Influencer Cantik Mesir Dipenjara Gara-gara Main TikTok

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 28 Jul 2020 19:08 WIB
Influencer mesir Influencer Mesir Haneen Hossam Foto: dok. Instagram
Kairo -

Pengadilan mesir menjatuhkan hukuman penjara untuk influencer Mawada al-Adham dan empat wanita lainnya karena bermain TikTok. Aturan di Mesir masih konservatif, dimana bermain TikTok dianggap sebagai pelanggaran norma.

Mawada al-Adham yang merupakan bintang TikTok dan influencer Instagram itu dituduh mengunggah foto dan video yang tidak senonoh. Ada lagi influencer bernama Haneen Hossam yang juga dituntut karena menyarankan wanita muda untuk bertemu dengan pria melalui video online.

Influencer mesirInfluencer Mesir Mawada al-Adham Foto: dok. Instagram

Ada tiga wanita lainnya yang ikut ditangkap karena menjadi admin untuk akun TikTok sang influencer. Kelima wanita tersebut dijatuhi hukuman selama dua tahun.

Tidak hanya akan dipenjara, namun para wanita tersebut masing-masing dikenai denda sebanyak US$ 19 ribu atau sekitar Rp 277 juta. Pengacara Mawada al-Adham, Ahmed el-Bahker mengonfirmasi bahwa saat ini akan mengajukan banding untuk kliennya.

Sejumlah wanita mesir belakangan dituduh menentang norma-norma konservatif di negara itu karena bermain media sosial. Bulan lalu, penari perut terkenal di mesir Sama El-Masry juga dikenai tuntutan penjara tiga tahun setelah video-videonya tersebar di TikTok.

Influencer mesirInfluencer Mesir Haneen Hossam Foto: dok. Instagram

Dilaporkan koran Mesir Al-Ahram Sama El-Masry telah ditahan pada April lalu karena video TikTok. Ketika itu pemerintah memang sedang mencari para influencer di Instagram dan TikTok yang dianggap menampilkan seksualitas.

Sebuah akun TikTok yang menampilkan video-video Sama pun ditemukan. Sama sendiri menolak tuduhan tersebut karena ia tidak merasa membuat akun. Wanita tersebut mengaku konten-konten dalam akun itu dibagikan sepengetahuannya dari handphone yang dicuri tahun lalu.



Simak Video "Viral #VogueChallenge di Medsos, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)