10 Hal tentang IU yang Jarang Diketahui, Kisah Pilunya Bikin Nangis

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 09 Jan 2020 18:34 WIB
IU Hotel Del Luna. Foto: Instagram/Pinterest
Jakarta - IU adalah salah satu solois wanita paling sukses di Korea, dan selebritas papan atas. Perjalanan IU ke puncak kariernya bukanlah hal yang mudah. Kisah pemain drakor Hotel Del Luna ini pun haru dan membuatmu menangis.

Sebelum meraih kesuksesan, kesulitan yang IU hadapi mungkin tak hanya membuat matamu menangis, tetapi juga keberanian untuk terus berjuang. Tak hanya itu, IU juga dikenal sebagai sosok publik figur yang baik hati dan kerap memberikan hadiah kepada para penggemarnya.

Bahkan pada salah satu wawancara, IU pernah mengatakan kalau ia tidak menerima kado dari penggemar, karena sudah punya cukup uang untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Dia justru ingin para penggemarnya merasakan kegembiraan dengan membeli hadiah untuk mereka sendiri.

Pemilik nama asli Lee Ji Eun telah merilis debut album ketika berusia 15 tahun. Nama IU pun sudah dikenal di kancah internasional, dan telah berperan dalam berbagai judul drama Korea. Berikut 10 hal tentang IU yang bisa bikin kamu menangis.

1. Berasal dari Keluarga Miskin

IU saat masih kecilIU saat masih kecil Foto: Instagram


Kehidupan keluarga IU awalnya baik-baik saja sampai mereka punya hutang dan menjadi kacau karena menghadapi kesulitan keuangan. Demi membayar utang, IU dan orangtuanya harus hidup terpisah. Sejak kecil penyanyi Love Poem yang juga mahir menulis lagu ini dititipkan kepada nenek bersama adik laki-lakinya.

IU, nenek dan adiknya pernah tinggal di kamar kecil dengan banyak kecoa, sebelum mereka pindah ke rumah milik salah satu kerabatnya. Tinggal dengan keluarga lain, IU pernah di-bully secara verbal. Kerap kali kerabatnya itu pulang dalam keadaan mabuk dan begitu melihat IU, adik serta neneknya, umpatan dan sumpah serapah yang mereka dapat. IU ingat berpura-pura tertidur ketika dia mengalami pelecehan verbal ini.



2. IU pernah Ditipu dan Dirampok

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: IU/YouTube


Hal-hal tidak berjalan dengan baik untuk IU bahkan ketika dia menjadi trainee. Sambil mencari audisi untuk masuk, IU muda mengalami penipuan. Sebuah agensi menipu IU untuk mengirim sejumlah besar uang untuk pelatihan dan tampil di program TV. IU bahkan lebih patah hati karena uang yang hilang darinya adalah milik neneknya yang menabung sedikit demi sedikit dari penjualan aksesoris kecil.



3. Ditolak Puluhan Agensi

10 Hal tentang IU yang Jarang Diketahui, Kisah Pilunya Bikin NangisFakta tentang IU. Foto: ist.


Sejak kecil IU telah mengetahui mimpinya untuk menjadi penyanyi. Namun, perjalanan kariernya tak mudah karena pelantun 'Blueming' ini harus ditolak oleh puluhan agensi, termasuk JYP yakni manajemen terkenal yang menaungi artis besar seperti Bae Suzy. Tapi, kini namanya populer, dan Billboard mengakui bahwa IU merupakan pemimpin sepanjang masa Korea K-Pop Hot 100 dengan lagu-lagu nomor satu paling banyak

4. Sukses Debut dan Bahagiakan Keluarganya

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Istimewa


IU memulai debutnya pad 2008. Namanya pun perlahan naik dengan lagu-lagu hit seperti 'Boo' dan 'Marshmallow'. Pada 2009, ketika IU telah menabung cukup banyak untuk membalikkan keuangan keluarganya, ia membelikan ayahnya mobil impian. Meskipun IU tidak suka mengungkapkan keluarganya di depan kamera terlalu banyak, dia telah berbagi foto-foto Instagram dirinya menikmati kencan dengan ayahnya di sebuah kebun stroberi. Serangkaian pesan teks dengan adik laki-lakinya juga menjadi viral, menunjukkan bahwa IU masih seorang bayi perempuan untuk orang tuanya dan kakak perempuan yang konyol bagi adiknya.

5. Fokus pada Mimpi

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Instagram dlwlrma


Pada episode Healing Camp, IU berbicara tentang bagaimana dia tidak memiliki nilai untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Ketika popularitas IU meningkat, beberapa universitas di Korea menawarkan kesempatan masuk khusus, tetapi dia menolak semuanya. Fans memuji keputusannya untuk tetap fokus pada kariernya dan menolak tawaran.

