Hubungan Pangeran William dan Harry Memanas Lagi, Ini Penyebabnya

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 22 Feb 2021 18:00 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 09: Prince Harry, Duke of Sussex and Meghan, Duchess of Sussex attend the Commonwealth Day Service 2020 at Westminster Abbey on March 09, 2020 in London, England. The Commonwealth represents 2.4 billion people and 54 countries, working in collaboration towards shared economic, environmental, social and democratic goals.  (Photo by Gareth Cattermole/Getty Images) Pangeran Harry dan William di Westminster Abbey, London, pada awal Maret 2020. Ini penampilan perdana mereka di hadapan publik setelah Harry memutuskan keluar dari Kerajaan Inggris. (Foto: Gareth Cattermole/Getty Images)
Jakarta -

Perseteruan kembali membayangi hubungan Pangeran William dan adiknya, Pangeran Harry. William disebut geram dengan cara Harry merespons pernyataan Ratu Elizabeth II terkait pemberhentian dia dan Meghan Markle dari tugas kerajaan.

Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan resmi, Jumat (19/2/2021), yang mengonfirmasi bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tak akan kembali menjalankan tugas resmi sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Dengan demikian, tugas dan tanggung jawab mereka untuk beberapa organisasi amal dan yayasan di bawah naungan Kerajaan pun dicopot.

Sebagai respons, Pangeran Harry dan Meghan Markle juga mengeluarkan pernyataan. "Kita semua masih bisa tetap hidup mengabdi. Pengabdian itu universal," demikian bunyi tanggapan tersebut seperti dikutip People.

Kata-kata tersebut yang memicu kemarahan William. Menurut sumber The Sunday Times , suami Kate Middleton itu "sangat terkejut dan kecewa" dengan pernyataan Harry. Kelakuan Harry dan Meghan Markle disebut sudah "menghina dan tak terhormat".

"Anda tak perlu membalas pernyataan Ratu. Hal itu tak pernah dilakukan," kata sumber tersebut.

Ratu Elizabeth II pun menegaskan, mundur dari tugas-tugas kerajaan tidak memungkinkan mereka untuk tetap melanjutkan tanggung jawab dan tugas yang terkait pelayanan publik. Gelar kehormatan militer Pangeran Harry pun akan dicabut dan dikembalikan ke Ratu, untuk diberikan kepada anggota kerajaan lain yang lebih berhak.

Tak hanya itu, Pangeran Harry dan Meghan markle juga akan kehilangan perlindungan kerajaan sebagai pelayan publik. Keduanya pun tak lagi menyandang titel Yang Mulia (His/Her Royal Highness).

Meski begitu, pasangan yang telah dikaruniai satu anak --dan segera menyambut kelahiran anak kedua mereka-- ini tetap bisa mempertahankan gelar Duke dan Duchess of Sussex.

"Meskipun kami merasa sedih dengan keputusan mereka, Duke dan Duchess akan tetap jadi anggota keluarga yang sangat kami sayangi," lanjut pengumuman tersebut.

Pangeran Harry juga tidak akan kehilangan hak warisnya sebagai anak dari Pangeran Charles. Adik Pangeran William ini tetap berada di urutan keenam pewaris takhta Inggris.

Ini bukan kali pertama hubungan persaudaraan Pangeran Harry dan William dikabarkan renggang. Media Inggris pernah menyebut mereka berseteru setelah Harry memutuskan keluar dari keanggotan senior Kerajaan Inggris pada awal 2020 lalu.

(dtg/dtg)