Aktris Ini Sempat Sekarat karena Anoreksia, Divonis Meninggal Dalam 24 Jam

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 13 Jun 2020 13:52 WIB
gemma oaten Foto: Getty Images/Jeff Spicer
Jakarta -

Aktris Inggris Gemma Oaten terlihat bersinar dan sehat, namun di masa lalunya sang aktris pernah menderita gangguan makan anoreksia. Gemma Oaten bahkan pernah divonis dokter hanya bisa bertahan hidup dalam 24 jam.

Gemma menderita gangguan makan saat usianya 10 tahun. Saat itu ia selalu merasa gemuk sehingga menolak untuk makan. Orangtua Gemma mulai khawatir, namun saat dibawa rumah sakit, dokter tidak mengatakan bahwa dirinya memiliki masalah gangguan makan karena berat badannya masih terbilang ideal.


Namun dua tahun setelahnya, saat usianya 12 tahun, masalah muncul. Gemma yang sudah sangat kurus divonis dokter bisa meninggal dalam waktu 24 jam jika tidak makan. Dalam waktu beberapa tahun kemudian, Gemma pun jadi sering bolak-balik rumah sakit untuk mendapatkan bantuan nutrisi dari obat dan infus.

"Aku harus dibantu obat-obatan, dipompa dengan kalori dan kalium. Saat itu tidak ada bantuan amal atau diperlakukan spesial," ucap Gemma yang mengaku bahwa biaya pengobatannya yang cukup mahal.

Dari situ orangtua Gemma membuat organisasi amal SEED Eating Disorders Support Services. Gemma pun aktif dalam organisasi tersebut untuk mengedukasi anak-anak muda tentang bahaya anoreksia.

Untungnya, Gemma telah pulih dari anoreksia dalam 13 tahun ini. Meski begitu setiap hari dia wajib minum obat untuk membantu kandung kemihnya, yang melemah akibat masalah usus. Ditambah obat pencahar untuk mengurangi tekanan pada ususnya.


"Di usia 36, ini hal yang tidak menyenangkan untuk dikatakan, tapi ini membuat orang tahu ada efek jangka panjang," ucap Gemma.

Gemma Oaten membintangi drama Emmerdale. Sebelum menjadi aktris, Gemma hidup sederhana, bahkan pernah menjadi pelayan dan tukang bersih-bersih.



Simak Video "Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Rajut Lokal!"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)