Kisah Cinta Kirk Douglas dan Istri, 66 Tahun Setia Sampai Ajal Menjemput

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 06 Feb 2020 19:15 WIB
circa 1963:  The actor Kirk Douglas with his wife Anne Buydens and their son Peter Vincent Douglas.  (Photo by Keystone/Getty Images) Aktor legendaris Kirk Douglas dan istrinya, Anne Buydens di sebuah acara pada 1962. Kirk Douglas meninggal dalam usia 103 tahun, Rabu (5/2/2020). (Foto: Nat Dallinger/Keystone/Getty Images)
Los Angeles -

Aktor legendaris Kirk Douglas meninggal dalam usia 103 tahun. Seperti umurnya, pernikahan Kirk Douglas dan istri, Anne Buydens, juga berusia panjang. Selama hampir 70 tahun, mereka menjadi pasangan hidup sampai ajal menjemput Kirk.


Pernikahan Kirk Douglas dan Anne Buydens yang bisa langgeng sampai tujuh dekade itu bukan sesuatu yang biasa di Hollywood. Jika bukan karena cinta yang kuat dan loyalitas, hal itu mustahil terjadi.

Kisah asmara Kirk Douglas dan Anne Buydens berawal dari 'cinta lokasi'. Mereka pertama kali bertemu di lokasi syuting 'Act of Love' di Paris, Prancis, pada awal 1950-an. Kala itu, Anne yang seorang produser film dari Jerman sudah berstatus istri dari seorang pria Belgia. Mereka menikah atas alasan keamanan menyusul pecahnya Perang Dunia II. Sementara itu, Kirk adalah tunangan aktris Pies Angeli yang dilamarnya diam-diam.

Kisah Cinta Kirk Douglas dan Istri, 66 Tahun Setia Sampai Ajal MenjemputKirk Douglas dan Anne berfoto bersama anak mereka yang baru lahir, Peter, pada 1963. (Foto: Keystone/Getty Images)



Meski sudah bertunangan, Kirk Douglas rupanya menyimpan rasa untuk Anne. "Perempuan cantik yang satu ini sangat berbeda dari perempuan di Hollywood lainnya yang pernah menjalin hubungan denganku sejak Diana (mantan istri Kirk) meninggalkanku," ungkap Kirk di buku 'Kirk and Anne: Letters of Love, Laughter and a Lifetime in Hollywood' (2017) seperti dikutip People.

Kirk Douglas pun mulai bergerak untuk mendekati Anne. Namun, usahanya tak berjalan mulus. Ia ditolak mentah-mentah oleh Anne ketika mengajaknya kencan untuk pertama kali. "Tapi niat saya kuat untuk mendapatkannya," kata Kirk.

Kisah Cinta Kirk Douglas dan Istri, 66 Tahun Setia Sampai Ajal MenjemputKirk Douglas dan Anne Buydens tiba di London, Inggris, pada 1960, untuk menghadiri pemutaran perdana film 'Spartacus'. (Foto: Dennis Oulds/Central Press/Getty Images)



Meski akhirnya berhasil merebut hati Anne, perjuangan Kirk masih belum sepenuhnya berhasil. Ia harus segera mengakhiri pertunangannya bila ingin melangkah ke hubungan yang lebih serius dengan Anne.

Perjuangan tersebut berujung bahagia pada 1954. Di tahun itu, Kirk Douglas dan Anne meresmikan hubungan mereka sebagai sepasang suami-istri di Las Vegas. Dari pernikahan tersebut, Kirk Douglas dan Anne dikaruniai dua putra, Eric dan Peter. Kirk sendiri sudah memiliki dua putra, Joel dan Michael, dari pernikahan sebelumnya dengan Diana.

Hubungannya dengan mantan istri masih terjalin dengan baik. Anne pun disebut sangat akrab dengan Diana. Mereka bahkan sering pergi makan bersama. Begitu akrabnya, Kirk dan Anne menyebut Diana 'istri pertama kami berdua'.

Kisah Cinta Kirk Douglas dan Istri, 66 Tahun Setia Sampai Ajal MenjemputMichael Douglas, Anne Buydens, Catherine Zeta-Jones dan Kirk Douglas. (Foto: Bryan Bedder/Getty Images)



Suka memberi kejutan menjadi salah satu cara Kirk untuk mengekspresikan cintanya pada sang istri. Pernah suatu kali, Kirk tiba-tiba muncul dari dalam kue tiruan untuk memberi kejutan ulang tahun buat Anne. "Suami saya senang sekali membuat kejutan untuk saya," kata Anne.

Seperti pasangan lain, bahtera rumah tangga Kirk dan Anne pun tak luput dari cek-cok. "Kami menyelesaikan masalah kami dengan sebuah ciuman," ungkap aktor yang namanya meroket setelah membintangi film 'Spartacus' (1960).

Ketika fisik dimakan usia, cinta mereka berdua justru semakin mekar. Dalam bukunya, Kirk pernah mengatakan, 'Cinta dimulai di umur 80 tahun."

Kisah Cinta Kirk Douglas dan Istri, 66 Tahun Setia Sampai Ajal MenjemputKirk Douglas dan Anne Buydens menghadiri After-Party Oscar yang digelar Vanity Fair pada 2012. (Foto: Alberto E. Rodriguez/Getty Images)



Di Academy Awards 1996, Kirk Douglas mendapat kehormatan untuk menerima penghargaan khusus seumur hidup berkat karier panjangnya di Hollywood. Ia lantas mendedikasikan penghargaan tersebut untuk sang istri.

"Saya melihat empat anak saya. Mereka bangga dengan pria tua ini. Senang sekali bisa menjadi bagian dari Hollywood selama 50 tahun. Tapi ini untuk istri saya, Anne. I love you," katanya.



Simak Video "Kegiatan #dirumahaja: Bikin Kerajinan Oshie Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)