7 Drama Korea Termahal, Biaya Produksinya Ratusan Miliar Rupiah

Chairini Putong - wolipop Jumat, 15 Jan 2021 09:19 WIB
Arthdal Chronicles Drama Korea termahal Arthdal Chronicles. Foto: tvN
Jakarta -

Biaya untuk memproduksi drama Korea tidaklah sedikit. Bahkan ada produser yang berani menggelontorkan dana ratusan miliar rupiah untuk sebuah produksi serial, hingga menyandang gelar drama Korea termahal.

Drama Korea termahal yang pernah diproduksi, ada yang sukses secara kritik maupun komersil, tapi ada pula yang rendah ratingnya. Drama Korea termahal ini menampilkan efek visual dan akting mengagumkan para pemainnya yang patut kamu tonton.

Ini tujuh drama Korea termahal:

1. Arthdal Chronicles (2019)

Arthdal ChroniclesArthdal Chronicles. Foto: Arthdal Chronicles (dok. instagram)

Arthdal Chronicles menjadi drama Korea paling mahal dengan biaya produksi mencapai 54 miliar won atau sekitar Rp 694 miliar. Drakor ini dibintangi oleh Song Joong Ki, Kim Ji Won, dan Jang Dong Gun.

Sebagian produksinya dilakukan di Brunei dan kota Osan, bagian selatan Seoul. Berjumlah 18 episode, Arthdal Chronicles adalah drama fantasi pertama yang menceritakan zaman kuno Korea.

2. Mr. Sunshine (2018)

Drama Korea Mr. SunshineDrama Korea Mr. Sunshine. Foto: Dok. tvN

Mr. Sunshine digarap dengan biaya produksi hingga 43 miliar won atau sekitar Rp 553 Miliar. Terdiri dari 24 episode, penonton dapat melihat elemen historis dan efek khusus dalam drakor ini.

Tak heran Mr. Sunshine jadi salah satu drama korea termahal. Sebab dibintangi Hyun Bin yang dibayar Rp 1,9 M per episode. Drama korea ini juga memenangkan Drama of The Year dari APAN Star Awards ke-6.

3. Kingdom Season 1 & 2 (2019-2020)

Drama Korea KingdomDrama Korea Kingdom. Foto: Netflix

Serial orisinal Netflix ini berlatar era Dinasti Joseon dengan tema zombie. Kingdom Season 1 dan 2 dibintangi oleh Ju Ji Hoon, Bae Doo Na, dan Ryu Seung Ryong. Sutradara Kim Seong Hun menyebut, drakor ini melampaui anggaran yang ditetapkan.

Dilansir Variety, setiap episode memakan biaya hingga 1,78 juta dollar atau sekitar Rp 25 M. Dengan jumlah 24 episode, kedua season Kingdom memerlukan anggaran hingga 35 miliar won atau Rp 452 M.

4. The King: Eternal Monarch (2020)

The King Eternal MonarchvThe King Eternal Monarch. Foto: dok. Ist

The King: Eternal Monarch dibintangi pemain ternama seperti Lee Min Ho dan Kim Go Eun. Lee Min Ho sendiri dibayar 75 juta won atau sekitar Rp 969 juta per episode. Maka tak heran, drama Korea bertema fantasi ini termasuk yang paling mahal.

The King: Eternal Monarch menggunakan efek khusus hingga helikopter sungguhan. Secara keseluruhan, tim produksi memerlukan anggaran sebesar 30 miliar won atau Rp 385 miliar.

5. Sweet Home (2020)

Pemain Drama Korea Sweet HomePemain Drama Korea Sweet Home. Foto: Dok. Netflix

Satu lagi serial produksi Netflix yang termasuk drama Korea paling mahal biaya produksinya. Sweet Home dibintangi Song Kang, Lee Jin Wook, dan Lee Si Young.

Diangkat dari webtoon, drakor thriller ini menghabiskan anggaran hingga 3 miliar won atau Rp 38 M per episode. Penonton akan melihat fenomena misterius saat manusia berubah menjadi monster. Dengan jumlah 10 episode, biaya produksi drama Korea ini mencapai 30 miliar won atau Rp 385 M.

6. Vagabond (2019)

suzy di drama vagabondVagabond. Foto: Celltrion Entertainment

Lee Seung Gi dan Bae Suzy kembali dipertemukan dalam drama Korea Vagabond. Sebelumnya, mereka berpasangan dalam drakor bertema sejarah yakni Gu Family Book.

Drama Korea ini jadi salah satu yang paling mahal dengan biaya produksi 25 miliar won atau sekitar Rp 321 M. Sebab, sebagian produksi Vagabond dilakukan di Maroko dan Portugal. Drama Korea Vagabond dan kedua pemainnya memenangkan penghargaan dari SBS Drama Awards.

7. Hotel Del Luna (2019)

Sinopsis Hotel Del LunaSinopsis Hotel Del Luna. Foto: Istimewa

Dalam drakor Hotel Del Luna, IU dipasangkan dengan Yeo Jin Goo. Keduanya mengelola hotel yang jadi tempat persinggahan arwah sebelum menuju alam baka.

Penonton Hotel Del Luna pasti sadar adanya efek khusus untuk menampilkan harimau dan pohon Bulan yang terlihat nyata. Drama Korea termahal ini memerlukan biaya produksi hingga 20 miliar won atau sekitar Rp 256 M. Hotel Del Luna juga memenangkan penghargaan Best Drama Series-Regional dari Asian Academy Creative Awards ke-2.

(hst/hst)