3 Drama Korea Ini Tampilkan Adegan Dewasa, Jadi Kontroversi

Lukita Wardani - wolipop Senin, 08 Mar 2021 21:01 WIB
Backstreet Rookie Drama Korea jadi kontroversi karena tampilkan adegan dewasa. Foto: Instagram
Jakarta -

Drama Korea bergenre romantis memang tidak jarang menampilkan adegan ciuman atau bahkan adegan ranjang dari para pemain. Namun meski adegan ciuman dianggap lumrah bagi penonton drama Korea, bukan berarti pembuat serial dapat meloloskan adegan dewasa yang lebih dari itu. Ada beberapa judul drama Korea menampilkan adegan dewasa yang jadi kontroversi.

Sejumlah drama Korea dengan adegan dewasa juga harus mendapat label 19+ oleh lembaga sensor di Negeri Ginseng. Beberapa judul drama Korea khusus dewasa di antaranya The World of The Married, The Penthouse War In Life, Mistress, The Last Empress dan Entourage

Selain judul-judul tersebut, berikut drama Korea yang tampilkan adegan dewasa dan jadi kontroversi:

1. Backstreet Rokie

Backstreet RookieBackstreet Rookie Foto: Backstreet Rookie (dok. SBS)

Pada 2020, drama Korea Backstreet Rokie menjadi kontroversi karena menampilkan adegan dewasa. Setelah lebih dari 6.000 keluhan dari penonton terkait hal tersebut akhirnya Komisi Standar Komunikasi Korea memberikan peringatan kepada drama Korea yang dibintangi Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung itu .

Protes tersebut diakibatkan karena sebuah adegan di episode awal Backstreet Rookie yang menampilkan pemeran utama wanita berusia di bawah umur menggoda dan mencium seorang pria yang berusia terpaut jauh hanya untuk meminta sekotak rokok . Hal tersebut dianggap tidak layak dipertontonkan sehingga drama tersebut mendapatkan banyak kritik dari penonton.

Dari laporan dan peringatan tersebut berdampak pada poin evaluasi siaran tahunan KCSC untuk perpanjangan izin. Dalam konteks ini penyiarnya adalah SBS. Namun, tim produksi Backstreet Rookie memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan dalam episode selanjutnya dan membuang adegan-adegan yang dianggap tidak pantas.

Drama Korea yang menampilkan adegan dewasa Backstreet Rokie berkisah tentang hubungan Jung Saet Byeol yang diperankan oleh Kim Yoo Jung dan Choi Dae Hyun yang diperankan oleh Ji Chang Wook. Kisah mereka dimulai dari pertemuan saat duduk di bangku sekolah.

Meski sempat menuai kritikk, pada episode ke-12, rating Backstreet Rokie dilihat dari data Nielson Korea mencapai 7,8 persen dan puncak 8,4 persen. Sedangkan episode ke-11 mencatat rating dengan rata-rata 8,6 persen.

2. Once Again

Drakor Once AgainDrama Korea Once Again jadi kontroversi karena tampilkan adegan dewasa. Foto: Istimewa

KBS meminta maaf terkait penayangan drama Korea, Once Again karena telah menampilkan adegan seksual yang menjadikan perempuan sebagai objek. Mereka berjanji akan mengedit dan menyiarkan ulang tayangan tersebut serta untuk ke depannya akan lebih berhati-hati.

Drama Korea Once Again menampilkan adegan dewasa dalam episode ke -13 dan ke-14. Pada episode tersebut ditampilkan tiga perempuan yang membuka restoran kimbab setelah berhenti dari pekerjaannya di bar karaoke. Namun saat mempromosikan restorannya, mereka menggunakan pakaian yang menggambarkan seperti pekerja seksual yang menggoda para pelanggan untuk mampir ke restorannya.

Dengan penampilan dan cara menarik pelanggan seperti itu restoran mereka memang ramai. Adegan tersebut dianggap telah menjadikan perempuan sebagai objek dan hal tersebut tidak layak untuk dipertontonkan kepada banyak pasang mata.

3. It's Okay To Not Be Okay

Deretan drama Korea ini mencetak rekor di stasiun televisi kabel Korea. Dengan pilihan genre romantis, komedi, hingga thriller, kamu tak perlu menunggu-nunggu penayangan episode terbarunya. It's Okay to Not Be Okay.Drama Korea It's Okay to Not Be Okay jadi kontroversi saat tampilkan adegan dewasa. Foto: dok. tvN

Drama Korea It's Okay To Not Be Okay yang mengangkat isu kesehatan mental ini menceritakan tentang hubungan Moon Kang Tae yang diperankan oleh Kim Soo Hyun dan Ko Moon Young yang diperankan oleh Seo Ye Ji. Mereka memiliki karakter yang berbeda serta masing-masing memiliki trauma masa lalu.

Moon Kang Tae merupakan perawat dan bekerja di bangsal psikiatris yang tidak percaya pada cinta. Sedangkan Ko Moon Young merupakan seorang penulis buku cerita anak-anak berkepribadian anti-sosial yang sangat egois dan sombong. Akhirnya mereka terlibat hubungan asmara yang unik dan mengharukan.

Drama Korea yang mendapatkan rating tinggi ini ternyata sempat mendapatkan lebih dari 50 laporan yang mengeluhkan tentang beberapa adegan berani yang ditampilkan di episode ketiga dan keempat. Dari laporan tersebut disebutkan bahwa karakter utama wanita menerima 'pelecehan seksual' dari karakter utama pria. Hal tersebut ternyata juga sempat ramai di media sosial Twitter.

Itulah tiga drama Korea yang menampilkan adegan dewasa dan menjadi kontroversi. Apakah kamu sudah pernah menontonnya?



Simak Video "Saat Politisi hingga Pemerintah Korea Selatan Soroti Drakor D.P."
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)