BLACKPINK Jadi Grup Pop Terbesar di Dunia versi Bloomberg

Hestianingsih - wolipop Kamis, 12 Nov 2020 07:30 WIB
Gaya Blackpink di Video How You Like That BLACKPINK. Foto: Getty Images
Jakarta -

BLACKPINK kembali meraih prestasi sebagai girlband K-Pop. Bloomberg baru saja menamai mereka sebagai 'Grup Pop Terbesar di Dunia'.

Predikat ini diberikan pada BLACKPINK setelah mereka mendapat peringkat teratas dalam ranking yang dibuat media dan perusahaan analisis ternama tersebut.

Pada April, Bloomberg merilis proyek bertajuk Pop Star Power Ranking yang bertujuan menentukan jatuh-bangunnya para musisi paling diminati di dunia. Kini ranking tersebut sudah berhasil didapat dan hasilnya menunjukkan kalau BLACKPINK berada di ranking pertama.

Grup beranggotakan Jisoo, Lisa, Jennie dan Rose itu mengalahkan empat artis pop besar lainnya Pop Smoke, Cardi B, Justin Bieber dan Juice WRLD yang berada di lima urutan teratas. Bagaimana menentukan ranking musisi pop tersebut?

BLACKPINK Promosi Lovesick Girls di TV AmerikaBLACKPINK Promosi Lovesick Girls di TV Amerika. Foto: dok. Instagram



Seperti dikutip dari Koreaboo, Bloomberg Pop Star Power Ranking ditentukan berdasarkan enam kriteria. Yakni penjualan tiket, laba kotor konser, penjualan album, streaming Spotify, engagement di Instagram dan jumlah view di YouTube.

Di masa pandemi COVID-19, BLACKPINK mungkin tidak menjual tiket konser hingga akhir tahun ini. Tapi itu tidak terlalu berpengaruh setelah mereka merilis tiga lagu yang sukses besar yakni 'How You Like That', 'Ice Cream' dan 'Lovesick Girls'.

BLACKPINKBLACKPINK. Foto: YG Entertainment)



"Berdampingan dengan BTS, BLACKPINK telah meraih tingkat popularitas global yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah musik," kata Lucas Shaw dari Bloomberg.

Misalnya saja video klip mereka 'How You Like That' meraih 630 juta views di YouTube. Sementara di Spotify sudah diputar 280 juta kali.

Lagu kedua yang mereka rilis di 2020, 'Ice Cream', sudah ditonton 390 juta kali diYouTube. Duet mereka dengan Selena Gomez ini juga meraih 180 juta streaming diSpotify.

Fashion Blackpink di Video Klip Ice CreamFashion Blackpink di Video Klip Ice Cream. Foto: Youtube



Sementara itu 'Lovesick Girls' yang baru rilis bulan lalu sudah meraih 230 juta view YouTube dan 90 juta kali streaming di Spotify. Menurut Bloomberg, keterlibatan sosial yang luar biasa ini berkontribusi mengantarkan BLACKPINK ke posisi pertama Pop Star Power Ranking.

BLACKPINK yang berada di bawah manajemen YG Entertainment juga menjadi grup pertama yang menduduki peringkat bergengsi tersebut. Kemenangan ini pun menjadi tonggak sejarah bagi para musisi wanita di dunia.

Hanya dua wanita yang berhasil meraih ranking pertama sebelum BLACKPINK. Mereka adalah Lady Gaga dan Cardi B.

Selamat, BLACKPINK!

(hst/hst)