Putri Indonesia 2020 & Miss Universe 2019 Jawab Isu Gender Equality

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Senin, 09 Mar 2020 17:18 WIB
Lazada Foto: Faidah Umu Safuroh
Jakarta -

Menjadi seorang Ratu Kecantikan merupakan pekerjaan besar. Setidaknya itu yang dirasakan Raden Roro (Rr.) Ayu Maulida Putri dan Zozibini Tunzi. Rr. Ayu Maulida Putri merupakan pemenang Putri Indonesia 2020 dan Zozibini Tunzi merupakan Miss Universe 2019.

Kedua ratu kecantikan itu kompak berbicara tentang isu women empowerment yang meng-highlight permasalahan gender equality di seluruh dunia. Bagi Ayu misalnya, gender equality baru ia rasakan keberadaannya di kota-kota metropolitan, tapi tidak sama halnya yang terjadi di pedesaan.

"Mungkin di kota metropolitan kita memang merasa sudah sederajat, Tapi if you know kalau di desa-desa, sometimes it's happens naturally kalau mereka mempersilahkan laki-laki untuk berada di atas mereka," kata Ayuma dalam acara Beauty World yang diselenggarakan Lazada di Capital Place, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Ia berharap para wanita tahu kapasitas diri mereka, nilai-nilai yang mereka punya dan tahu tempat mereka berada. Ia juga berharap para wanita sadar jika mereka memiliki kesetaraan, kesempatan dan mimpi yang sama dengan laki-laki.

Senada dengan Ayuma, Zozibini Tunzi juga mengatakan wanita harus berjuang untuk menyamakan kedudukan antara pria dan wanita dalam segala aspek. Ia menekankan bahwa harus ada peran dari semua orang, termasuk laki-laki, untuk memperjuangkan hal ini.

"Salah satu cara agar pria terlibat dalam gender equality ini adalah dengan tidak 'bodo amat', tidak memalingkan mata saat ada sebuah peristiwa terjadi. Tidak membela seseorang yang sudah jelas-jelas membuat kekerasan terhadap perempuan," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, para pria yang akan menjadi seorang ayah ini juga harus ikut menyiapkan anak laki-lakinya untuk melihat perempuan sebagai seseorang yang setara dengan dirinya. Sehingga saat anak itu bertumbuh, pada saat ia menjadi dewasa tidak perlu banyak modifikasi.

Lewat perannya sebagai Miss Universe, ia ingin memanfaatkan platform ini sebagai media untuk menyebarkan awareness soal isu gender equality ini. Sebab, dengan posisinya saat ini, ia berujar, masyarakat akan menantikan hal-hal yang akan ia ucapkan.

"Saya akan coba lebih menyebarkan awareness karena dari segala perhatian yang ditaruh pada saya, banyak followers saya yang menantikan apa yang akan saya katakan, apa opini saya. Dan saya akan mencoba mendorong agar awareness ini lebih meluas lagi. Inilah yang akan saya lakukan dengan semua pengaruh yang saya miliki saat ini," tandasnya.



Simak Video "InstaTalk!: Ngobrol Bareng Jihane Almira, Runner Up Puteri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)