternatifkan secara digital menggunakan teknologi deepfake yang dibuat oleh perusahaan DOB Studio.

Di YouTube sendiri, Rui mengunggah konten-konten seperti kebanyakan influencer. Ia sering meng-cover lagu bahkan membuat vlog. Setelah mengungkap bahwa wajahnya adalah hasil deepfake, beberapa penggemar mengekspresikan kekecewaannya. Mereka merasa dibohongi tapi Rui sendiri tampaknya tidak menyesal dan mengaku akan terus menggunakan teknologi itu.

(ami/ami)