Cinta Laura Serukan Untuk Melawan Pelecehan Seksual di Ranah Publik

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 09 Mar 2021 11:30 WIB
Cinta Laura Foto: Instagram @claurakiehl
Jakarta -

Di Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret itu, Cinta Laura menyerukan untuk melawan pelecehan seksual di ranah publik. Tak hanya sebagai korban, namun siapapun yang melihat pelecehan seksual (sebagai saksi) juga harus ikut melawan.

Dengan tegas, Cinta mengajak mereka yang melihat pelecehan seksual di ranah publik agar tidak diam saja. Ada berbagai cara saat menjadi saksi dari pelecehan seksual, mulai dari mengalihkan sampai menegur pelaku.

"Dengan memahami harga diri kita sendiri, baik sebagai korban atau saksi, kita semua harus melawan pelecehan seksual di ruang publik," kata Cinta Laura dalam webinar menyerukan kampanye Stand Up Against Street Harassment bersama L'Oreal Paris Indonesia, Senin (8/3/2021).

Cinta Laura mengatakan bahwa banyak orang yang mungkin tidak tahu bagaimana caranya saat melihat pelecehan seksual terjadi di depan mata. Dalam acara tersebut, pun dijelaskan tentang metode 5D yang bisa diterapkan bagi saksi yang melihat pelecehan seksual di ranah publik, yakni dialihkan, dilaporkan, dokumentasikan, ditegur, dan ditenangkan si korban.

"Berapa banyak dari kita yang memilih untuk diam karena tidak tahu cara membantu? Kita berhak untuk merasa aman dan nyaman," ucap penyanyi dan pesinetron 27 tahun itu.

"Bersama-sama kita bisa mengakhiri isu ini, dan membuat perempuan Indonesia merasa aman di tempat umum," tambahnya.

Cinta sendiri mengatakan bahwa baru-baru ini dia mengalami pelecehan seksual saat akan menyebrang jalan. Saat itu Cinta mengaku bahwa dia menggunakan pakaian tertutup, dan saat turun dari mobil, tiba-tiba ada pria yang melakukan catcalling dengan mengatakan "ooh seksi." Cinta pun langsung melakukan tindakan tegas.

"Tadi bilang apa mas? Coba sekali lagi, saya rekam dan saya laporkan," ucap bintang film The Ninth Passenger saat itu.

"Orang tersebut pun kaget dan tidak menyangka saya akan melakukan itu," tambah Cinta Laura itu.



Simak Video "Saran Psikolog Bagi Para Korban Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)