Billie Eilish Beri Sindiran Menohok Saat Di-bully Punya Tubuh bak Ibu-ibu

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 16 Okt 2020 15:11 WIB
Billie Eilish and Finneas OConnell pose for photographers upon arrival at Brit Awards 2020 in London, Tuesday, Feb. 18, 2020.(Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP) Billie Eilish. Foto: Gareth Cattermole/Getty Images
Jakarta -

Penyanyi Billie Eilish yang baru saja memenangkan Billboard Music Awards memberikan sindiran menohok pada netizen yang melakukan bullying fisiknya. Sindiran tersebut disampaikannya setelah seorang netizen menulis di Twitter mengenai tubuhnya yang disebut seperti ibu-ibu.

"In 10 months Billie Eilish has developed a mid-30's wine mom body," begitu bunyi bullying dari akun Twitter @gamesnosh. Dia mengunggah tweet tersebut disertai foto Billie Eilish memakai tanktop dan tampil tanpa makeup dengan rambutnya yang berwarna hijau.

Menanggapi komentar sinis mengenai fisiknya tersebut, Billie Eilish mengunggah ke Instagram Story sebuah video yang memperlihatkan dirinya mendapatkan lima piala Grammy Awards. Piala Grammy Awards 2020 itu seolah untuk membungkam 'jari' netizen yang kerap melakukan bullying padanya. Billie membuktikan dia lebih peduli pada karier musik dan pencapaiannya.



Selain video piala Grammy Awards yang didapatnya, Billie Eilish juga mengunggah ulang video dari YouTuber Chizi Duru mengenai body shaming. Dalam video tersebut Chizi meminta netizen untuk tidak lagi melakukan bullying mengenai bentuk tubuh seseorang.

"Kalian semua harus mernomalisasikan bentuk tubuh yang nyata. Instagram itu tidak nyata," begitu kata Chizi.

Billie Eilish juga mengunggah di feed Instagram sebuah foto dirinya yang tampak gelap dengan keterangan 'do you really wanna go back in time?' Postingan tersebut seolah untuk mengingatkan netizen bahwa dia sebelumnya sudah pernah bicara panjang lebar mengenai body shaming.

Kata Billie Eilish Soal Body Shaming

Pada Mei 2020, pelantun Bad Guy itu pernah merilis film pendeknya berjudul Not My Responsibility. Dalam film tersebut, Billie Eilish mengungkapkan apa saja komentar publik mengenai tubuhnya dan penampilannya.

Dalam film pendeknya itu, Billie pun mengeluarkan pernyataan yang menohok untuk membalas orang-orang yang suka berkomentar pedas mengenai tubuhnya atau penampilannya.

"Apa kalian kenal aku? Apa kalian benar-benar kenal aku? Kamu bisa berpendapat tentang perkataanku, musikku, baju-bajuku, tubuhku. Beberapa orang benci apa yang aku pakai, beberapa orang lainnya menyukainya. Beberapa orang menggunakannua untuk mempermalukan orang lain, beberapa orang lainnya menggunakannya untuk menghinaku," ucapnya.

[Gambas:Instagram]



"Apakah kamu mau terlihat lebih langsing? Lemah? Lembut? Tinggi? Apakah kamu ingin aku diam? Apakah bahu ku memprovokasi kamu? Apakah perutku? Apakah pinggulku? Tubuh yang aku sudah terlahir seperti ini, ini bukan yang kamu inginkan. Jika aku memakai apa yang menurutku nyaman, aku bukan seorang wanita. Jika aku memakai baju layer yang terpotong, aku seorang pelacur. Meskipun kamu tidak pernah melihat tubuhku, kamu akan tetap menilaiku. Kenapa?" kata Billie Eilish lagi.

Billie Eilish Pernah Ingin Bunuh Diri

Penyanyi 18 tahun itu pernah mengungkapkan dalam wawancara dengan majalah GQ, dia pernah nyaris bunuh diri saat membaca komentar di Twitter mengenai dirinya beberapa tahun lalu. Oleh karena itulah dia pernah memutuskan berhenti main Twitter. Dia juga tidak mau melihat-lihat Instagram Stories orang lain.

"Yang aku sadari belakangan ini, ketika kamu sampai pada tiitk kepopuleran tertentu, tidak peduli apa yang kamu katakan atau lakukan, kamu dikenal. Kamu akan sangat dibenci dan sangat disukai. Aku masih merasa sangat tidak enak ketika aku dibenci, terlepas dari apapun yang aku katakan pada diriku sendiri," ujar penyanyi dengan nama lengkap Billie Eilish Pirate Baird O'Connell itu.



Simak Video "Gaya Billie Eilish yang Serba Chanel di Oscar 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)