Rilis Lagu Baru, Intip 4 Fakta HyunA yang Dinilai Kontroversial di Korea

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 29 Jan 2021 17:07 WIB
Hyuna, bintang Korea yang buka baju di atas panggung. HyunA. Foto: Dok. Instagram/hyunah_aa
Jakarta -

Solois HyunA baru saja merilis video klip lagu terbarunya 'I'm Not Cool' pada Kamis (28/01/2021) kemarin. Setelah absen dari dunia hiburan, penyanyi seksi yang kontroversial ini kembali dengan lagu enerjik. Penasaran dengan sosok HyunA?

HyunA kerap mencuri perhatian netizen Korea dan penggemar internasional. Mulai dari masalah kesehatannya, debut solo yang melejit, dan skandal pacaran HyunA dengan DAWN. HyunA sering kali jadi bulan-bulanan netizen dan diserbu hujatan.

Ada apa dengan HyunA? Berikut 4 fakta solois HyunA yang perlu kamu tahu:

1. Lika-Liku Perjalanan Karier HyunA

HyunA mengawali kariernya sebagai rapper utama Wonder Girls pada tahun 2007. Namun, ia meninggalkan grup Wonder Girls karena orang tuanya khawatir dengan kesehatan HyunA. Ia menderita gastroentritis kronis dan kerap pingsan.

Setelah meninggalkan JYP Entertainment, HyunA bergabung dalam grup 4Minute di bawah naungan Cube Entertainment pada tahun 2009. Grup ini sukses besar di Korea Selatan setelah debut dengan lagu "Hot Issue".

HyunAHyunA Foto: (dok. ist)

Nama HyunA semakin melambung saat debut solo pada tahun 2011. Lagu "Bubble Pop" menjadi video klip artis KPop pertama yang ditonton lebih dari 100 juta kali.

Pada 2016, grup 4Minute dibubarkan dan HyunA menjadi satu-satunya member yang masih bergabung dalam Cube Entertainment. Ia kembali pada tahun 2017 lewat grup Triple H bersama dua member grup Pentagon, Hui dan DAWN.

2. Skandal Pacaran HyunA dengan DAWN

Pada 2018, publik dikejutkan dengan foto DAWN dan HyunA yang dirilis Dispatch. Agensi Cube Entertainment membantah rumor keduanya berpacaran, namun HyunA dan DAWN mengakui hubungan mereka dalam wawancara dengan Yeonhap News.

HyunA - A'wesomeHyunA Foto: Cube Entertainment.

HyunA dan DAWN mengaku berpacaran sejak 2016 setelah cinlok di grup Triple H. Pengakuan HyunA yang mengejutkan membuat agensi membatalkan semua jadwal pertunjukan Triple H. Skandal pacaran HyunA dan DAWN juga kontroversial bagi para penggemar.

Cube Entertainment mengumumkan HyunA dan DAWN akan mengakhiri kontraknya karena dianggap tak dapat "menjaga kepercayaan" mereka.

3. HyunA Bergabung Dalam Agensi PSY

Setelah 'dikeluarkan' dari Cube Entertainment, HyunA dan DAWN bergabung dalam agensi P Nation yang dirintis PSY. HyunA kembali bersolo karier dengan merilis lagu "Flower Shower" dan terbaru "I'm Not Cool".

Pada Kamis (28/01/2021), HyunA mengumumkan comeback-nya lewat konferensi pers virtual. Lirik lagu "I'm Not Cool" sendiri ditulis oleh HyunA dengan bantuan PSY dan DAWN.

idola kpopHyunA Foto: Hyuna (Official YouTube Channel)

"Sangat menyenangkan (saat) mengerjakannya karena kami menyertakan ciri khas dari kami bertiga," ungkapnya.

HyunA mengungkap, ia tengah mempersiapkan mini album yang juga bertajuk "I'm Not Cool". HyunA juga memasukkan banyak topik berbeda dalam lagunya agar penggemar merasa 'menemukan' diary rahasia HyunA.

4. Masalah Kesehatan HyunA

Pada 2019 lalu, HyunA mengunggah foto sebuah surat di akun Instagram (@hyunah_aa) dan mengungkap masalah kesehatannya. Pada tahun 2016, HyunA didiagnosis mengalami depresi dan panic disorder.

HyunA menambahkan, penglihatannya kerap berkabut dan sering pingsan. Awalnya, ia berpikir itu adalah gejala dari panic disorder dan mengabaikannya. Namun, saat diperiksa ke dokter, HyunA didiagnosis mengalami vasovagal syncope yang menjadi alasannya sering pingsan.

HyunAHyunA Foto: HyunA (Instagram).

Karena masalah kesehatannya pula, HyunA menunda comeback yang awalnya dijadwalkan pada Agustus 2020.

"Aku ingin mengatakannya dengan yakin bahwa aku dalam keadaan baik-baik saja, tapi hal itu akan sulit, karena aku tidak boleh berlebihan. Namun, aku ingin berada di atas panggung, jadi apa lagi yang bisa aku lakukan. Aku sedang mempelajari cara untuk menghadapi setiap situasi sebaik mungkin. Pasti ada beberapa bagian yang lebih baik dari sebelumnya. Aku dapat bertahan karena orang-orang di sekitarku menjagaku dengan baik," ungkap HyunA dalam konferensi pers virtual "I'm Not Cool".



Simak Video "Cerita Pria Asal Magelang Bikin Topeng Secara Autodidak"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/eny)