Selebgram Viral Cantik Saat Berbaju Sekolah, Identitas Asli Bikin Terkejut

Hestianingsih - wolipop Kamis, 01 Okt 2020 12:48 WIB
Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah. Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah. Foto: Dok. Facebook Peerada Namwong
Bangkok -

Peerada Namwong dikenal sebagai selebgram cantik dengan 125 ribuan follower di Instagram. Ia juga populer di Facebook dan sudah menjaring lebih dari 90 ribu pengikut.

Paras cantik influencer asal Thailand ini memang membuat terpesona siapa pun yang melihatnya. Namun yang tidak banyak diketahui orang, Peerada Namwong tidak terlahir sebagai perempuan.

Peerada adalah seorang transgender berusia 18 tahun yang jadi viral karena foto-fotonya di masa sekolah beredar di media sosial. Pada September tahun lalu, sosoknya jadi viral, setelah mengunggah beberapa foto saat ia mengenakan seragam sekolah.

Berpenampilan selayaknya wanita, dalam foto tersebut dia mengenakan kemeja putih dan celana pendek warna biru, seragam yang umum dipakai murid laki-laki. Seragamnya kontras dengan dandanan wajah dan rambut yang dikepang acak.

Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah.Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah. Foto: Dok. Facebook Peerada Namwong

Peerada Namwong memang sejatinya terdaftar sebagai siswa laki-laki. Ia bersekolah di Asumption College, sekolah Katolik khusus laki-laki di Bangkok. Kini dia telah lulus dan menjadi fulltime blogger di blog pribadinya, Chouxcream.

Transgender yang biasa disapa Paper ini memang sudah berbeda dari teman-temannya sejak kecil. Kerap berperilaku kemayu, Paper sering jadi bahan bully dan lelucon teman-temannya di sekolah dasar. Masa-masa itu diingatnya sebagai mimpi buruk.

Pengalaman terburuknya adalah ketika teman sekelasnya sering mengintip saat dia ke kamar mandi. Saat berada di kamar mandi, murid-murid lainnya sering iseng memanjat kloset di bilik toilet sebelahnya hanya untuk mengintipnya.

"Setiap kali pergi ke toilet aku harus benar-benar waspada dan mendengarkan pergerakan di luar. Kalau ada orang yang memanjat dan mengintip kan suaranya bisa terdengar," tutur Pareeda, seperti dikutip dari China Press.

Trauma karena selalu diintip, Peerada takut ke kamar mandi dan tidak pernah masuk ke sana lagi selama lima tahun di sekolah. Untuk menyiasati agar tidak perlu buang air kecil, dia menghindari minum air putih selama belajar di sekolah.

"Aku tahu kita harus minum air putih, dan perlu banyak minum air setiap hari agar kulitnya bagus. Tapi aku benar-benar tidak mau terus-terusan hidup jadi korban bully," curhatnya.

Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah.Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah. Foto: Dok. Facebook Peerada Namwong

Lepas sekolah dasar dan semakin dewasa, Peerada semakin mantap dengan jati dirinya sebagai wanita. Setelah terbuka dengan kedua orangtuanya, dia mulai minum suplemen hormon, yang diresepkan dokter. Dia sempat membeli obati hormon ilegal lewat online shop namun setelah kepergok sang ibu, dia diharuskan menjalani terapi hormon di rumah sakit.

"Ibuku bilang, kalau benar-benar sudah memutuskan jadi perempuan, pergi ke rumah sakit dan ikuti arahan dokter. Cara ini lebih aman," tuturnya.

Berbeda dengan saat di SD, Peerada merasa lebih diterima di sekolahnya yang sekarang. Beberapa guru bisa memahami kondisinya tapi ada segelintir yang tidak. Dia pun sehari-hari belajar memakai seragam laki-laki untuk mengikuti aturan sekolah.

Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah.Peerada Namwong, selebgram transgender yang bikin kaget saat pakai baju sekolah. Foto: Dok. Facebook Peerada Namwong

"Aku juga berpakaian mengikuti aturan sekolah. Impianku adalah membuat orang-orang sadar agar tidak mendiskriminasi karena gender," tambahnya.

Peerada Namwong kini menghidupi dirinya sendiri tanpa bantuan orangtua. Agar bisa terus terapi hormon dan menjadi wanita tentu diperlukan biaya besar dan kebutuhan itu tidak disokong ayah dan ibunya.

Mulai dari membeli baju wanita, perawatan kecantikan hingga terapi hormon, semua itu dipenuhinya dengan bekerja sebagai model. Saat ini Peerada Namwong menghasilkan uang dengan melakukan pemotretan, endorsement dan jadi model iklan.

(hst/hst)