Cerita Didiet Maulana Diserang Haters karena Kritik Ria Ricis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 24 Mar 2020 16:18 WIB
s Foto: Ria Ricis / Hanif H
Jakarta -

Desainer Didiet Maulana melalui akun Instagramnya @didietmaulana mengrktisi aksi YouTuber dengan belasan juta followers yang masih tetap syuting saat ada pandemi corona. Meski tak menyebut nama, netizen langsung mengetahui YouTuber yang dimaksud adalah Ria Ricis. Apalagi Didiet juga berkomentar langsung di halaman komentar Ricis.

Saat dikonfirmasi Wolipop, Didiet sendiri mengatakan tergerak untuk berbicara karena dia tak habis pikir, di tengah pandemi corona ini ada orang, yang populer di media sosial, tidak memiliki rasa empati.

"Di era seperti sekarang dengan pandemi yang terjadi kok orang itu nggak punya rasa empati ya. Apa yang dilakukan sekarang itu kan membahayakan karena satu membayakan diri sendiri dan membahayakan keluarga dan juga orang yang tinggal di sekitar situ," ungkap Didiet saat dihubungi melalui telpon, Selasa (24/3/2020).

[Gambas:Instagram]

Kritikan Didiet pada Ria Ricis ini pun viral di berbagai akun gosip di Instagram. Dan dampaknya desainer dengan label IKAT Indonesia itu kini diserang haters. Dia malah dihujat. Ada yang menyebutnya ingin pansos (panja sosial) hingga dianggap ikut campur urusan orang lain.

"Aku sangat sedih sekali karena di Instagram ketika aku naikin itu, banyak sekali yang menghujatku. Mereka melihat pandemi ini bukan sebagai sesuatu, malah menganggap enteng gitu. Kenapa? Karena panutannya bersikap demikian," kata Didiet yang merasa gemas.

Didiet mengatakan influencer yang sudah memiliki banyak pengikut seharusnya dapat mempertanggungjawabkan amanah dan memberikan contoh yang baik bagi pengikutnya.



"18 juta followers, berarti anda punya tanggung jawab terhadap 18 juta jiwa. Kalau kita misalnya kaliin 18 juta ini, satu rumah ada empat orang aja, bisa berapa puluh jiwa kita selamatkan apabila kita punya konten yang sangat baik untuk mendidik. Tetapi, di saat yang sama ada beberapa puluh jiwa yang kita bahayakan, apabila kita punya konten kontroversial dengan keadaan yang sekarang begitu," katanya.

Desainer yang karyanya dipakai menteri hingga artis ini menambahkan, apapun yang dilakukan seorang influencer akan menjadi panutan dan acuan oleh followersnya dalam melakukan sesuatu. Dan ketika panutannya tersebut mengabaikan pandemi virus corona, maka pengikutnya akan berpikir hal yang sama.

Didiet pun menegaskan jika bukan mengatakan jika aksi ini bukan menunjukkan siapa yang benar dan salah. Dia hanya ingin menyadarkan kembali agar orang lebih sadar penyebaran virus corona yang semakin menyebar luas agar bisa segera usai.

[Gambas:Instagram]



Didiet sendiri saat ini ikut tergerak untuk membantu mengatasi penanganan virus Corona dengan membuat penggalangan dana untuk RS Pelni dan RS Tangerang. Donasinya berupa uang dan APD (alat perlindungan diri) untuk para tenaga kesehatan.

"Mereka ini pahlawan, kita bisa lakukan hal terkecil yang bisa kita lakukan untuk mensupport mereka. Kita juga mengirimkan makanan karena driver ojol takut kirim ke rumah sakit. Mudah-mudahan bisa menularkan ke warganet untuk saling berbagi," pungkas Didiet.



Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)