Curhat Artis K-Pop Ashley Choi yang 7 Tujuh Tahun Kerja Tanpa Digaji

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 25 Jul 2020 20:00 WIB
Ashley Choi, mantan personel Ladies Code. Ashley Choi. Foto: Instagram/@ashleybchoi
Jakarta -

Satu lagi artis K-pop yang mengungkap cerita kelam di balik ingar bingar industri hiburan Korea Selatan. Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code, belum lama ini mengungkap perjuangannya sebagai artis pendatang baru di siaran podcast Get Real. Seperti apa kisahnya?

Ashley Choi memberi pengakuan mengejutkan saat jadi bintang tamu di podcast tersebut. Dia mengatakan tidak mendapat sepeser pun bayaran selama tujuh tahn bergabung dengan Ladies' Code.

Seperti dikutip dari Koreaboo, Ashley Choi bersama Ladie's Code bergabung dengan agensi Polaris Entertainment, pada 2013. Namun di awal debut girlband baru ini harus kehilangan dua membernya sekaligus, EunB dan RiSe, akibat kecelakaan tragis Maret 2013.

Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code.Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code. Foto: Instagram/@ashleybchoi

Setelah kepergian dua personelnya Ladies' Code berjalan dengan tiga personel yang tersisa yakni Ashley, Zuny dan Sojung. Setelah tujuh tahun bersama, ketiganya pun memutuskan mengambil jalan masing-masing dan jeluar dari Polaris Entertainment pada Februari 2017.

Ashley Choi mengatakan selama tujuh tahun di bawah manajemen artis bentukan Lee Jong Myung itu dia tidak pernah mendapat bayaran dari perusahaan. Dia pun mengaku hidupnya cukup sulit saat itu.

"Sejujurnya, sulit punya hidup berkecukupan dengan musik... Aku tidak menghasilkan uang sama sekali selama tujuh tahun," tuturnya.

Namun Ashley juga mengakui jika kala itu dia memang belum membutuhkan banyak uang karena semua kebutuhannya dipenuhi Polaris Entertainment. Mulai dari makan sampai kebutuhan pribadi. Dia pun merasa pengalaman yang didapat dari bekerja di bawah manajemen sudah cukup jadi bayaran.

Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code.Ashley Choi, mantan personel Ladies' Code. Foto: Instagram/@ashleybchoi

Bukan rahasia lagi kalau para idol K-Pop tidak mendapatkan bayaran di tahun-tahun pertama mereka. Hal ini dikarenakan mereka harus mengganti 'utang trainee', yaitu biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk melatih, memberikan tempat tinggal, menyediakan makanan dan kebutuha-kebutuhan mereka saat masih jadi trainee dan belum menghasilkan uang. Namun ada pula perusahaan yang menghapus utang pada idol ini begitu mereka debut.

EXID dan AOA mendapatkan gaji pertama mereka setelah tiga tahun debut. Sementara GFRIEND dua tahun setelah debut. Maka pada kasus Ladies' Code, tujuh tahun tak mendapat bayaran selama kontrak bisa dibilang, merupakan hal yang jarang terjadi.

Tiga personel Ladies' Code, termasuk Ashley Choi (kanan).Tiga personel Ladies' Code, termasuk Ashley Choi (kanan). Foto: istimewa

Tapi kini Ashley akhirnya mendapatkan bayaran pertamanya. Diterima secara langsung ke rekening bank miliknya. Pada April 2020, wanita 29 tahun ini mengunggah curhatan di video bertajuk Adulting Series, di channel YouTube miliknya. Dia mengatakan sangat senang akhirnya bisa dapat gaji pertama sejak berkarier di Korea Selatan.

Dalam video tersebut, wanita kelahiran Seoul, Korea Selatan, ini menjelaskan saat masih bergabung di Polaris Enterainment Ladies' Code memang menghasilkan uang. Tapi semua uang itu langsung masuk ke rekening perusahaan untuk membayar utang-utang mereka. Ashley pun berniat memberikan penghasilan pertamanya itu ke kedua orangtuanya.



Simak Video "Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Rajut Lokal!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)