Kisah Miris Artis Korea yang Bunuh Diri karena Mantan Ancam Sebar Video Seks

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 08 Nov 2020 07:00 WIB
Goo Hara Foto: Instagram @koohara__
Jakarta -

Penyanyi Gisella Anastasia tengah jadi atensi karena adanya video syur yang disebut-sebut mirip dengannya. Penyebaran video seks ini semakin meluas meski Gisel sudah angkat bicara dan mengungkapkan kesedihannya atas kasus yang menimpanya ini.

Penyebaran video syur ini jika terus terjadi bisa berdampak pada psikologis orang yang dituduh ada di dalam video tersebut. Seperti dikutip dari detikhealth, psikolog klinis dari Pro Help Center Nuzulia Rahma Tristinarum, mengatakan efek psikologis yang bisa dialami orang yang dituduh ada di video tersebut adalah merasa marah hingga cemas.

"Jika seseorang diberitakan hal buruk yang bukan sesuai keadaan sebenarnya atau difitnah, tentu dapat menimbulkan emosi seperti kesal, kecewa, sedih, cemas, marah bahkan bisa frustasi, jika disertai dengan efek yang berat yang ditimbulkan dari berita tersebut, misalnya dicaci maki, dihujat, diteror," jelas Rahma, Sabtu (7/11/2020).

Dampak buruk tuduhan adanya video seks ini sudah pernah terjadi di Korea Selatan. Bintang K-Pop Goo Hara bunuh diri setelah netizen terus membahas soal ancaman mantan kekasihnya Choi Jong Bum yang mengaku memiliki video seks dirinya dan akan menyebarkannya. Goo Hara meninggal dunia di rumahnya pada November 2019.

goo haraGoo Hara Foto: Instagram @Koohara__

Sebelum bunuh diri, Go Hara pernah mengajukan tuntutan hukum pada Choi Jong Bum dengan tuduhan pemerasan dengan cara mengancam untuk menyebarkan video seks mereka berdua. Pengadilan menyatakan rekaman video seks itu dibuat tanpa sepersetujuan Hara, tetapi karena mereka masih berhubungan, pengadilan menyatakan Choi tak bersalah dalam soal rekaman itu.
Baik Hara maupun Choi sama-sama banding terhadap putusan pengadilan. Choi terus membantah tuduhan yang diarahkan kepadanya.

Sebelum meninggal pada November 2019, Goo Hara juga pernah melakukan percobaan bunuh diri pada Mei 2019. Dia pernah mencoba mengakhiri hidupnya setelah meninggalkan pesan di Instagram miliknya. Untungnya, sang manajer segera menemukannya dan menelpon 119 Rescue Center. Nyawanya tertolong, dia langsung dibawa ke rumah sakit saat itu juga.

Kini setelah Go Hara tiada, kasus ancaman penyebaran video seks yang dilakukan Choi Jong Bum sudah sampai pada tahapan putusan pengadilan. Seperti dikutip dari Korean Times, hakim menyatakan mantan kekasih Goo Hara itu bersalah. Pada Juli 2020, Choi dijatuhi hukuman penjara satu tahun.

"Hubungan seksual adalah privasi paling intim, jadi mengancam untuk membocorkan video akan menimbulkan kehancuran reputasi dan melukai korban secara permanen. Mengingat korban adalah selebriti terkenal, terdakwa jelas menyadari akibatnya akan sangat serius. Namun dia memperburuk kejahatan dengan mengancam akan membocorkannya ke media," demikian putusan pengadilan pada Choi Jong Bum atas laporan Goo Hara.



Simak Video "Prosesi Pemakaman Pangeran Philip"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)