Pertama Kalinya Dijual Berlian dari 'Langit'

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 02 Nov 2020 10:53 WIB
Berlian 70 karat Sultan Banjarmasin yang dulu dirampas Belanda, hendak dikembalikan. (Situs Rijksmuseum belanda: www.rijksmuseum.nl) Ilustrasi berlian. Istimewa
Jakarta -

Pengusaha asal Inggris mengklaim bahwa dia membuat berlian pertama dari 'langit'. Dale Vince, pendiri penyedia energi hijau Ecotricity kini mengembangkan usahanya dengan memproduksi berlian unik.

Dia mengatakan bahwa ia membuat berlian di laboratorium yang ramah lingkungan. Berlian tersebut dibuat menggunakan karbon yang diambil dari udara.

Bebatuan mewah tersebut dibuat secara khusus dengan mengubah karbon menjadi berlian yang secara fisik dan kimiawi sama seperti berlian yang ditambang di bumi. Tak heran jika berlian tersebut disebut sebagai berlian dari langit.

"Membuat berlian dari langit, dari udara yang kita hirup adalah ide magis dan menggugah. Ini alkimia modern," kata Dale Vince, seperti dikutip dari Guardian.

"Kita tidak perlu menambang bumi untuk memiliki berlian, kita bisa menambang langit," tambahnya.

Berlian sintetis bukanlah hal baru. Para ilmuwan telah membuatnya sejak tahun '40-an dalam upaya membuat batu yang lebih murah dan ramah lingkungan.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)