Bella Thorne Minta Maaf, Dapat Banyak Hujatan Akibat Kontroversi OnlyFans

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 01 Sep 2020 11:30 WIB
Bella Thorne, aktris dan model yang mengaku panseksual. Bella Thorne / Foto: Dok. Instagram/bellathorne
Jakarta -

Bella Thorne belakangan ini ramai diperbincangkan setelah dirinya ikut bergabung di situs OnlyFans. OnlyFans sendiri adalah sebuah situs dimana seseorang bisa menjual foto eksklusif mereka kepada para penggemarnya. Foto yang dibagikan itu bisa beragam, namun tidak sedikit yang juga menjadikannya konten khusus dewasa.

Setelah menjadi salah satu kreator di OnlyFans, Bella Thorne langsung berhasil memperoleh pendapatan fantastis, yaitu sekitar Rp 29 miliar hanya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. Seperti dikutip dari Insider, wanita berusia 22 tahun itu mematok harga sekitar Rp 2,9 juta untuk melihat foto dirinya menggunakan lingerie.

Permasalahannya adalah foto-foto yang diberikan oleh Bella Thorne itu tidak sesuai dengan perjanjian awal yang ditawarkannya. Beberapa orang dalam situs tersebut menuduh bahwa Bella Thorne telah melakukan 'penipuan' kepada para penggemarnya. Mereka mengatakan bahwa Bella Thorne meminta bayaran Rp 2,9 juta untuk foto yang seharusnya memperlihatkan dirinya telanjang, bukan menggunakan lingerie.

Setelah kejadian tersebut, pihak OnlyFans lalu mengubah kebijakan pembayarannya untuk mencegah para kreator meminta bayaran lebih dari Rp 729 ribu untuk konten eksklusif mereka. Tak hanya itu saja, pihak OnlyFans juga meningkatkan waktu tunggu pembayaran, yang biasanya 7 hari kini menjadi 30 hari.

Tidak sedikit kreator dan juga para pekerja seks di situs tersebut yang kemudian menyalahkan Bella Thorne dan menuduhnya telah 'melemahkan' situs tersebut. Mereka bahkan meminta Bella Thorne untuk mengembalikan uang yang telah didapatkannya dari situs tersebut.

Bella ThorneBella Thorne Foto: Dok. Instagram/bellathorne

"OnlyFans tidak membiarkan kami untuk mengenakan biaya lebih dari Rp 729 ribu untuk (bayaran per tampilan) ATAU memperoleh tip lebih dari Rp 1,4 juta. Dan pagi ini kami semua diberitahu bahwa alih-alih menunggu 7 hari untuk pembayaran kami, kami harus menunggu 30 hari. Teorinya adalah dia (OnlyFans) tidak mampu membayar (Thorne) potongannya jadi sekarang dana kami terikat," tulis salah satu cuitan netizen di Twitter yang kemudian menjadi viral.

Karena banyaknya kritikan yang datang, Bella Thorne kemudian mengumumkan permintaan maafnya yang cukup panjang melalui unggahan di media sosial Twitter pribadinya. Bella Thorne juga mengatakan bahwa dirinya akan bertemu dengan pihak OnlyFans untuk membicarakan mengenai perubahan kebijakan tersebut.

"Aku ingin menarik perhatian ke situs tersebut, semakin banyak orang di situs tersebut semakin besar kemungkinannya untuk menormalkan stigma. Sekali lagi dalam proses ini, saya menyakiti kamu dan untuk itu, saya benar-benar meminta maaf," tulis Bella Thorne dalam akun Twitternya.



Walaupun demikian, pihak OnlyFans mengatakan bahwa perubahan kebijakannya itu sama sekali tidak terkait dengan apa yang dilakukan oleh Bella Thorne. Pihak OnlyFans mengatakan bahwa batasan transaksi itu ditujukan untuk mencegah pengeluaran berlebihan dari para penggunanya, sehingga dengan demikian para pengguna bisa terus menggunakan situs tersebut dengan aman.

Bella Thorne mulai bergabung dengan platform OnlyFans pada 19 Agustus 2020. Setelah bergabung, Bella Thorne langsung memecahkan rekor di situs tersebut karena mampu mengumpulkan sekitar Rp 14,5 miliar hanya dalam kurun waktu 24 jam.

(vio/vio)