Kebaikan Para Figur Publik di Tengah Krisis Corona yang Patut Ditiru

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 29 Mar 2020 14:22 WIB
Najwa Shihab Najwa Shihab ikut menggalang dana untuk penanganan wabah virus corona di Indonesia. (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Jumlah kasus virus corona yang ada di Indonesia semakin meningkat. Menurut situs corona.jakarta.go.id, per tanggal 29 Maret 2020, sudah ada 1.155 kasus positif, 994 orang yang dirawat, 59 orang dinyatakan sembuh dan 102 orang meninggal dunia.

Krisis tersebut lantas menggugah hati para figur publik untuk mengulurkan tangan. Para selebgram, desainer dan pesohor lain bahu-membahu memberikan bantuan dana, baik bagi pasien COVID-19, maupun tenaga medis yang berada di garda terdepan menangani pandemi global ini. Ada pula yang membantu mempromosikan usaha rumahan atau umkm yang bisnisnya terdampak wabah virus corona. Aksi pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) juga dilakukan.

Siapa saja sosok dermawan yang berbuat baik di tengah krisis virus corona?


1. Gofar Hilman

(Foto: Instagram)

Penyiar radio dan Youtuber Gofar Hilman memberikan donasi untuk para tenaga medis yang tengah berjuang menangani pasien COVID-19. Gofar yang mempunyai bisnis kuliner membagikan burger bagi tenaga medis. "Sekadar cemilan buat teman-teman dari @lawless.burgerbar," tulis Gofar pada Jumat (27/2/2020). Aksinya tersebut lantas mengundang pujian warganet. "Bang sehat sehat lo yaaaaa makin sukses @pergijauh," kata akun @pampam_ndud. "Semoga usaha nya makin berkah bang ," kata @sidiq_wiranata. "Tuhan akan membalas semuanya bang," tulis akun @_cengkehnastar.

2.Enzy Storia Leovarisa

Foto: Ismail/detikHOT

Semenjak kasus visur corona melanda di Indonesia, aktirs dan pembawa acara Enzy Storia Leovarisa bersama dengan temannya Dion Mulya memberikan bantuan berupa dana untuk pasien yang merupakan tulang punggung keluarga.


"Bisa teman, tetangga, keluarga atau siapapun yang kalian kenal dan tulang punggung keluarganya terkena Corona atau Pasien dalam pengawasan (PDP) dan tergolong dari keluarga yang kurang mampu bisa lgsg DM @dionmulya ya atau ke saya. Semoga ini bisa setidaknya meringankan beban teman teman yang membutuhkan dan semoga cepet pulih kembali semuanya 🥺 " tulis Enzy pada (18/3/2020).



3. Dr. Tirta

Foto: Instagram dr.tirta

Saat virus Corona semakin merajalela, dr Tirta tak melupakan tugasnya untuk mengabdi pada masyarakat. Dalam video podcast yang juga tayang di YouTube Deddy Corbuzier, dr Tirta mengungkapkan dia terjun lagi ke dunia medis namun bukan sebagai dokter yang merawat pasien. "Aku memberikan info di sini kenapa aku terjun lagi memberikan edukasi, terjun lagi jadi agen preventif," ucap dr Tirta. Ia juga memberikan bantuan berupa APD, berupa face shield dan hazmat ke beberapa rumah sakit.

4. Nadine Chandrawinata

Foto: Instagram

Nadine menggalang dana untuk para tenaga medis bersama dengan organisasi yang didirikannya, Seasoldier. Melalui Instastorynya hingga Sabtu (28/2/2020) telah terkumpul dana sebesar Rp 15.050.000,- dari target Rp 20.000.000,- untuk pembelian APD untuk para tenaga medis.

5. Danilla Riyadi

(Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)

Selanjutnya kisah kebaikan di tengah corona juga dilakukan oleh musisi dan penyanyi Danilla Riyadi, penggalangan dana berupa perlengkapan APD bagi tenaga medis, melalui akun Youtubenya pada Sabtu (28/3/2020).

"Teman-teman, biarpun semua pentas batal, produktivitas jangan juga ikut batal. Tanggal 28 Maret ini, Danilla bekerjasama dengan loket.com akan melakukan sesi latihan yang bisa kalian pantau melalui kanal youtube. Kegiatan kecil ini pun diselenggarakan sembari menggalang patungan yang semua hasilnya akan dialokasikan untuk membantu penyediaan APD para tenaga medis yang berjuang di garda depan melawan Covid-19. Jaga kesehatan, jaga kebersihan, jangan lupa cuci tangan. Mari kita berdoa agar semua ini lekas usai," tulis wanita yang disapa cici Danila itu.



