Viral Kisah Sedih Pria Ditipu Teman Hingga Banyak Utang dan Jadi Pembantu

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 26 Jan 2021 12:01 WIB
Yury Vetlugin Foto: Instagram @filippov_photo
Jakarta -

Internet dan media sosial bisa menjadi tempat yang mengerikan. Tapi kehadirannya juga sering membantu orang yang kesulitan. Seperti kisah seorang penjaga kebun bernamaYuryVetlugin yang terlilit banyak utang. Bukan untuk kebutuhan atau karena kesalahannya sendiri, utang itu adalah jebakan dari teman-temannya sendiri. Ia pun tertolong setelah seorang fotografer membuatnya viral di Instagram.

Yury adalah seorang penjaga kebun asal Rusia yang belakangan jadi viral karena kisahnya yang mengundang iba netizen. Dikatakan jika ia adalah anak yang ditinggalkan oleh orangtua kandungnya di panti asuhan saat bayi. Pria 42 tahun itu pun sempat mengalami gangguan mental dan punya kepribadian yang berbeda meski sebenarnya baik dan bekerja keras.

Yury VetluginYury Vetlugin Foto: Instagram @filippov_photo

Sayangnya beberapa tahun lalu kebaikan Yury disalahgunakan oleh teman-temannya. Mereka menipu Yuri untuk meminjam uang 700,000 ruble (Rp 131 jutaan) dengan namanya untuk membeli rumah. Ketika itu, Yuri tidak bisa membayar utang itu dan kehilangan semuanya, termasuk uang gaji dan pensiun. Teman-temannya lalu membawa Yury ke rumah itu yang terletak di wilayah terpencil dan membuat pria malang tersebut menjadi pembantu.

Karena itu, Yury harus bekerja sebagai pengurus rumah yang dibayar rendah. Karena kondisi itu, berat badannya bahkan menyusut drastis. Dilaporkan pula jika teman-teman tersebut sering memukulnya bahkan pernah hampir membunuhnya suatu kali. Ketika itu, ia memutuskan untuk lari dan bertemu teman lamanya Roman Filippov, seorang fotografer.

"Dia sedikit berbeda. Kelainannya tidak parah tapi dia sedikit lebih naif dari kita, dia seperti anak kecil yang besar tapi dia mirip dengan kita juga. Dia punya banyak sisi positif dan negatif yang mana satu-satu hal negatif membuat dia dimanipulasi," ungkap Roman dilansir Boredpanda.

Yury VetluginYury Vetlugin Foto: Instagram @filippov_photo

Saat itu, Roman mulai mendokumentasikan kehidupan temannya. Foto-foto tersebut mengingatkan Roman mengenai kecantikan Yury luar dalam yang membuatnya terpikir untuk mengadakan penggalangan dana. Ia lalu melakukan pemotretan ala GQ Magazine di mana Yury ditampilkan seperti model tampan sekali sekaligus memperlihatkan kesehariannya sebagai tukang kebun dan kisah sedihnya.

[Gambas:Instagram]



Sejak diposting di Instagram, foto-foto dan kisah Yury jadi viral dan banyak orang ingin memberikan sumbangan. Karena itu, Yury mulai bisa membayar utang-utang bahkan bertemu dengan walikota Ufa untuk membantu mendapatkan keadilan.

(ami/ami)