'George Floyd Challenge' Viral, Tantangan di Medsos yang Bikin Netizen Geram

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 05 Jun 2020 17:31 WIB
George Floyd Challenge George Floyd Challenge / Foto: Twitter
Jakarta -

Semenjak kematian George Floyd, seruan 'Black Lives Matter' atau 'Nyawa Orang Kulit Hitam itu Penting' banyak digunakan sebagai bentuk protes masyarakat terhadap tindakan rasisme. Sayangnya, beberapa orang justru membuat lelucon dari kejadian tersebut melalui sebuah tantangan yang disebut 'George Floyd Challenge'.

Seperti dikutip dari World of Buzz, baru-baru ini muncul tantangan George Floyd yang telah cukup banyak diikuti oleh para pengguna internet. Tantangan itu mengharuskan para pengikutnya untuk memerankan kembali cara George Floyd terbunuh, seperti dalam videonya yang viral di internet.

Foto-foto tantangan yang memperlihatkan salah satu orang berlutut di atas leher orang lainnya itu lalu banyak beredar di media sosial dan menimbulkan banyak perdebatan. Tidak sedikit netizen yang meminta para pelaku 'George Floyd Challenge' itu segera diidentifikasi.

George Floyd ChallengeGeorge Floyd Challenge Foto: Twitter

"Ini SANGAT MENJIJIKAN, dan jika kamu berpikir bahwa ini lucu, kamu mungkin memiliki masalah. Untuk orang-orang yang saya ikuti jika saya mendapatkanmu melakukan ini #GeorgeFloydChallenge maka saya sendiri akan mengacaukanmu. #BlackLivesMatter," kata salah seorang pengguna Twitter.

George Floyd ChallengeGeorge Floyd Challenge Foto: Twitter

"Bagaimana mungkin saat orang sedang hampir mati di luar, seluruh komunitas afro mengatakan dengan keras, bahwa #CukupSudahCukup, dan kita berjuang untuk hak-hak kita & menuntut perubahan sosial tentang bagaimana kekuasaan semestinya. Kamu datang dengan tantangan menjijikkan ini #GeorgeFloydChallenge ? MEMALUKAN," komentar pengguna Twitter lainnya.

Menurut NY Post tren ini awalnya berasal dari tiga orang remaja Inggris yang ditangkap dan diinvestigasi karena berpose mirip dengan cara George Floyd meninggal. Ketiganya tersebut dituduh telah melakukan kejahatan dengan kebencian.

Tidak lama setelahnya, banyak foto-foto dengan pose serupa menyebar di media sosial dengan tulisan "George Floyd Challenge." Untungnya saat ini tren tersebut mulai mereda karena sudah tidak ditemukan foto-foto baru lagi terkait tantangan tersebut.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)