Viral, Jurnalis Berikan Sepatu Miliknya ke Pekerja yang Mudik Jalan Kaki

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 16 Mei 2020 20:00 WIB
India terapkan lockdown nasional beberapa waktu lalu. Meski dilarang keluar rumah, warga India ramai-ramai tinggalkan kota untuk kembali ke kampung halaman. Ilustrasi pekerja migran jalan kaki. Foto: AP Photo/Altaf Qadri
Ambala -

Seorang jurnalis jadi viral dan dipuji karena aksinya saat meliput kondisi para pekerja migran India yang berjalan kaki hingga ribuan kilometer untuk sampai ke kampung halaman. Mereka merupakan pekerja migran yang kena imbas dirumahkan akibat lockdown yang diberlakukan pemerintah India.

Salman Ravi, reporter BBC, bertugas mewawancarai beberapa pekerja migran yang jalan kaki dari Ambala, sebuah distrik di Haryana menuju Kantor Pemerintah India di Delhi. Saat menemui salah satu imigran yang sedang menggendong anaknya, Salman pun bertanya kenapa dia jalan kaki tanpa memakai alas kaki.

Pekerja migran itu pun menjawab bahwa dia terpaksa menahan sakit dan panas selama perjalanan karena sandalnya rusak. Mendengar jawaban itu, Salman berhenti sejenak dan memberikan sepatunya.




Momen haru itu terekam di video dan kemudian dibagikan akun resmi BBC News Hindi di Twitter pada Jumat (15/5/2020). Tak lama setelahnya, video tersebut viral dengan 4.200 like dan 1.900 retweet.

Seperti dikutip dari Scopp Whoop, para pekerja ini mencoba menuju distrik Chattapur di Madhya Pradesh. Namun perbatasan antara Ambala dan Madhya Pradesh ditutup dan mereka tak diperbolehkan melewatinya. Alhasil kini ratusan orang dan anak-anak terlunta-lunta di jalan.

Salman Ravi pun mengikuti perjalanan mereka dan berhasil menemukan tempat pengungsian untuk mereka sekadar beristirahat dengan dibantu pihak kepolisian Faridabad, kota di Haryana, yang berbatasan langsung dengan New Delhi. Pemerintah daerah Haryana pun kini sedang berusaha mengatur perjalanan kereta api agar pekerja migran dan keluarganya bisa pulang.

"Finally followed them n managed to find shelter for migrant family. See the smile on the kids' faces. Did my duty. Thanks to ⁦@FBDPolice," tulis Salman Ravi di Twitter.


Aksi Salman Ravi banjir pujian. Warga Twitter salut dan kagum dengan kepeduliannya terhadap pekerja migran di tengah tugasnya sebagai jurnalis yang meliput berita.

"Thank you @salmanravi. Your gesture to the migrant labourer is proof enough that we can't remain unmoved by the suffering around us.
God bless," puji netizen di Twitter.




"Great gesture sir, government should learn from these people & their intention to help these poor migrants...!" cuit netizen lagi.

"The best thing I have come across in a long long ...very long time.. #HappyTears thank you so much for showing this.. I am indebted to you sir! @salmanravi," komentar netizen lainnya.

Sejak akhir Maret 2020, pemerintah India melakukan lockdown demi mencegah penyebaran virus Corona. Kebijakan itu menyebabkan transportasi publik tak beroperasi.

Hal ini mengakibatkan beberapa warga dengan kelas ekonomi ke bawah memilih untuk mudik dengan berjalan kaki ke kampung halamannya. Termasuk para pekerja migran.



Simak Video "Lockdown karena Corona, Bisa Nikah Online di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)