Donald Trump Dikritik, Baru Pakai Masker di Depan Publik Setelah 4 Bulan

Hestianingsih - wolipop Senin, 13 Jul 2020 08:30 WIB
Presiden AS Donald Trump mengenakan masker pertama kali di depan umum ketika ia mengunjungi Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland pada 11 Juli 2020. (Foto oleh ALEX EDELMAN / AFP) Donald Trump pakai masker untuk pertamakalinya dalam empat bulan. Foto: AFP/ALEX EDELMAN
Jakarta -

Donald Trump untuk pertamakalinya memakai masker di depan publik saat mengunjungi Walter Reed National Military Medical Center, Sabtu (11/07/2020). Keputusan Presiden Amerika Serikat yang akhirnya mau pakai masker pun bikin geger dan mencuri perhatian banyak orang, termasuk mantan wakil presiden AS, Joe Biden.

Namun bukan pujian yang dilontarkan Joe, melainkan kritikan. Menurutnya Donald Trump terlalu lama sampai akhirnya mau mengikuti protokol kesehatan yang telah direkomendasikan para ahli kesehatan sejak empat bulan lalu.

"Donald Trump berbulan-bulan mengabaikan nasihat para ahli medis dan mempolitisasi pemakaian masker, salah satu hal terpenting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus," kata juru bicara Joe Biden, Andrew Bates, dalam pernyataannya seperti dikutip dari People.

Dia melanjutkan, "Alih-alih bertanggungjawab dan memimpin, dia membuang-buang waktu empat bulan dan membuat orang Amerika berkorban dengan memicu perpecahan dan secara aktif membuat orang enggan melakukan hal paling mendasar untuk melindungi satu sama lain."

Democratic presidential candidate, former Vice President Joe Biden wears a face mask to protect against the spread of the new coronavirus as he and Jill Biden depart after placing a wreath at the Delaware Memorial Bridge Veterans Memorial Park, Monday, May 25, 2020, in New Castle, Del. (AP Photo/Patrick Semansky)Joe Biden, mantan wakil presiden AS yang kritik Donald Trump. Foto: AP Photo/Patrick Semansky

Pada hari itu Donald Trump berkunjung ke rumah sakit militer untuk menjenguk para prajurit yang sedang dirawat dan garda depan penanganan COVID-19. Sebelum meninggalkan Gedung Putih untuk menuju rumah sakit, pria 74 tahun ini mengatakan bahwa dia memang berencana memakai masker selama kunjungan tersebut.

"Menurut saya ketika berada di rumah sakit, terutama dalam situasi tertentu, di mana kamu berbincang dengan banyak prajurit dan orang-orang yang pada beberapa kasus, baru saja selesai operasi, ya pakai masker," kata Donald Trump.

Dia juga menegaskan tak pernah mendorong orang-orang untuk tidak pakai masker.

"Saya tidak pernah menolak (pemakaian) masker, tapi saya percaya ada waktu dan tempatnya (yang tepat untuk memakai masker -red)," pungkas Donald Trump.



Simak Video "Tren Masker Premium di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)