5 Curhatan Feby Febiola Soal Kanker Hingga Tuduhan Pelakor

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 21 Okt 2020 18:30 WIB
Feby Febiola Feby Febiola. Foto: Instagram Feby Febiola
Jakarta -

Feby Febiola baru saja membagikan kisah dan pengalamannya melalui salah satu video di akun Youtube milik Daniel Manantha. Dalam video tersebut Feby menceritakan perjuangannya melawan kanker ovarium 1C sampai dia memutuskan untuk memotong habis rambutnya. Berikut ini 5 curhatan Feby Febiola mengenai penyakit kanker yang diidapnya:

1. Awalnya Merasa Berat Mempublikasikan Penyakitnya

Feby Febiola mengungkapkan bahwa awalnya dia tidak berniat untuk mempublikasikan penyakitnya. Orang yang pertama kali mengunggah foto dirinya dalam keadaan rambut yang sudah gundul justru adalah suaminya, Franky Sihombing. Saat itu sang suami mengunggah fotonya bersama Feby ke media sosial. Sontak saja unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar yang menanyakan tentang penampilan Feby yang berubah. Padahal Feby Febiola sendiri sebelumnya bahkan belum memberitahukan keluarganya mengenai penyakit yang diidapnya itu.

"Jadi semua orang, most of my friends and my family langsung Whatsapp gue penuh, DM gue penuh, orang-orang penuh nanya-nanya. Akhirnya yaudahlah terbuka aja. Waktu pertama kali membuka ke publik itu memang bukan hal yang mudah gitu kan, karena as you know pengalaman hidup gue juga bukan baik-baik amat ya. 4 tahun yang lalu waktu gue menikah dengan Franky kan banyak sekali gosip ya. Banyak sekali orang-orang yang juga men-judge kita," jelas Feby dalam salah satu video berjudul 'Feby Febiola Terima Komentar Pedas Setelah Divonis Kanker' yang diunggah oleh akun Youtube Daniel Mananta Network pada 12 Oktober 2020.

2. Mengaku Dulu Instagramnya Berisi Haters, Kini Banyak Dapat Pujian Netizen

Setelah bertukar pikiran dengan sang suami, Feby Febiola akhirnya memutuskan untuk memberanikan diri mengunggah penampilannya saat ini dan mempublikasikan penyakitnya melalui Instagram. Tak disangka, setelah mengunggah foto tersebut, Feby justru banyak mendapatkan komentar positif dan dukungan dari para netizen. Padahal sebelumnya Feby mengaku bahwa dirinya kerap kali mendapatkan banyak komentar negatif dari para netizen.

"Pertama kali gue posting ternyata komentarnya banyak yang positif. Bahkan kayak banyak yang senasib juga. Pokoknya pada intinya semuanya pada mendukung lah. Terus juga banyak puji-pujian nih. Lo ngebayangin gak sih dari gue yang kebanyakan dulu tuh.. Jadi Instagram gue kebanyakan dulu tuh isinya haters semua gitu kan selama 4 tahun. Walaupun mungkin ya berkurang, berkurang, berkurang, cuma sampai sekarang masih ada aja komentar yang nyelekit gitu kan. Terus tiba-tiba sekarang gue dipuji-puji," jelas Feby.

3. Menjadikan Penyakitnya Sebagai Berkat

Feby FebiolaFeby Febiola Foto: (dok.YouTube)

Diakui Feby Febiola bahwa dia menganggap kanker ovarium yang dideritanya itu sebagai sebuah berkat. Itulah mengapa Feby menjadi sangat bersemangat untuk membagikan kisah dan perjalanannya untuk melawan kanker. Terutama karena dukungan dari para netizen. Namun ternyata komentar-komentar positif dari netizen itu tidak berlangsung lama. Dengan berjalannya waktu, perlahan komentar dari para hatersnya mulai kembali datang dan meredupkan semangat Feby.

"Tiba-tiba gue baca komen itu (haters) terus gue down banget. Terus akhirnya gue berfikir waw ternyata bukan pujian yang membuat kita happy. Gue jadi ngerasa bahwa waw ini gue kemana-mana ngomong mengenai penyakit ini nih sebetulnya buat siapa sih, buat apa sih. Apa cuma buat ego gue aja atau memang gue mau menjadi berkat," jelas Feby.

Hal itu yang kemudian membuat Feby sempat memilih untuk berhenti dan kembali memikirkan apa yang telah dia lakukan. Feby mengaku tidak ingin apa yang dilakukannya hanya untuk memenuhi egonya saja.

"Kalo lo melakukan sesuatu buat Tuhan, lo nggak peduli mau lo dihina, dimaki, atau mau dipuji, mau diapain juga. Tapi waktu lo melakukan buat diri lo sendiri, waktu lo direndahkan orang, ego lo langsung berontak," jelas Feby.

4. Febby Febiola Sempat Merasa Penyakitnya adalah Hukuman dari Tuhan

Feby mengatakan bahwa dirinya sempat merasa bahwa penyakit yang tenga dideritanya saat ini adalah hukuman dari Tuhan atas dosa-dosanya di masa lalu. Terutama setelah dirinya melihat komentar-komentar dari netizen. Walaupun demikian, Feby bersyukur karena dirinya justru merasakan pengampunan Tuhan ditengah perjuangannya melawan kanker.

"Ada sih rasa seperti itu terus terang aja. Tapi Tuhan tuh luar biasa baik. Justru pada saat sakit ini lah gua merasa pengampunan dia yang luar biasa. Jadi kalo lo tanya, Feby kenapa bisa sepositif ini, i don't know. Cuma waktu gue divonis sakit, masuk rumah sakit, terus masuk ruang operasi, gue cuma ngomong, Tuhan ya udah ini lah gue. Baik buruk gue, apa yang gue lakukan, ya inilah gue. Kalau memang Tuhan mau panggil ya sudah," terang Feby.

5. Kata Febby Febiola Soal Karma karena Jadi Pelakor

Feby sempat berpikir bahwa kanker ovarium yang dideritanya saat ini mungkin adalah karma karena dirinya pernah menjadi pelakor. Karena setelah menikah dengan Franky, dirinya memang sempat diisukan menjadi pelakor.

"Waktu gue pertama kali divorce terus Franky juga divorce, terus kita kawin kan semua orang pada menuduh, bilang yang katanya apalah, selingkuh lah, pelakor lah. Ya kita memang sudah pernah mengakui kesalahan kita ya, itu memang dosa dan kesalahan kita. Tapi kita berusaha untuk bisa move on," ungkap Feby.

Feby mengaku bahwa dia dan suaminya telah berusaha untuk melupakan masa lalunya tersebut. Namun tentu saja hal itu bukalah hal yang mudah, terutama ketika Feby Febiola melihat komentar-komentar negatif netizen yang kembali mengingatkannya akan masa lalunya itu.

(vio/vio)