5 Aktivitas Sederhana Agar Kamu Nggak Lemas Setelah Bangun Tidur

Hestianingsih - wolipop Senin, 03 Feb 2020 06:26 WIB
Asian women drinking coffee and wake up in her bed fully rested and open the curtains in the morning to get fresh air on sunshine Foto: iStock
Jakarta -

Saat bangun pagi, seringkali tubuh terasa masih lemas, lesu dan kaku. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Kurang tidur, tidur tidak nyenyak atau posisi tubuh saat tidur yang kurang tepat. Aktivitas di pagi hari pun jadi terhambat karena kondisi ini.

Ada beberapa cara yang bisa membuat otot tubuh relaks dan otak lebih jernih sehingga siap menjalani kegiatan seharian. Coba lakukan lima aktivitas ini tiap pagi:

1. Bernapas
Gelar matras atau karpet, duduklah di atasnya dengan posisi kaki bersila. Ambil nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan beberapa detik dan lepaskan lewat mulut secara perlahan. Ulangi sebanyak tiga kali.

2. Putar Leher
Masih dalam posisi kaki bersila, putar leher Anda perlahan-lahan ke arah yang sama sebanyak lima kali. Kemudian putar ke arah berlawanan dengan jumlah yang sama.

3. Berdiri
Berdiri di posisi tegak dengan pinggul dan perut mengarah ke dalam, serta kaki sedikit terbuka. Letakkan kedua tangan di samping tubuh. Lebarkan jarak jari-jari kaki dan rasakan tekstur karpet atau lantai untuk melancarkan peredaran darah. Setelah itu, dekatkan tubuh ke dinding, naikkan satu tangan ke atas kepala dan tekuk sementara tangan lainnya diregangkan ke dinding. Lakukan cara ini bergantian pada tangan kanan dan kiri.

4. Regangkan Punggung
Dari posisi berdiri, duduk kembali dengan posisi kaki lurus ke depan. Raih ujung kaki dengan kedua tangan, tahan posisi ini selama beberapa detik. Lakukan sebanyak lima kali.

5. Peregangan Tulang Belakang
Gerakan ini disebut spinal twist, fungsinya untuk melemaskan otot tulang belakang yang terasa kaku. Dalam posisi duduk, luruskan kaki kiri sementara kaki kanan menyilang ke samping kiri. Putar badan 90 derajat ke arah kanan (berlawanan dengan kaki kanan), dan tahan selama 45 detik. Lakukan secara bergantian pada sisi lainnya.



Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)