Hari Perawat Nasional 2021, Ini Sejarah dan Ucapannya

Puti Yasmin - wolipop Kamis, 18 Mar 2021 13:46 WIB
One woman, female doctor in full protective suit in home inspection. Foto: Getty Images/South_agency/Hari Perawat Nasional 2021, Ini Sejarah dan Ucapannya
Jakarta -

Hari Perawat Nasional diperingati setiap tanggal 17 Maret. Nah di tahun ini, momentum ini memiliki tema hari perawat nasional 2021 dengan slogan 'Perawat Tangguh'.

Hari Perawat Nasional sendiri terbangun bersamaan dengan hari pendirian Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tepatnya pada 17 Maret 1974. Hal ini dilakukan oleh para perintis perawat karena tenaga para tenaga keperawatan harus berada di organisasi profesi.

Sejarah Hari Perawat Nasional:

Dikutip dari CNN Indonesia, sebelum terbentuknya PPNI terdapat organisasi perawat yang telah eksis, misalnya Perkumpulan Kaum Verpleger fster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Adapun, organisasi itu ada seiring dengan keberadaan rumah sakit Residen Vpabast pada tahun 1981 atau saat ini dikenal dengan nama RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kemudian, diselenggarakan pertemuan di Bandung untuk menggabungkan organisasi perawat ke dalam satu wadah. Pertemuan yang dipimpin oleh Maskoed Soerjasumantri ini menghadirkan beberapa tokoh.

Akhirnya, terbentuk lah satu wadah organisasi yang disetujui dengan nama Persatuan Perawat Nasional. Pada 17 Maret 1974 dibuat pernyataan bahwa Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah terbentuk.

Pada waktu yang bersamaan, para anggota juga menyetujui pembentukan panitia persiapan Kongres Pertama pada tahun 1976. Artinya di tahun 2021, organisasi perawat nasional ini telah berusia 47 tahun.

  • Ucapan Hari Perawat Nasional 2021

-Dirimu, dan sikap sabar yang kau lakukan setiap merawat orang sakit menjadi hal terindah bagi pasien. Tetap sehat dan selalu semangat!

-Terima kasih telah mau melayani dengan tulus dan ikhlas. Setiap hal yang dilakukan merupakan tugas mulia. Semoga kesehatan selalu bersama dirimu.

-Perawat merupakan pahlawan yang rela menjaga para pasien. Terima kasih atas setiap jasa yang telah kau lakukan. Selamat Hari Perawat Nasional

-Melayani dengan hati menjadi hal yang kau lakukan di setiap hari. Tanpa mengenal takut dan lelah selalu berusaha membuat pasien untuk sembuh. Terima kasih!

-Perawat bukan lah profesi yang mudah. Tetapi, kalian selalu bersikap penuh kehangatan terhadap pasien. Terima kasih telah memberikan secercah cahaya pada para pasien!

-Sehat selalu untuk para perawat yang senantiasa menjaga pasien dengan sabar dan kasih sayang. Selamat Hari Perawat Nasional!

-Selamat hari perawat nasional 2021! Terima kasih untuk tetap berjuang bersama melawan pandemi COVID-19



Simak Video "Kartu Ucapan Natal ala Keluarga Kerajaan di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)