6. Amrazing

Foto: Instagram

Beberapa sektor terkena imbas dari virus corona ini, termasuk para usaha mikro kecil menangah (UMKM) yang penjualannya merosot tajam. Karena alasan itu, mendorong Alexander Thian atau dikenal dengan Amrazing, membuat kesempatan bagi para umkm mempromosikan usahanya dan akan dipilih oleh Alex untuk dikirim ke 10 followers.

"Untuk kalian yang usahanya kena imbas, silakan tulis di kolom komentar di bawah, jelaskan apa makanan yang kalian jual, akun ig-nya, pokoknya selengkap mungkin, ya. Setiap hari aku akan memilih satu dan pesan makanan dari kalian, untuk dikirimkan ke 10 orang followers akun ini. Nanti aku akan bikin pengumuman di instagram story aku, setiap hari selama 10 hari. Jadi akan ada 10 pemilik usaha makanan yang aku pilih, aku beli 10 porsi (total 100 porsi untuk 100 orang). Yang pilih pemenang, ya kalian pemilik usaha. Ongkir akan aku tanggung juga. I know it's not much, but I do hope I can help a bit. Plus, kalian bisa menjadikan kolom komen di postingan ini sebagai ajang untuk mempromosikan usaha makanan kalian. Jadi, silakan. Jangan ragu. Hwaiting, teman-teman. P.S: buat yang punya rezeki lebih dan ingin mengadopsi cara serupa, silakan lho. Berbagi itu menyenangkan," tulis Alex.



7. Najwa Shihab

(Foto: Hanif Hawari/detikcom)

Najwa Shibab menggandeng para musisi untuk menggalang dana yang bertajuk Solidaritas Melawan Corona dan kini sudah terkumpul dana sebensar Rp 9 M, dari konser musik yang diisi oleh beberapa musisi ternama tanah air.
"Alhamdulillah...mari terus berdonasi kawan2, banyak sekali yang perlu kita kerjakan barengan. Please klik link di bio..Reposted from @narasi.tv Konser Musik #dirumahaja menggalang donasi selama 4 hari bersama para musisi. Penampilan pamungkas @didikempot_official semalam menjadi momentum donasi yang terkumpul menembus angka 9M.
Terima kasih kawan-kawan yang sudah menonton dan berdonasi serta para musisi yang bernyanyi dengan hati. Kamu masih bisa berdonasi sampai 14 April 2020 melalui kitabisa.com/konserdirumahaja," tulis Najwa pada Minggu (29/3/2020).

8. Edho Zell

Foto: Instagram

Selanjutnya aksi kebaikan ditengah corona dilakukan oleh Youtuber, Edho Zell yang membagi-bagikan makanan gratis untuk buruh, pedagang, tukang parkir, pengemudi, dan pekerja-pekerja non formal lainnya adalah sebagian kecil dari kita yang tidak bisa #dirumahaja.

"Hai teman teman yang lagi makan siang, kemarin aku kepikiran bahwa banyak teman-teman yang masih harus bekerja ke luar rumah karena tekanan ekonomi dan mikir kalau saya gak kerja, hari ini saya makan apa? Jadi kita bekerja sama dengan @wahyoo.group dan @kitabisacom mau ajak kalian untuk bergabung di gerakan kita, supaya semua bisa #dirumahaja , eh ya bisa pakai GoPay loh.
Bayangkan 1 orang sumbang 1000 rupiah aja kalau di kali 10.000 orang aja udah 10.000.000 loh. Jangan ragu bergerak!"

9. Yclionk

Foto: Instagram

Perancang gaun pengantin, Yclionk membuat hazmat untuk digunakan oleh petugas medis yang bekerja menangani langsung pasien virus corona.

"HAZMAT SUIT MADE FOR DONATE YCL jait ini dan akan disumbangkan ke dokter2 perawat2 secara gratis. Smoga berguna buat dokter2 perawat2 yg lagi berjuang untuk kita semua. Terimakasih ya dokter2. Kalian hebat !!!! Semangat terus. #CORONAPASTIBERLALU #bersamakitabisa #YCL."

10. Adib Hidayat

Foto: Instagram

Pengamat musik Adib Hidayat ikut serta membantu memberikan 5000 masker, 500 masker N95 di total 25 rumah sakit di Indonesia. Dan mencari masker dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis.


"Terimakasih untuk orang-orang baik yang sudah berbagi lewat @kitabisacom sebagai donasi untuk pembelian alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan yang menangani pandemi global #COVID19.. Hari ini Rabu (18/3) pukul 08.00 sudah terkumpul Rp 441 juta dari 5403 orang baik yang berbagi. Mari kita berbagi kebaikan daripada berbagi kemarahan dalam kondisi seperti ini. Link donasi di bio."



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)