Kisah Kebaikan di Tengah Corona, Juragan Kontrakan Gratiskan Sewa Sebulan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 10 Apr 2020 11:00 WIB
New York Foto: Istimewa/Mario Salerno
Jakarta -

Selalu ada kisah kebaikan di tengah peristiwa bencana. Mario Salerno, seorang warga New York, dijuluki pahlawan kemanusiaan karena toleransinya yang besar kepada orang-orang yang terkena dampak ekonomi dari pandemi virus Corona.

Seperti diketahui, virus Corona telah menyebabkan banyak bisnis tutup, dan ratusan ribu orang kehilangan mata pencahariannya. Hal ini berimbas banyak orang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk membayar sewa tempat tinggal.

Untuk sedikit meringankan beban mereka yang sedang kesusahan, Mario Salerno membebaskan biaya sewa kepada sejumlah tenant yang menempati gedungnya, khusus di Bulan April ini. Kebaikannya pun menjadi pemberitaan dan mendapat pujian.



Pria 59 tahun ini memiliki 18 gedung apartemen di kawasan Brooklyn yang semuanya disewakan sebagai tempat tinggal. Karena banyak penyewa yang jadi korban PHK, dia memutuskan tidak menagih uang sewa selama satu bulan pada April 2020.

Mario Salerno, juragan kontrakan di New York gratiskan biaya sewa sebulan karena coronaMario Salerno, juragan kontrakan di New York gratiskan biaya sewa sebulan karena corona Foto: Istimewa



Mario Salerno pun membuat pengumuman yang dipasang pada masing-masing gedung apartemen miliknya. Tulisan menyebutkan bahwa mereka tidak perlu bayar uang sewa untuk bulan ini.

"Karena peristiwa pandemi virus Corona COVID-19 ini memengaruhi kita semua, saya membebaskan uang sewa untuk Bulan April, 2020. Jaga diri, bantulah tetanggamu dan cuci tanganmu! Terima kasih, Mario," tulisnya.

Kepada New York Times, Mario Salerno mengatakan dirinya tidak masalah kehilangan uang sewa apartemen selama satu bulan. Padahal jumlah kamar apartemen yang dimilikinya terbilang banyak. Total ada 200 - 300 tenant yang menghuni apartemennya.



Tak menagih uang sewa selama satu bulan tentu bukan tanpa risiko. Dia akan kehilangan pemasukan hingga ratusan ribu dollar. Namun menurutnya tak ada yang lebih penting dari menjaga kesehatan para penghuni apartemen, baik secara fisik maupun mental. Keinginannya hanyalah bisa meringankan beban bagi mereka.

"Yang aku pedulikan adalah kesehatan untuk semuanya. Aku bilang pada mereka cukup perhatikan sesama tetangga dan pastikan setiap orang punya makanan," kata Mario Salerno.

Keputusan ini dia ambil setelah sejumlah tenant mengirimkan surat bahwa mereka tidak dapat membayar sewa lagi. Tiga penghuni asal Irlandia bahkan harus berkemas dan pulang ke negaranya.

Para penghuni mengaku terkejut tapi juga lega dengan tindakan Mario Salerno. Sebab tidak banyak pemilik apartemen yang mempedulikan penghuninya di saat sulit seperti ini.

"Kamu tidak sering menemukannya, terutama dalam hubungan antara pemilik-penghuni di New York City. Dia mengagumkan," kata salah satu tenant.





Simak Video "Lockdown karena Corona, Bisa Nikah Online di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)