Didiet Maulana Ungkap Alasan 'Semprot' Ria Ricis yang Syuting Saat Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 24 Mar 2020 14:01 WIB
didiet maulana Desainer Didiet Maulana nasihati Ria Ricis yang tetap syuting saat ada virus Corona. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta -

Dari data kasus virus corona COVID-19 melalui situs resmi pemerintah corona.jakarta.go.id, terpantau secara nasional sebanyak 579 kasus positif, 500 orang sedang dirawat, 49 orang meninggal dan 30 orang dinyatakan sembuh. Semakin mengingkatnya jumlah kasus corona ini pemerintah pun menyerukan untuk melakukan social distancing atau berada #dirumahaja untuk memutus mata rantai dari penyebaran virus corona.

Rupanya imbauan social distancing atau #dirumahaja itu masih belum banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Termasuk YouTuber Ria Ricis yang kini sedang banjir kritikan akibat masih tetap syuting saat pemerintah menggalakkan imbauan social distancing. Instagram Ria Ricis diserbu netizen setelah salah satu tetangganya menulis di Twitter mengenai kegelisahannya pada aksi YouTuber dengan followers Instagram lebih dari 18 juta itu. Sang tetangga sudah gerah dengan aksi Ricis yang sering syuting dan mengganggu lingkungan sekitar.

Suara hati tetangga Ria Ricis ini kemudian disambut oleh para netizen dengan kritikan untuk sang YouTuber. Salah satu yang mengkritik keras Ria Ricis adalah desainer Didiet Maulana. Didiet bahkan sampai membuat unggahan di Instagramnya untuk mengkritik Ricis. Dia juga 'menyemprot' langsung adik Oki Setiana Dewi itu di halaman komentar Instagram sang YouTuber.



"Saya tidak pernah pernahnya menulis sesuatu seperti ini. Tetapi ketika ini menyangkut keselamatan orang banyak, hati saya tergerak. Saya lihat di insta story teman saya, bagaimana Anda bikin shooting di rumah (town house) yang melibatkan banyak Crew. Padahal daerah tsb baru tadi pagi disemprot disinfektan. Apalagi follower anda BELASAN JUTA. saya kecewa sekali dengan anda. FOLLOWER BANYAK ITU BERARTI ANDA DIPERCAYA UTK MENYEBARKAN HAL YANG BAIK. Tolong buat yang pada punya rencana shooting atau event atau apapun yg mengundang keramaian..TOLONG PIKIRKAN MASYARAKAT YANG LEBIH LUAS. AMPUN!!!! Gimana bikin kalian sadar bahwa ini PANDEMIK BERBAHAYA! Saya jujur sangat emosional sekali dgn ini," demikian tulis Didiet pada Senin (23/3/2020).

[Gambas:Instagram]



Dikonfirmasi Wolipop, Didiet Maulana mengungkapkan kenapa dirinya begitu emosional hingga 'menyemprot' YouTuber yang sempat terkenal dengan konten squishy itu. Didiet tergerak untuk berbicara karena dia tak habis pikir, di tengah pandemi corona ini ada orang, yang populer di media sosial, tidak memiliki rasa empati.

"Apa yang dilakukannya sekarang itu kan membahayakan karena satu membayakan diri sendiri dan membahayakan keluarga dan juga orang yang tinggal di sekitar situ," kata Didiet saat dihubungi Wolipop, Selasa (24/3/2020).

Desainer dengan label IKAT Indonesia itu menambahkan kritikannya untuk sang YouTuber bukan bermaksud ingin mencari siapa yang benar atau salah. "Saat ini bukan waktunya kita untuk saling adu kekerasan siapa yang benar dan siapa yang salah, tetapi siapa yang bisa selamat dan bisa membantu agar pandemik ini segera usai," jelasnya.

Didiet merasa perlu memberikan nasihat panjang lebar untuk sang Youtuber yang disebutnya memiliki followers belasan juta itu karena menurutnya sebagai seseorang yang populer di media sosial, orang tersebut seharusnya memperhatikan gerak-geriknya. Menurutnya apa yang dilakukan Ria Ricis sudah kebablasan.

[Gambas:Instagram]


"18 juta followers, berarti anda punya tanggung jawab terhadap 18 juta jiwa kalau kita misalnya kaliin 18 juta ini satu rumah ada empat orang aja. bisa berapa puluh jiwa kita selamatkan apabila kita punya konten yang sangat baik untuk mendidik. Tetapi, di saat yang sama ada beberapa puluh jiwa yang kita bahayakan, apabila kita punya konten kontroversial dengan keadaan yang sekarang begitu," ucapnya geram.


Aksi Didiet 'menyemprot' Ria Ricis yang kini viral itu menurut sang desainer juga bisa menjadi imbauan untuk production house lainnya bukan hanya untuk sang YouTuber.

"Apapun itu yang sekarang produksinya sedang berjalan. Saat ini semua produksi berjalan tapi semua orang mati bagaimana? Mau jualan pakai apa? Sekarang nomor satu adalah selamatkan diri kita. selamatkan keluarga kita dan selamatkan orang yang bisa kita selamatkan. Kalau bisa di rumah kenapa harus di luar? Kalau misalnya bilang kita kan cari duit dan lain-lain, insya Allah Tuhan itu tidak menelantarkan makhlukNya," tutur Didiet panjang lebar.

Aksi kontroversial Ria Ricis bukan terjadi kali ini saja saat ada pandemi Corona. Sebelumnya Youtuber yang dikabarkan dekat dengan editor videonya bernama Wildan itu juga pernah membuat sejumlah kehebohan. Dia pernah membuat vlog membuang squishy ke toilet dan laut. Tindakannya itu pun dikritik netizen yang menganggap Ria Ricis memberikan contoh yang tidak baik untuk anak-anak yang menonton videonya. Tak hanya itu, aksi Ria Ricis itu juga dianggap merusak lingkungan.

Ria Ricis juga jadi atensi setelah ia berbagi video di akun Youtubenya berjudul 'Saya Pamit'. Lewat video yang kini telah ditinton 2,2 juta lebih itu, Ria Ricis mengaku akan mundur dari dunia yang membesarkan namanya. Namun ternyata pamitnya itu kebohongan karena beberapa hari setelahnya dia kembali eksis dengan konten baru di YouTube.



Simak Video "Didiet Maulana Imbau Masyarakat Makin Bijak saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)