Cerita Seniman yang Viral Karena Membuat Sandal Jepit Berwajah Najwa Shihab

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 06 Mei 2020 08:40 WIB
sneakers Najwa Shihab Najwa Shihab. Foto: Instagram/@najwashihab
Jakarta -

Seorang seniman asal Purwokerto mendadak viral setelah hasil karyanya diunggah ulang oleh Najwa Shihab. Sebelumnya, pria bernama Try Bayern itu mengunggah video yang memperlihatkan proses memahat sandal jepit hingga berbentuk gambar wajah Najwa Shihab di akun Instagram pribadinya, @try_bayern.

Video tersebut diunggah pada 27 Maret 2020 dengan diberi keterangan, "Yang di rumah bingung mau ngapain bikin kek gini aja.. semoga COVID-19 cepet hilang.. dan kita bisa kembali aktivitas seperti sedia kala... tetep jaga kesehatan sob."

Tak lupa dia juga mencantumkan akun Instagram Najwa Shihab di akhir tulisan keterangan unggahannya tersebut. Tak disangka, video itu justru diunggah ulang oleh Najwa Shihab dan menjadi viral. Padahal awalnya, Try mengaku hanya iseng melakukannya.


"Kebetulan waktu itu banyak sandal yang masih tebal tapi sayang putus sebelah, makanya aku iseng bikin wajah kak Najwa. Malah beliau repost," kata Try Bayern saat diwawacarai Wolipop via Whatsapp pada Selasa (5/5/20).

Try juga mengatakan sebenarnya sebelum ini, Najwa juga pernah mengunggah ulang postingan lukisan pasir wajah yang dibuat olehnya. Namun kali ini Try tidak mengira karyanya tersebut akan menjadi viral.

[Gambas:Instagram]




Menurut penuturan Try, ini adalah kali pertama dirinya menggunakan media sandal jepit. Sebelumnya, Try biasanya menggunakan pasir sebagai media untuk melukis.

"Agak sulit sedikit kalau pakai sandal soalnya karet kan lentur, beda sama pasir," jelas Try.


Proses membuat sandal jepit bergambar wajah Najwa Shihab tidaklah mudah. Try mengaku menghabiskan waktu hingga sekitar satu jam.

Untuk memahatnya, Try menggunakan pisau, silet, cutter, dan juga gunting. Saat ditanya seputar alasan memilih Najwa Shihab sebagai model karyanya, Try mengatakan bahwa itu karena dirinya mengagumi sosok Najwa.

"Iya, suka banget sama beliau.. beliau inspirasi bagi saya... mungkin salah satu wanita paling berpengaruh di Indonesia," kata Try.

Semenjak postingannya viral, Try mengaku semakin banyak yang menyukai hasil-hasil karyanya. Ia juga banyak mendapat permintaan untuk membuat lukisan pasir.

Biasanya, lukisan-lukisan pasir tersebut dijual dalam bentuk file oleh Try. Tapi khusus untuk sandal jepit bergambar wajah hasil karyanya, Try mengatakan bahwa itu khusus ditujukan untuk Najwa Shihab dan tidak dijual.



Simak Video "Finalis Puteri Indonesia Tak Hafal Pancasila, Najwa Shihab Membela"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/hst)