Tanggapan Puteri Indonesia 2020 Soal Finalis yang 'Kepleset' Isi Pancasila

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 08 Mar 2020 17:05 WIB
puteri indonesia Para juara Puteri Indonesia 2020. Foto: Rengga Sencaya/detikcom
Jakarta -

Malam pemilihan Puteri Indonesia 2020 telah digelar dan menetapkan Rr Ayu Maulida Putri yang merupakan finalis dari Jawa Timur sebagai Puteri Indonesia 2020. Namun tidak hanya hal tersebut yang menjadi sorotan. Salah satu finalis lain yang merupakan perwakilan dari Sumatera Barat, Kalista Iskandar, juga mengundang perhatian karena dirinya salah menyebutkan salah satu sila dalam Pancasila. Menanggapi hal tersebut, beberapa rekannya yang merupakan para juara Puteri Indonesia 2020 turut memberikan komentar.

"Kalau menurut saya ya itu hal yang sangat wajar sebenarnya untuk grogi atau gugup di atas panggung," kata Jihane Almira selaku Putri Indonesia Pariwisata 2020 saat diwawancarai Wolipop di gedung Transmedia pada Minggu (8/3/2020).

Jihane sendiri juga mengaku masih seringkali merasa gugup, terutama saat berada di atas panggung Puteri Indonesia walaupun dirinya memang sudah berasal dari dunia hiburan sebelum mengikuti ajang kecantikan tersebut. Itulah mengapa menurut Jihane sangat wajar jika salah satu rekannya yang mewakili provinsi Sumatera Barat mungkin merasa gugup hingga salah menyebutkan salah satu sila dalam Pancasila.

"Bahkan kemarin pun saya kurang puas dengan jawaban saya. Kok kalau waktu di atas panggung keluarnya cuma segini ya, padahal sebenarnya kalau kita lagi ngobrol atau seperti sekarang bisa panjang lebar," tambah bintang serial Gossip Girl versi Indonesia itu.

Jadi menurut Jihane hal tersebut bisa saja murni terjadi, bukan karena kurang persiapan, melainkan karena gugup. Kedua rekan Jihane lainnya, Ayu serta Ayuma juga mengatakan hal serupa.

"Aku tahu kita tuh selama karatina kita dikasih pembekalan terus mengenai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika. Aku lumayan yakin dari angkatan kita, kita semua sudah paham luar dalam mengenai what it's like to be nationalist. Cuma when it comes to be on stage, it's a different story," kata Putu Ayu Saraswati selaku Puteri Indonesia Lingkungan 2020 saat diwawancarai Wolipop di gedung Transmedia pada Minggu (8/3/2020).

Ayu juga mengaku pernah mengalami hal serupa saat dirinya salah menyebutkan nama sekolah. Saat itu yang disebutkan oleh Ayu justru nama sekolah saingan. Hal itu yang membuatnya kemudian menjadi bahan olokan. Namun menurutnya hal itu adalah hal yang biasa. Apapun bisa terjadi pada siapapun saat berada di atas panggung.

"Because we are all human, we make mistakes, we make something good, tapi ya back then it happened it's happened. There's nothing to worry sebenarnya," tambah Rr Ayu Maulida Putri selaku Puteri Indonesia 2020 saat diwawancarai Wolipop di gedung Transmedia pada Minggu (8/3/2020).

Sama seperti kedua rekannya, menurut Ayu Maulida yang akrab disapa Ayuma itu, melakukan kesalahan adalah hal yang wajar mengingat kita hanyalah manusia yang terkadang melakukan hal baik dan juga buruk. Tidak perlu ada yang dicemaskan mengenai hal tersebut.



Simak Video "30 Ribu Bisa Cukup Buat Seminggu?"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)