Fun Fact: Ini Alasan Botol Minuman Soda Punya Tonjolan 'Kaki' di Bawahnya

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 09 Mei 2020 11:03 WIB
Botol plastik minuman soda memiliki lima tonjolan di bagian bawah. Bentuk botol minuman soda dengan lima tonjolan kaki di bawahnya. Foto: Getty Images/evemilla
Jakarta -

Kamu yang hobi minum soft drink mungkin menyadari kalau botol soda yang terbuat dari plastik punya bentuk berbeda dari kemasan minuman lainnya. Minuman bersoda biasanya dikemas dalam botol plastik dengan lima tonjolan di bagian bawah.

Sementara botol air mineral, sari buah, teh atau minuman non-soda lainnya ditempatkan dalam botol yang bawahnya cenderung datar atau sedikit cekung. Sebuah detail kecil dan sering terabaikan tapi ternyata ada tujuannya.

Alasan kenapa bentuk botol plastik minuman soda yang sering kita temui di banyak supermarket atau minimarket ini cukup menarik. Apa menariknya?

Bentuk botol minuman soda dengan lima tonjolan kaki di bawahnya.Bentuk botol minuman soda dengan lima tonjolan kaki di bawahnya. Foto: Getty Images/MediaProduction


Lima tonjolan di bagian bawah bertujuan meningkatkan ketahanan botol untuk bisa menampung minuman bersoda atau soft drink dengan baik. Kandungan soda membuat bagian dalam terisi oleh gas dan akan menambah tekanan pada botol.

Seperti dikutip dari The Brain Maze, tonjolan-tonjolan tersebut akan membantu botol tetap berdiri tegak. Selain itu bentuk 'berkaki' ini juga mengurangi goncangan ketika botol tidak sengaja terjatuh, mencegah tutupnya mencuat dan isi di dalamnya tumpah.

Botol plastik air mineral bagian bawahnya cenderung lebih datar.Botol plastik air mineral bagian bawahnya cenderung lebih datar. Foto: Getty Images/iStockphoto/scanrail


Untuk mengetesnya, kamu bisa beli minuman soda yang dikemas dalam botol plastik. Setelah isinya habis, coba remukkan dengan kedua tangan. Bagian atas botol akan sangat mudah remuk tapi bagian bawahnya akan terasa keras dan lebih sulit diremukkan.

Botol minuman soda juga biasanya makin ke atas makin kecil. Ini juga ada alasannya. Desain botol yang mengecil ke atas akan menurunkan pusat gravitasi sehingga menambah stabilitas botol agar tidak mudah goyah atau jatuh.



Simak Video "Unik! Kelompok Selam Ini Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Masker Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)