Ini Orang Pertama Pemenang Who Wants To Be A Millionaire dalam 14 Tahun

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 12 Sep 2020 20:01 WIB
Donald Fear, orang pertama yang berhasil menang Who Wants To Be A Millionaire dalam 14 tahun. Donald Fear, orang pertama yang berhasil menang Who Wants To Be A Millionaire dalam 14 tahun. Foto: ITV via BBC
Jakarta -

Siapa tidak tahu kuis Who Wants To Be A Millionaire? 'Hanya' dengan menjawab 15 pertanyaan dengan benar, maka kontestan bisa membawa pulang uang yang jumlahnya fantastis.

Tapi memenangkan uang sebanyak itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Satu kali saja salah menjawab harapan untuk memboyong uang miliaran rupiah pun langsung pupus.

Sudah belasan tahun tidak ada kontestan yang berhasil memenangkan kuis yang juga sempat booming di Indonesia ini. Juara terakhir adalah adalah seorang pensiunan PNS Ingram Wilcox, yang memenangkan kuis di 2006. Tapi kini sejarah kembali terulang.

Donald Fear, seorang guru berusia 57 tahun, sukses memboyong uang senilai 1 Juta poundsterling dalam kuis Who Wants To Be A Millionaire versi Inggris. Dia mampu menjawab 15 pertanyaan dan menjadi orang pertama yang memenangkan kuis sejak 14 tahun terakhir.

Ia bahkan menjawab semua pertanyaan hanya dalam waktu 20 menit dan hanya menggunakan satu pilihan bantuan dari tiga opsi yang ada. Seperti dikutip dari Daily Mail, dia mungkin saja memecahkan rekor menjawab dengan waktu tercepat.

"Di tahun 1718, siapa bajak laut yang tewas dalam perang di pesisir yang sekarang kita kenal dengan Carolina Utara?" demikian pertanyaan terakhir yang diberikan presenter Jeremy Jackson kepada Donald Fear, dalam acara yang tayang pada Jumat (11/9/2020).

Donald Fear, orang pertama yang berhasil menang Who Wants To Be A Millionaire dalam 14 tahun.Donald Fear, orang pertama yang berhasil menang Who Wants To Be A Millionaire dalam 14 tahun. Foto: ITV via BBC

Pilihan jawabannya adalah Calico Jack, Blackbeard, Bartholomew Roberts, and Captain Kidd. Dan jawaban yang mengantarkan Donald Fear pada kemenangan adalah: Blackbeard.

Entah sebuah kebetulan atau bukan, Donald Fear yang merupakan guru sejarah dan politik, pernah mengajar soal bajak laut kepada sekelompok siswa sekitar delapan tahun lalu. Saat mendengar tahun 1718, dia pun langsung teringat pada Blackbeard.

"Saya hapal banyak tanggal. Kamu tidak akan jadi guru sejarah selama 33 tahun kalau tidak bisa ingat beberapa tanggal bersejarah, dan tahun 1718 dan Blackbeard langsung muncul di pikiran," kata Donald.

Menerima hadiah uang senilai 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 15 miliar, Donald Fear tidak berniat menikmatinya sendirian. Dia ingin memberikan 70 persen dari hadiahnya itu kepada keluarga dan kerabat.

"Saya tidak akan jadi miliarder dalam waktu lama karena saya memberikan sebagian besar hadiahnya ke orang," tuturnya.

Seperti dilansir BBC, Donald hanya akan mengambil sisanya sebanyak 20 persen untuk menikmati masa pensiunnya. Sebelum ikut kuis ini, pria yang tinggal di Telford, Shropshire, Inggris, tersebut baru resign sebagai pengajar di Haberdashers' Adams Grammar School.

Satu hal yang menarik dari kemenangan Donald Fear, satu tahun lalu, adiknya pun ikut kuis yang sama dan berhasil membawa pulang hadiah uang dengan nilai juga cukup fantastis. Davyth Fear, adik laki-laki Donald, harus puas dengan uang 500 ribu poundsterling di tangan, yang nilainya setengah dari hadiah utama.

Donald Fear sendiri saat in tinggal bersama istrinya, Deb, yang dinikahinya selama 33 tahun. Dari pernikahan mereka, keduanya dikaruniai empat orang anak dan satu cucu.



Simak Video "Kreasikan Poster Nyaleg untuk Hadiah Seru dari Detikcom"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)