Kisah Haru Putri Sopir Bajaj yang Berhasil Jadi Runner-up Kontes Kecantikan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 17 Feb 2021 16:54 WIB
Manya Singh, Runner-up Miss India 2020. Manya Singh. Foto: Instagram/@missindiaorg, @manyasingh993
Mumbai -

Manya Singh mungkin tidak menjadi juara Miss India World 2020. Namun dia berhasil memenangkan hati publik berkat ceritanya yang inspiratif.

Pada 10 Februari 2020, kontes kecantikan The Femina Miss India 2020 menganugerahkan mahkota kemenangan pada Manasa Varanasi. Dia pun berhak mewakili India di Miss World 2021. Juara 2 Manika Sheokand dinobatkan sebagai Miss Grand India 2020. Sementara Manya Singh harus puas sebagai runner-up Miss India 2020.

Atensi publik justru kini tertuju pada Manya Singh. Datang dari keluarga sederhana, kisah perjuangannya di masa kecil, membuatnya jadi sosok inspiratif yang dikagumi.

Manya Singh, Runner-up Miss India 2020.Manya Singh, Runner-up Miss India 2020 (kiri). Foto: Instagram/@missindiaorg, @manyasingh993

Manya Singh semakin jadi pusat perhatian setelah foto dan video dirinya pergi ke kampus diantar bajaj oleh sang ayah diunggah ke media sosial. Mengenakan selendang runner-up Miss India 2020, ia tampil cantik sambil melempar senyum dari dalam bajaj.

Manya Singh, Runner-up Miss India 2020.Manya Singh, Runner-up Miss India 2020 bersama ayah dan ibunya. Foto: Instagram/@missindiaorg, @manyasingh993

Kedatangan Manya Singh ke kampusnya di Thakur College of Science and Commerce pada Selasa (16/2/2021) untuk menghadiri seremonial ucapan selamat atas prestasinya di kontes kecantikan bertaraf internasional tersebut.

Ada momen mengharukan saat Manya sampai di kampusnya. Wanita asal Kushinagar, Uttar Pradesh, itu terlihat memeluk dan menyentuh kaki sang ibu. Dia juga sempat menggandeng tangan serta menyeka air mata ayahnya yang menangis karena bangga. Momen yang terekam video itu kini viral.

[Gambas:Instagram]



Manya Singh Bangga dengan Keluarganya yang Sederhana

Sulung dari dua bersaudara ini berasal dari keluarga sederhana. Sang ayah, Omprakash, menjadi tulang punggung keluarga sebagai penarik bajaj. Meskipun keluarganya hidup pas-pasan, Manya tetap bangga dengan keluarganya.

Manya Singh, Runner-up Miss India 2020.Manya Singh, Runner-up Miss India 2020 diantar bajaj oleh ayahnya. Foto: Instagram/@missindiaorg, @manyasingh993

Wanita 19 tahun ini dikenal sebagai siswa yang cerdas namun tidak banyak pilihan karier yang bisa ditekuninya di tanah kelahirannya. Sebab Manya memimpikan sesuatu yang berbeda. Lalu di usia 14 tahun, Manya kabur dari rumah ke Mumbai karena frustasi dengan minimnya kesempatan karier di desanya. Khawatir dengan putri mereka, orangtua Manya langsung menyusulnya.

Manya membiayai kuliahnya dengan usaha sendiri. Dia bekerja di dua tempat, yakni restoran pizza dan sebagai call centre. Kerja keras Manya pun membuahkan hasil. Ia berhasil lulus kuliah dengan nilai memuaskan. Terlebih lagi, bisa mengharumkan nama keluarga dengan jadi juara 3 di Miss India 2020.

"Saya beruntung memiliki putri seperti Manya. Dia berjuang keras, siang dan malam, untuk mencapai mimpinya. Kami mendukungnya dan memberikan apa yang kami bisa. Awalnya terlihat sulit digapa. Tapi dia berhasil. Saya berharap semua orangtua bisa menyemangati anak mereka untuk bisa mencapai langit. Tolong dukung putri kalian, sehingga mereka bisa terus bermimpi," ujar Manorama, ibu Manya Singh kepada India TV News.

(hst/hst)