Fakta Sebenarnya Kisah Putri Diana Main Sepatu Roda di Istana Jelang Nikah

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 18 Nov 2020 10:30 WIB
Emma Corrin sebagai Putri Diana di The Crown Season 4 Serial The Crown musim ke-4 (Foto: Des Willie/Netflix)
London -

The Crown musim ke-4 di Netflix sempat memicu kontroversi lantaran menggambarkan Putri Diana sebagai pengidap bulimia. Terlepas dari itu, terdapat pula adegan-adengan menarik, seperti ketika Putri Diana bermain sepatu roda di dalam istana. Fiksi atau fakta?

Adegan tersebut muncul di episode ketiga yang bertajuk 'Fairytale'. Putri Diana yang diperankan Emma Corrin merasa bosan dan kesepian setelah lama 'dikurung' di dalam Kensington Palace menjelang hari pernikahannya. Sang calon suami, Pangeran Charles (Josh O'Connor), diceritakan masih sibuk dinas keluar kota.

Emma Corrin sebagai Putri Diana di The Crown Season 4Emma Corrin sebagai Putri Diana di The Crown Season 4. (Foto: Des Willie/Netflix)

Untuk membunuh rasa penatnya, Putri Diana lantas mengitari ruangan-ruangan megah yang berlantaikan karpet di dalam istana tersebut dengan menggunakan sepatu roda sambil mendengarkan lagu 'Girls on Film' milik Duran Duran di Walkman.

"Ini benar terjadi," kata Oona O'Brien, produser dari serial yang telah memenangkan tiga Golden Globes tersebut kepada British Vogue.

Bahkan, lanjut Oona, tim riset The Crown turut menemukan fakta bahwa Putri Diana juga bermain sepeda di dalam istana pada malam sebelum hari besarnya. "Tapi adegan tersebut tidak dibuat. Sulit untuk mengendarai sepeda di atas karpet," ungkap Oona.

Menurut Oona, wajar bila Putri Diana ingin bersenang-senang dengan sepatu roda atau sepeda mengingat usianya yang terbilang masih remaja kala itu. "Ini menjadi pengingat bahwa Diana baru 19 tahun saat itu," tambahnya.

Putri Diana yang bernama asli Diana Frances Spencer, menikah dengan Pangeran Charles, Princes of Wales, pada 29 Juli 1981 atau tiga pekan setelah usianya genap 20 tahun.

This combination photo shows Emma Corrin portraying Diana Spencer in the fourth season of the Netflix series (Foto: Des Willie/Netflix)

Cerita tentang Putri Diana bermain sepeda sempat diungkit di buku biografi The Diana Chronicles yang ditulis oleh Tina Brown. Berdasarkan pengakuan staf Ibu Suri Ratu Elizabeth II, William Tallon, Putri Diana atau Lady Di bermain sepeda sehari sebelum pernikahannya saat mencari teman bicara.

"Dia terlihat sangat penat sampai Tallon mengundangnya untuk mengajak ngobrol di kantornya," tulis Tina. Setelah minum bersama, Putri Diana melihat sebuah sepeda di kantor Tallon dan meminjamnya. "Dia naik sepeda sambil membunyikan bel dan bernyanyi, 'Aku akan menikah dengan Prince of Wales besok'. Ring ring'," cerita Tallon seperti ditulis Tina.

"Sampai sekarang, saya masih bisa merasakan suara belnya. Dia hanyalah anak-anak, seorang gadis kecil," tambahnya.

Prince Charles Prince Charles and the Princess of Wales (1961 - 1997, later Diana, Princess of Wales) at Caernarvon Castle during an official tour of Wales, 27th October 1981. (Photo by Hulton Archive/Getty Images)Putri Diana dan Pangeran Charles pada Oktober 1981. (Foto: Hulton Archive/Getty Images)
(dtg/dtg)