Kisah Gadis 13 Tahun Daki Gunung Everest dari Rumah Demi Pengobatan Ayahnya

Vina Oktiani - wolipop Senin, 01 Jun 2020 10:18 WIB
Issy Maclay Foto: Dok. Just Giving
Jakarta -

Setiap orang pasti akan berkorban untuk orang yang disayanginya. Hal itu yang coba dilakukan oleh seorang anak perempuan berusia 13 tahun. Demi mengumpulkan uang bagi sang ayah yang sakit, remaja perempuan bernama Issy Maclay itu rela mendaki hingga setinggi Gunung Everest.

Seperti dikutip dari Metro, ayah Issy yang tengah melakukan perawatan penyakit tumor otak di Southampton Hospital membutuhkan banyak biaya untuk pengobatannya, sehingga Issy memutuskan untuk melakukan pendakian. Sebelumnya, Issy sudah pernah mendaki setinggi 8,8 km. Kali ini, demi mendapatkan sekitar Rp 144 juta untuk stimulator kortikal, Issy akan melakukan pendakian keduanya.

Uniknya, pendakian yang dilakukan oleh Issy bukanlah di gunung, melainkan di tangga rumahnya sendiri, mengingat aturan isolasi diri yang masih diberlakukan demi melawan pandemi Corona. Setiap harinya, Issy bisa menaiki tangga hingga 109 kali dan bersepeda serta berjalan menanjak. Issy mengatakan bahwa dia akan terus melakukan hal itu selama sebulan atau lebih.

Issy MaclayIssy Maclay Foto: dok. Just Giving/Issy Maclay

"Saat isolasi diri, saya merasa banyak memiliki waktu dan karena saudara lelaki saya telah melakukan sesuatu untuk amal tumor otak (ayah-red), maka saya juga ingin melakukan sesuatu untuk menunjukkan kepedulian saya," kata Issy.

Issy mengatakan bahwa pendakian pertamanya membutuhkan waktu selama 21 hari. Selama melakukan aksinya itu, Issy juga dibantu oleh sang ayah yang membacakan buku untuknya dengan suara keras. Hal itu ditujukan untuk mengalihkan perhatian Issy dari rasa sakit dan pegal karena memanjat terlalu banyak tangga. Sampai kemarin, kabarnya Issy telah berhasil memanjat setinggi 4,3 km, artinya dia hampir berada di base camp jika disamakan dengan pendakian di Gunung Everest.

Apa yang dilakukan oleh Issy sangatlah menginspirasi dan banyak didukung oleh nama-nama besar di dunia petualangan. Kamu bisa menemukan penggalangan dana untuk Issy dan ayahnya di website JustGiving.



Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)