Selebgram Revina VT Banjir Kritik, Ini Ucapannya yang Dianggap Body Shaming

Hestianingsih - wolipop Jumat, 04 Sep 2020 09:29 WIB
revina vt Revina VT. Foto: Instagram/@revinavt
Jakarta -

Selebgram Revina VT dihujani kritik setelah cuitannya di Twitter viral. Revina VT dianggap body shaming sesama wanita karena berkomentar tentang busana dan tubuh salah satu pengunjung gym.

Influencer dengan 38 ribuan follower di Twitter ini menyebut wanita yang dilihatnya saat nge-gym telah menimbulkan 'poulusi visual'. Dia merasa terganggung dengan 'pemandangan' tak sedap di depan matanya karena wanita tersebut mengenakan sports bra dan celana pendek, sehingga kulitnya yang tidak mulus dan berwarna gelap terlihat.

"Lo pernah ga sih liat orang ngegym, terus pede bener pake sport bra + celana pendek yang pantatnya keliatan separo tapi polusi visual aja buat mata lo. Perih bener," begitu bunyi cuitan pertamanya.



Cuitan yang diunggah pada Rabu (2/9/2020) tersebut langsung mendapat reaksi dari banyak netizen. Revina VT dianggap tidak peka dengan isu kesehatan mental dan dikhawatirkan membuat para wanita insecure atau tidak bisa mencintai dirinya sendiri.

"Orang2 udah berusaha buat mencintai dirinya sendiri, bahkan Rachel McAdams aja pede pakai bikini dan mamerin selulitnya tapi gara2 orang kek lo orang2 jadi banyak yang insecure. berpendidikan gak sih lo? malu2in mana pernah diundang jadi pembicara topik psikologi," protes salah satu netizen.

"Aku yang ga punya punggung mulus padahal udah pake sabun ini itu dan mandi 2x sehari jadi insecure melihat tweet mbak ini," komentar netizen lainnya.

"Emg lu siapa mbak ngehina fisik org,mau gimanapun bentuk tubuhnya,rupa badannya,lu ngga ada hak ngehina,sama aja lu ngehina ciptaan Tuhan,berasa paling sempurna bgt ya lu,emg pantat lu sebening apa sampe ngatain pantat item segala," tulis netizen lagi.

"Kak revina kok ngetweet gini sih? Padahal sering bgt nyuruh orang buat selflove gimanapun bentuk fisiknya. Kok malah bisa bikin orang auto insecure? Seakan-akan yang tidak sempurna gausah pake apapun. Katamu, tubuhku otoritasku? Ya tubuhnya juga otoritasnya," ujar netizen.

Namun Revina VT merasa cuitannya bukan body shaming atau bentuk bully-an. Dia berpendapat bahwa semua orang bebas dengan pemikirannya tentang sesuatu. Juga bebas mengekspresikan jika apa yang dilihatnya menimbulkan rasa tidak nyaman.

"Lah kenapa emosi? Mata-mata gue, gue juga nggak ngebully dia. Munafik banget semua harus dibilang pretty. :)) nyatanya emang enggak semua cewek cakep, lo mau ngegym badan belom bagus, ya sama badan gue juga jelek. Tp pantat jangan diliatin ke orang dong," tulisnya lagi.

Aksi Revina VT pun mendapatkan reaksi dari sejumlah artis dan selebgram lainnya. Salah satunya penyanyi Marion Jola. Jebolan Indonesian Idol ini mengungkapkan kegeramannya di Instagram. Dia menyebut Revina sudah melecehkan sesama wanita.

"Ngeri, karena mungkin dia merasa keren dengan berpendapat seenaknya, menyebuk fisik orang lain jelek seenaknya. Sebagai tindakan bebas auto savage also to the point," tulisnya.

Marion Jola melanjutkan:

"Susah sekali hidup jadi manusia kalau harus pusing menjadi polusi mata untuk orang lain atau tidak. Yah saya bukan bahan kimia, bukan juga energi berbahaya yang menyakiti kamu atau merusak tubuhmu, apa kamu jadi buta setelah melihat saya? Jadi kenapa kamu kesulitan sekali sampai kena polusi mata."

"Mba kalo nanti polusi matanya udah sampe buat sakit mata, bener-bener sakit mata, baru boleh ya marah-marah keliling dunia sama yang punya fisik disturbing buat kamu. Punya banyak followers kok dipake buat ngajarin bebas beropini jelek soal orang lain," tukasnya.

[Gambas:Instagram]



Awkarin atau Karin Novilda juga ikut berpendapat tentang cuitan Revina VT. Dia menulis bahwa semua wanita indah dan cantik. Yang membedakan adalah perilaku dan tindak tanduknya.

"Perlu diingatkan. Kita semua indah dan cantik. Yang membuat kita menjadi pribadi yang "tidak/kurang baik" adalah perilaku dan hati kita. Standar rupawan secara fisik itu tidak ada. Stretch-marks, warna kulit gelap, rambut bondol, wajah chubby, dan lain sebagainya semua indah. Tidak ada sesuatu yang pantas disebut polusi visual terkecuali sampah dan sampah plastik. Mba Revina, semoga cepat berdamai dengan hatinya dan semesta," tulisnya sambil menyebut akun @revinavt dan menambahkan tagar #NormalizeBodyPositivity.

(hst/hst)