Gal Gadot Jadi Ratu Cleopatra, Netizen Protes karena Isu Ras

Hestianingsih - wolipop Selasa, 13 Okt 2020 10:42 WIB
Mau Bugar dan Sehat Seperti Gal Gadot? Ikuti Saja Menu Sarapannya Foto: Getty Images
Jakarta -

Gal Gadot akan memerankan Ratu Mesir Cleopatra dalam proyek film terbaru Paramount Pictures. Selain berakting, wanita 35 tahun itu juga bertindak sebagai produser, di bawah bendera Pilot Wave Pictures.

Namun sepertinya tidak semua pihak setuju dengan pemilihan Gal Gadot sebagai Cleopatra. Banyak netizen mengritik dan bertanya-tanya kenapa peran ikonik itu diberikan kepadanya. Ras, jadi salah satu pertimbangannya.

Netizen menilai peran tersebut seharusnya dimainkan seseorang dengan warna kulit lain, misalnya keturunan Mesir, Arab atau Afrika Utara agar penggambaran Cleopatra lebih akurat dan representatif. Sementara Gal Gadot berkebangsaan Israel dan dari ras kaukasia.

HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Gal Gadot attends the 92nd Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Amy Sussman/Getty Images)Gal Gadot akan berperan sebagai Cleopatra. Foto: Amy Sussman/Getty Images

"Sangat banyak artis berdarah Arab (atau Mesir) yang berbakat di Hollywood. Setidaknya cari dulu aktris keturunan Mesir untuk peran itu daripada langsung memberikannya kepada zionis," cuit netizen di Twitter.

"Jadi... memang tidak ada wanita Mesir yang bisa memainkan, um, serang ratu *Mesir*?" cuit netizen lainnya.

"Apapun yang kamu pikirkan tentang dia dipilih sebagai Cleopatra, jangan pernah lupa kalau Gal Gadot dengan bangga melayani (dan terus memberikan dukungan) untuk tentara kolonial yang terkenal suka mencederai dan membunuh rakyat sipil," kritik netizen lagi.

Cleopatra, jadi salah satu film dengan durasi paling panjang di dunia.Elizabeth Taylor memerankan Cleopatra pada 1963. Foto: Dok. 20th Century Fox

Film tentang Cleopatra merupakan buah dari ide Gal Gadot sendiri. Proyek ini akan digarap oleh sutradara Patty Jenkins dan naskahnya ditulis Laeta Kalogridis.

Mengenai Cleopatra, asal-usul Ratu yang jadi pemimpin terakhir dinasti Ptolemaic dari 51 SM sampai 30 SM ini, lahir dan besar di Mesir. Namun identitas ibunya sampai sekarang masih jadi misteri. Dikutip dari Middle East Eye, sejumlah ilmuwan dan ahli sejarah meyakini kalau Cleopatra memiliki darah Persia dan Suriah.

Sementara itu sosok Ratu Cleopatra sebelumnya juga pernah diperankan dengan brilian oleh Elizabeth Taylor pada 1963. Seperti Gal Gadot, Elizabeth juga berasal dari ras kaukasia.

(hst/hst)