Melihat Perbedaan Gejala 2 Artis Indonesia yang Positif Corona

Hestianingsih - wolipop Senin, 23 Mar 2020 14:47 WIB
Andrea Dian Andrea Dian, selebriti Indonesia yang mengaku positif virus corona. Foto: Palevi S/detikHOT
Jakarta -

Dua selebriti Indonesia mengaku positif virus corona dan kini sedang menjalani isolasi. Keduanya mengumumkan kondisi mereka melalui Instagram, agar masyarakat lebih waspada, bahwa COVID-19 bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali orang terkenal.

Sama-sama positif virus corona, Detri Warmanto dan Andrea Dian mengalami gejala serupa tapi tak sama. Sebab gejala virus Sars-Cov-2 ini memang sangat bervariasi mulai dari ringan, sedang hingga berat.

Detri Warmanto jadi selebriti Indonesia pertama yang mengumumkan positif virus corona. Ia menyampaikan kabar tersebut lewat Instagram Story.

"Assalamualaikum wr wb...saya baru mendapatkan kabar hari ini, jam 18.00 kalau saya positif Covid 19, setelah test di RSPAD yang dilaksanakan, pada hari Minggu tanggal 15 Maret," buka menantu politikus Tjahjo Kumolo ini.

Melihat Perbedaan Gejala 2 Artis Indonesia yang Positif Corona Detri Warmanto mengumumkan positif virus corona. Foto: Instagram


Detri mengaku tidak mengalami gejala sedikit pun. Keadaannya saat ini baik, hanya saja, dokter menganjurkan dirinya untuk isolasi diri demi mencegah penularan ke orang lain. Detri pun memohon doa agar dia baik-baik saja.

Kondisi Detri ini mirip dengan Idris Elba, aktor Hollywood yang juga positif virus corona, tapi tak merasakan gejala apa pun. Dia melakukan tes sebagai tindakan preventif karena pernah kontak langsung dengan pasien positif corona lainnya.

Berbeda cerita dengan Andrea Dian. Bintang FTV ini menjadi selebriti kedua Indonesia yang mengaku positif virus corona. Dalam unggahan di Instagram, wanita 34 tahun ini dinyatakan positif COVID-19 pada 18 Maret 2020 dan langsung diisolasi di salah satu rumah sakit rujukan.

Andrea Dian mengalami sejumlah gejala sebelum didiagnosa positif virus corona. Dia bercerita awalnya demam dan ketika diperiksa di rumah sakit, diagnosa awal adalah demam berdarah atau DBD. Tak lama setelah itu tubuhnya kembali fit. Namun dia disarankan cek thorax dan cek influenza yang hasilnya bagus. Begitu scan paru-paru, terlihat ada flek di kanan dan kiri.

Melihat Perbedaan Gejala 2 Artis Indonesia yang Positif CoronaAndrea Dian mengumumkan positif virus corona. Foto: instagram


"Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak. Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar positif Covid-19," tulisnya.

Selama di ruang isolasi Andrea Dian pun mengaku sehat dan tidak ada keluhan. Hanya saja dia perlu menjaga imun tubuh karena kondisi autoimun yang diidapnya.

Gejala virus corona memang cukup sulit dilihat pada awalnya. TIdak semua orang yang sudah terinfeksi akan langsung memperlihatkan gejala-gejala awal. Dibutuhkan 2 hingga 14 hari sampai orang yang sudah terinfeksi tersebut mengeluarkan tanda atau ciri-ciri virus Corona. Selama tenggang waktu tersebut bisa saja orang-orang yang terinfeksi tanpa sadar menularkannya kepada orang lain.


Inilah mengapa sangat penting untuk mengisolasi diri di rumah terlebih dahulu selama 2 minggu, terutama bagi orang-orang yang baru saja bepergian ke luar negeri atau melakukan kontak dekat dengan pasien positif virus Corona. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, gejala ringan virus corona paling umum adalah demam disertai batuk dan sesak napas.

Sementara untuk gejala yang lebih berat adalah demam, batuk, sulit bernapas atau napas pendek-pendek. Disertai juga nyeri pada dada. Beberapa pasien juga melaporkan pusing atau tidak mampu menggerakkan tubuh, serta wajah dan bibir tampak membiru.



Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)