Najwa Shihab sampai Emil Dardak Bela Kalista yang 'Kepleset' Sebut Pancasila

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 07 Mar 2020 15:41 WIB
Kalista Iskandar Kalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia 2020 yang 'kepeleset' melafalkan Pancasila. Foto: Instagram/@kalistaiskandar
Jakarta -

Menyusul Melanie Putria, sejumlah figur publik ikut menyuarakan pendapatnya soal Kalista Iskandar, yang 'kepeleset' melafalkan Pancasila saat menjawab pertanyaan dari Bambang Soesatyo di malam final Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3/2020). Najwa Shihab memberikan pandangannya terkait insiden tersebut dengan panjang lebar di akun Instagram miliknya.

Presenter dan produser Mata Najwa tersebut menyatakan siapapun bisa saja mengalami apa yang terjadi pada Kalista Iskandar, finalis wakil Sumatera Barat di Puteri Indonesia 2020. Bahkan untuk orang cerdas maupun tokoh penting sekalipun.

Najwa Shihab pun menengok kembali pengalamannya saat siaran langsung pertama kali. Ia mengaku sangat gugup hingga jadi lupa namanya sendiri.


"Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain," tulisnya.

[Gambas:Instagram]




Wanita 42 tahun ini juga memutar kembali memorinya saat meliput bencana tsunami di Aceh pada 2004 silam. Kondisi yang diliputi kepanikan membuat dia salah menyebut nama kota.

"Teringat juga pengalaman meliput bencana tsunami di Aceh. Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi," lanjutnya.

Najwa Shihab sampai Emil Dardak Bela Kalista yang 'Kepleset' Sebut PancasilaKalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia 2020 yang 'kepeleset' melafalkan Pancasila. Foto: Grandyos/detikFOTO


Oleh karena ini Najwa Shihab mengaku memahami rasa gugup yang dihadapi Kalista Iskandar, yang harus tampil di depan jutaan pasang mata masyarakat Indonesia. Dia pun menulis bahwa Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, juri yang memberikan pertanyaan tentang Pancasila tersebut, pernah berada pada situasi yang kurang lebih mirip dengan Kalista Iskandar.


"Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali," tulisnya lagi.

"We are all humans after all," tutup Najwa Shihab.

Postingan Najwa Shihab lalu mendapat tanggapan dari publik figur lainnya. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memuji pandangan Najwa Shihab terkait insiden Kalista Iskandar yang 'kepeleset' saat menyebutkan Pancasila di babak 6 besar.

"Mba Najwa @najwashihab , terima kasih atas perspektifnya yang menyejukkan πŸ™πŸ™πŸ™ we are all humans after all," tulisnya di kolom komentar.

Begitu pula Ibnu Jamil. Bintang sinetron dan presenter ini mengatakan bahwa dia juga pernah melakukan kesalahan saat membawakan sebuah acara siaran TV.

"Saya pun saat siaran bola liga Inggris pernah menyebut Christian Bale yg seharusnya Gareth Bale..we are humansπŸ™," tulis Ibnu Jamil.

[Gambas:Instagram]




Sarah Sechan pun tak ketinggalan. Lewat postingan Instagram, presenter kenamaan ini menulis bahwa penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari lebih penting ketimbang sekadar menghafal.

"Seberapa penting "hafal Pancasila"? Lebih penting mana; penerapan atau hafalan? Sekolah jaman sekarang beda dgn sekolah saya dulu. Waktu SD yg seumuran dgn saya pasti ingat dan paham betul sekolah lebih banyak menghafal. Kalau sekarang saya tanya Rajata (anak Sarah Sechan) ttg Pancasila, bisa jadi dia juga gak hafal. tapi apakah dia paham betul Tuhan hanya satu dan Tuhan mengajarkan semua agama ttg kebaikan? I hope so," tulis Sarah Sechan panjang lebar.

Najwa Shihab sampai Emil Dardak Bela Kalista yang 'Kepleset' Sebut PancasilaKalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia 2020 yang 'kepeleset' melafalkan Pancasila. Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah/detikFOTO


Dia melanjutkan, "I don't need my son to memorize Pancasila when he understands how to be a kind human and function well in society. sekarang banyak yg hafal Pancasila. tapi penerapannya gimana? and guess what? being questioned and judged in front of millions is never easy. makanya saya gak pernah ikutan beauty pageant. karena bisa jadi pas ditanya nama saat penjurian saya gugup dan jawab Raisa."


Begitu juga penyanyi dan pencipta lagu J Flow. Ikut mengomentari unggahan Sarah Sechan di Instagram, dia menulis, "Yaelah, penyanyi+rapper profesional aja suka lupa lirik lagu yg ditulis sendiri. Stage freight is a real thing, people."

Dukungan pun terus mengalir untuk Kalista Iskandar. Kali ini dari Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

"Great opinion from @najwashihab. Please put yourself in Kalista's shoes. I feel so sad when I see all the comments and headlines this poor girl is getting.. we all make mistakes even the best of us," tulis Fred di Instagram Story.



Simak Video "Finalis Puteri Indonesia Tak Hafal Pancasila, Najwa Shihab Membela"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)