7 Skandal BTS yang Bikin Gempar Satu Dunia, ARMY Sudah Tahu?

Chairini Putong - wolipop Minggu, 24 Jan 2021 08:00 WIB
Momen Seru BTS Saat Makan Bareng BTS. Foto: dok. BigHit Entertainment
Jakarta -

Siapa yang tak mengenal BTS? Semua mata tertuju pada grup asal Korea ini yang mendunia dan punya banyak prestasi. Namun siapa sangka, ternyata BTS pernah bikin dunia gempar karena skandal membernya.

Jutaan album BTS telah terjual dan albumnya kerap menduduki tangga lagu Billboard. Musik BTS juga digemari berbagai kalangan usia, dari fans Korea hingga internasional.

Menjadi terkenal membuat kehidupan para member BTS semakin disorot. Grup BTS ternyata beberapa kali diterpa kabar miring sebelum go international.

Berikut 7 skandal BTS yang mengejutkan dan bikin dunia gempar:

BTSBTS Foto: Dok. Kookmin Bank

1. Skandal Kondom Jin BTS


Pada tahun 2014, Jin BTS bikin geger para penggemar karena ada kotak kondom di sudut kamarnya. Padahal dalam blog BTS, Jin mengunggah fotonya tengah makan masakan sendiri. Akibat spekulasi yang menyebar, agensi BTS langsung memberikan klarifikasi.

Big Hit Entertainment yang menaungi BTS membenarkan adanya kotak kondom di kamar Jin. Namun kotak kondom itu bukan dibeli Jin, melainkan diberikan penggemar. Meski dianggap sebagai kontroversi saat itu, skandal BTS ini tak lagi dipermasalahkan.

2. Skandal BTS Manipulasi Tangga Lagu

Selang dua tahun setelah debut, BTS menduduki banyak tangga lagu Korea dengan lagu "I Need U". Bahkan, album "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1" menjadi album terlaris, mengalahkan penjualan album grup BIGBANG.

Netizen menuduh Big Hit Entertainment melakukan "sajaegi" alias memanipulasi peringkat tangga lagu dengan menaikkan jumlah penjualan album. Skandal BTS ini sampai ke telinga fans Rusia dan langsung diklarifikasi. Nyatanya, BTS memang memiliki banyak penggemar yang tersebar di mancanegara.

Busana BTS di sampul majalah TIME dikritik.Busana BTS di sampul majalah TIME dikritik. Foto: Dok. TIME

3. Skandal "Let's Love" Jungkook BTS

Ternyata, sekelompok penggemar EXO dan penggemar BTS sempat bersitegang. Beberapa EXO-L yakin BTS telah meniru konsep dan penampilan EXO.

Keadaan semakin ricuh saat Jungkook BTS menggunakan istilah "Let's Love", yang dianggap sebagai motto bagi EXO. Foto Jungkook diedit dan dipasang di karangan bunga pemakaman oleh sejumlah EXO-L. Namun saat menyadari kedekatan member EXO dan BTS di dunia nyata, perseteruan penggemar mereda.

4. Skandal RM BTS Plagiat Lirik Lagu

RM BTS pernah diterpa skandal plagiat lirik lagu yang dituduhkan pemilik akun Twitter @wevebeenhere dan @radiordinary. Lirik yang dimaksud dikutip dari lagu penyanyi solo Primary berjudul "U", yang berkolaborasi dengan Kwon Jin Ah dan RM BTS.

RM BTSRM BTS Foto: dok. BTS official facebook

Menanggapi tuduhan itu, RM meminta maaf dan mengaku banyak liriknya dikutip dari buku, film, wawancara, dan surat. Pemilik akun Twitter @wevebeenhere kemudian meminta maaf pada RM BTS karena telah menimbulkan keributan.

5. Skandal "Mysoginy" BTS

Saat lagu "War of Hormone" dirilis pada 2014, netizen menuduh lagu tersebut 'misogini' alias sindrom kebencian terhadap perempuan. Dengan lirik, "wanita adalah harta terbaik" dan "lebih sering memakai sepatu hak tinggi", netizen yakin BTS menyasar wanita.

Skandal BTS ini diperkeruh dengan lirik lagu "Joke" dalam mixtape RM BTS. Tak hanya misogini, netizen yakin liriknya terlalu seksual. "Kamu wanita terbaik, suka memerintah. Kamu melakukannya dengan baik, bersikap suka memerintah. Tapi kalau dipikir-pikir, kamu tidak pernah jadi bos, alih-alih bos, aku akan bilang gonorea."

Karena semakin banyak yang menuduh BTS misogini, Big Hit Entertainment meminta maaf atas nama grup dan berjanji akan mendidik mereka lebih baik.

6. Skandal Pemerasan Agensi BTS

Pada 2017, CEO sebuah perusahaan kontraktor dijatuhi hukuman satu tahun penjara setelah memeras Big Hit Entertainment. Perusahaan tersebut mengancam akan membocorkan taktik pemasaran ilegal agensi BTS untuk mempromosikan grupnya.

Khawatir akan reputasi BTS, ternyata salah seorang karyawan Big Hit Entertainment mengirim 5.7 juta won atau sekitar Rp 72 juta secara pribadi. Karyawan tersebut akhirnya memberitahu agensi dan skandal tersebut segera dilaporkan ke polisi.

mv bts life goes onBTS dalam MV Life Goes On. Foto: YouTube/Big Hit Labels

7. Skandal Penyerangan Member BTS

Saat datang ke Amerika Serikat untuk tur "The Red Bullet", RM BTS sempat diancam akan dibunuh seorang oknum. Banyak yang mengira, hal ini disebabkan wawancara RM di Australia yang dianggap rasis. "Ketika saya pertama kali melihat V dan J-Hope, saya tidak dapat melihat mereka karena mereka terlalu gelap," begitu katanya yang menjadi kontroversi.

Selain RM, skandal BTS lainnya pernah dialami Jimin BTS. Dia menjadi "target" penyerangan seorang pengguna Twitter yang ingin membunuhnya di Anaheim, California saat tur "The Wings". Selang setahun, seorang anonim mengatakan akan menyerang Jimin di Fort Worth, Texas. Namun, agensi BTS dengan sigap melakukan investigasi dan pihak kepolisian langsung berjaga.

Jimin BTS angkat bicara perihal ancaman ini dan menyebut ia lebih mengkhawatirkan penggemarnya. Ia juga mempercayai para staf yang menjaga keamanan tempat tersebut.



Simak Video "Louis Vuitton Gaet BTS Jadi House Ambassadors"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/kik)