"Masuk perguruan tinggi adalah untuk mereka yang bekerja keras untuk itu. Saya bahkan tidak punya waktu untuk benar-benar memiliki kehidupan kampus, jadi saya tidak akan mengejar pendidikan perguruan tinggi,"kata IU

6. Kelelahan Bekerja dan Kesehatan Buruk

[Gambas:Instagram]



IU pernah membuat penggemarnya khawatir ketika dia pingsan dan dirawat di rumah sakit, sebelum kembali untuk mempromosikan albumnya "Real". Sejak itu, penggemar telah mengkhawatirkan kesehatannya, karena dia sangat kurus. Bahkan belum lama ini, IU mengaku bahwa selama setahun dirinya hanya beristirahat seminggu.

"Saya tidak punya kesempatan untuk benar-benar beristirahat. Melihat kalender, selama satu tahun saya hanya istirahat seminggu. Itu benar-benar tahun tersibuk," kata IU menceritakan kesibukannya selama 2019 seperti dilansir dari Allkpop.

7. Alami Gangguan Makan

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Getty Images


Pada 2014, IU mengungkapkan dia didiagnosis dengan bulimia, gangguan emosional yang melibatkan citra tubuh dan keinginan obsesif untuk menurunkan berat badan, yang dapat menyebabkan depresi dan muntah yang disebabkan oleh diri sendiri.

"Karena aku sangat stres, bahkan hal terkecil pun akan membuat kulitku merinding. Aku benar-benar tidak bahagia. Begitu aku mulai tidak menyukai diriku sendiri, tidak ada akhirnya. Aku terus menggali lebih dalam dan lebih dalam ke dalam lubang untuk mengasihani diri sendiri. Aku sangat lesu dan merasa hanya punya dua pilihan, tidur atau makan. Jadi, setiap kali aku tidak tidur, aku makan berlebihan," cerita artis kelahiran 1993 itu.



8. IU Berhati Emas

Pada 2015, IU menyumbangkan $ 100.000 USD atau Rp 1,3 miliar untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. IU telah mendukung beasiswa di SMA tempat dia berasal, untuk mengirim empat siswa berprestasi yang membutuhkan ke perguruan tinggi. IU juga telah menyumbangkan buku ke perpustakaan sekolah menengah dan mengirimkan dana pendukung untuk tujuan pendidikan.

Pada 2019, IU diketahui memberikan hadiah untuk penggemarnya mencapai $ 15 ribu USD atau sekitar Rp 210 juta. Hal tersebut pun membuat pemain My Ahjussi ini dijuluki sebagai artis berhati malaikat.

Saat datang ke Indonesia untuk konser, IU bahkan membawakan camilan dan makanan ringan khas Korea untuk penggemarnya yang sudah menunggunya di Jakarta.

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Twitter


"IU memiliki hati yang manis. Dia membawa makanan ringan Korea untuk para penggemarnya di Indonesia dan ketika dia kembali ke Korea, dia membawa makanan ringan Indonesia untuk para penggemar Korea-nya," tulis netizen @woojinis di Twitter.

9. Kehilangan Sahabat

Ketika Jonghyun SHINee meninggal, hati IU hancur, bersama dengan jutaan penggemar lain di seluruh dunia. Dia menghargai persahabatannya dengan Jonghyun, yang menulis lagu untuknya "A Gloomy Clock". Sebulan setelah Jonghyun meninggal secara mendadak, IU menyampaikan pidato yang memilukan di Golden Disk Awards 2018 dan meminta maaf karena tidak menyadari keadaan kesedihan sang sahabat sebelumnya.
Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Instagram/Pinterest


"Saya percaya kita harus tertawa ketika kita bahagia, menangis ketika kita sedih. Tidak apa-apa untuk merasa lelah atau sakit. Hal-hal ini alami, dan saya berharap kita semua dapat menunjukkan dan menerima hal-hal alami ini. Rekan-rekan seniman, tugas kita adalah menghibur orang lain dan baguslah kita berusaha untuk menjadi profesional dengan menyembunyikan perasaan kita, tetapi kita harus benar-benar melihat ke dalam diri kita sendiri dan mengurus kebutuhan kita juga," ucap IU



10. IU Berusaha untuk Mengenal Dirinya Lebih Baik

Fakta tentang IUFakta tentang IU Foto: Instagram/Pinterest


Selama wawancara dengan Majalah CeCi, IU berbicara tentang dirinya. Dia berbicara tentang bagaimana ia sadar untuk mengingat bahwa dirinya tidak boleh menjadi sombong.

"Saya telah membangun harga diri. Saya benar-benar pandai melihat diri saya. Itu bisa dianggap sebagai kelemahan, tapi saya pikir itu kekuatan. Saya tahu persis siapa saya, jadi saya tidak akan pernah menjadi sombong," ungkap IU



Simak Video "Sejumlah Merek Fashion Dunia Ikut Produksi Masker untuk Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)