Fakta Drama Korea 'Descendants Of The Sun', dari Cinlok hingga Cerai

Tri Suharyati - wolipop Rabu, 11 Mar 2020 05:30 WIB
Descendants of the Sun Foto: KBS 2TV/Fakta Drama Korea 'Descendants Of The Sun', dari Cinlok hingga Cerai
Jakarta -

Serial drama Korea Descendants Of The Sun yang dirilis pada 2016 sempat populer dan menjadi trending di media sosial. Pernah ditolak SBS, drama ini akhirnya tayang di KBS2, dan pernah tayang juga di sejumlah stasiun televisi di indonesia juga di Line.


"Descendants Of The Sun" memiliki 16 episode. Dalam drama ini Soong Jong ki berperan sebagai Kapten yoo Si Jin Tentara Angkatan Darat Korea Selatan dan Song Hye Kyo sebagai Dokter Kang Mo-yeon. Keduanya berhasil membuat kisah dalam drama ini menjadi romantis.


Kisah bermula saat Si-jin dan Sersan Mayor Seo Dae-young (Jin Goo) menangkap seorang pencuri sepeda motor bernama Kim Gi-beom. Musabab melawan Gi-beom terjatuh dan mengalami luka-luka.


Si-jin dan Sersan Mayor Seo Dae-young kemudian membawa Gu-beom ke Rumah Sakit Haesung. Di rumah sakit ini lah bekerja dokter Kang Mo-yeon yang cantik. Si-jin jatuh cinta dan berusaha mencari perhatian Mo-yeon.


Pada saat itu Mo-yeon tidak percaya bahwa Si-jin dan Dae-young benar-benar tentara. Apalagi nama samaran Si-jin adalah "Big Boss" (bos besar). Mo-yeon justru mencurigai mereka berdua adalah gangster yang memukuli Gi-beom.


Si-jin pun meminta bantuan dokter tentara Yoon Myeong-ju yang pernah magang di Rumah Sakit Haesung untuk mengkonfirmasi identitas Si-jin dan Dae-young. Mo-yeon percaya dengan verifikasi Myeong-ju.


Lambat laun, Mo-Yeun membuka hatinya untuk menerima Si-Jin. Mereka pun menjalin asmara. Namun, percekcokan terjadi pada pasangan ini, Si-jin yang merupakan seorang tentara yang bisa saja membunuh orang dalam medan perang. Sedangkan, Mo-Yeun seorang dokter yang harus menyembuhkan orang-orang yang terluka karena terkena serangan saat perang. Hal tersebutlah yang membuat kedua pasangan ini memilih untuk memutuskan hubungannya.


Saat Mo-Yeon memutuskan hubugannya dengan Si-Jin, Dokter cantik ini berubah menjadi dokter elit yang melayani orang kaya. Mo-yeon dipindahtugaskan ke Urk setelah menolak berhubungan seks dengan direktur Rumah Sakit Haesung.


Bersama tim dokternya, Mo-yeon belajar untuk kembali menjadi dokter idealis yang membantu kemanusiaan dengan menghadapi bencana gempa bumi, perang, penculikan, dan penyakit berbahaya.


Di Urk, Mo-yeon juga bertemu kembali dengan Si-jin. Mo-yeon masih bimbang apakah dirinya siap mempunyai kekasih seorang tentara yang dapat meninggalkannya kapan saja. Namun akhirnya, Urk justru memperkuat jalinan kasih mereka berdua.


Setelah kembali ke Korea Selatan, Mo-yeon berencana keluar dari Rumah Sakit Haesung dan membuka klinik sendiri. Namun sayang tak ada bank yang memberinya modal jika Mo-yeon pengangguran. Terpaksa Mo-yeon tetap bekerja di Rumah Sakit Haesung.


Pada saat yang sama Si-jin turut terlibat aktif dalam upaya perdamaian Korea Selatan dengan Korea Utara. Pada saat Tim Alpha dikirim ke Albania untuk misi berikutnya, Si-jin hilang dalam sebuah ledakan.


Semua orang mengira bahwa Si-jin telah meninggal. Mo-yeon pun terpukul dan sangat sedih. Satu tahun kemudian, Mo-yeon pergi Albania untuk menjadi relawan sekaligus peringatan kematian Si-jin. Namun, tiba-tiba Si-jin muncul. Ada bekas luka-luka tubuhnya.


Si-jin pun menceritakan bahwa saat terjadi ledakan ada seorang temannya yang merupakan seorang tentara Korea Utara menolong. Dia pun bisa tetap hidup. Si-jin dan Mo-yeon, dan Dae-young dan Myeong-ju akhirnya bertemu dan bersatu kembali.


Di balik kisah cinta beda profesi ini, terdapat fakta menarik 'Descendants Of The Sun' yang harus kamu tahu dirangkum dari beberapa sumber:


1. Sempat Ditolak Tayang


'Descendants of The Sun' ini sempat ditolak SBS, namun pihak KBS pun menerima izin penyiarannya. Rating drama ini sempat mencapai 14 persen pada episode pertama dan terus meningkat sampai 30 persen di episode ketiga. Bahkan, di episode terakhir ratingnya tercatat 38,8 persen. Ini merupakan rating tertinggi untuk kategori drama.


Tak hanya itu, serial drama ini juga tercatat memecahkan rekor biaya terbesar dibanding drama korea lainnya, yakni mencapai 13 miliar won atau setara dengan Rp 142 miliar. "Descendants of The Sun" juga berhasil memecahkan rekor penjualan termahal di China dan Jepang. Rekor lainnya adalah jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah drama Korea.


2. Pro dan Kontra di Berbagai Negara


Film 'Descendants of The Sun' sempat menjadi perbincangan oleh beberapa negara. Dikutip dari Asia News, Tran Qhuang Thi salah satu reporter media vietnam yang mneyebutkan bahawa film ini bisa mambuat tentara yang masih hidup merasakan sakit hati jika melihat film ini, teringat dengan perjuagan mereka di medan perang.


Lain halnya di Thailand, Prayut Chan Ocha, Perdana Menteri Thailand menyebutkan bahwa drama ini menggambarkan patriotisme dan sikap layaknya tentara sesungguhnya yang rela berkorban demi negaranya. Ia pun lantas mengajak warganya untuk sama-sama menonton drama serial "Descendants Of The Sun" dan mendatangkan Song Joong Ki ke Thailand untuk menyapa penggemarnya.


Berbanding terbaik dengan Thailand, pemerintahan China justru menganggap serial drama ini sangat kontroversi dan berbahaya. Bahkan, Menteri Keamanan Publik China memperingatkan masyarakat akan bahaya menonton drama Song Joong Ki tersebut.


3. Kisah Cinta Song Jong ki dan Song Hye Kyo


Tidak hanya di drama Korea 'Descendants of The Sun' saja mereka menjalin hubungan asmara. Namun, di dunia nyata pun mereka menjalin hubungan karena bermain drama ini alias cinlok. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah, tentu kabar ini merupakan kabar baik untuk penggemarnya walaupun merasakan iri juga.


Tetapi, hubungan suami istri ini tidak bertahan lama. Song Joong Ki menggugat cerai Song Hye Kyo karena masalah kepribadian, dan hal ini pun terjadi sampai mereka berdua benar-benar berpisah dan membuat penggemarnya sedih mendengar kabar ini.


Ternyata kisah cinta dalam drama 'Descendants of The Sun' tidak seindah dalam kehidupan nyata mereka ya.



Simak Video "Berapa Perkiraan Jumlah Harta Gono Gini Song Song Couple?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)