Cerita Ibu Rumah Tangga Sukses Jadi Artis TikTok Walau Dinyinyirin Netizen

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 19 Jan 2020 13:04 WIB
TikTok ternyata juga bikin candu ibu rumah tangga. (Foto: Ilustrasi iStock)
Jakarta - TikTok rupanya tak hanya bikin candu generasi Z dan milenial. Ibu rumah tangga pun bisa kecanduan aplikasi media sosial asal Tiongkok tersebut.

Siti Hodijah salah satu ibu rumah tangga yang kini dikenal sebagai artis TikTok. Followersnya di TikTok sudah lebih dari 788 ribu. Dia juga sudah mendapatkan like lebih dari 14 juta dari berbagai video komedi yang diunggahnya.

Siti Hodijah yang sehari-harinya ibu rumah tangga itu baru mulai main TikTok sejak awal 2019. Keterarikannya pada TikTok tak lain karena melihat anaknya sendiri bermain TikTok.
"Aktifnya di 2019 kemarin gara-gara anakku. Pertamanya aku malah iseng aja pas dicoba enak, asyik dan menghibur, tambah banyak teman, tambah banyak yang kenal. Jadi keterusan gitu," kata Siti seraya tertawa saat dihubungi Wolipop (16/01/2020).

Siti menceritakan bahwa biasanya ia membuat video komedi atau prank sebanyak 3-4 video perhari disela-sela kegiatannya mengurus rumah. Menurutnya kegiaannya membuat konten untuk TikTok itu tidak memakan waktu banyak karena durasi video yang pendek.

"Buat video TikTok tidak makan waktu, durasinya kan juga nggak lama, 15-60 detik aja. Karena tidak ada sejam juga sudah langsung jadi. Saat suami lagi libur kita buat video bareng," katanya.

Dikenal sebagai ibu rumah tangga yang eksis di TikTok, Siti mengaku kerap mendapat hujatan atan nyinyiran dari netizen. Apalagi dalam video TikTok yang dibuatnya, dia kerap membua prank, di mana korbannya adalah sang suami.
Ibu Rumah Tangga Sukses Jadi Artis TikTok, Bisa Ajak Keluarga ke BaliIlustrasi orang yang bermain TikTok. (Foto: iStock)

"Jadi mereka itu menghujatnya, 'nggak sopan sama suami?', 'Ini contoh istri yang berjilbab tapi tidak tahu etika dan menghormati suami'. Tapi aku diemin aja. Alhamdulillahnya lebih banyak yang mendukung dan mendoakan aku daripada yang menghujat. Makanya dari situ ah ngapain juga mikirin orang yang udah negjelekin aku," ucapnya panjang lebar.

Selain dari neizen, keluarganya pun sempa mengomentari aksi Siti bermain TikTok. Dia dianggap melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Siti pun memberikan pemahaman mengenai TikTok.

"Keluarga mikirnya ngapain sih ibu-ibu sudah tua asyik main seperti itu, apa nggak malu? Mereka kan sebenarnya nggak tau, sekarang TikTok itu ada edukasinya, nama kontennya kita belajar bareng. Konten ada belajar tentang bahasa Inggris, bahasa Jepang dan menghitung di hastag belajar bareng. Justru sekarang lebih banyak ada manfaatnya," ungkapnya.

Siti menjelaskan jika dulu ditanggapi nyinyir bermain TikTok, kini keluarganya malah ketagihan dengan fitur TikTok. "Kakak, mertua semuanya aku ajakin untuk bikin konten. Justru sekarang malah mendukung karena untuk mengisi waktu luang," tambahnya.

Yang membuat keluarganya semakin mendukungnya karena kini dia sudah bisa mendapat penghasilan atau uang tambahan dari TikTok. Siti menuturkan ia kerap mengikuti video challenge dari TikTok dan menang sehingga bisa mengajak anak dan suaminya berlibur di Bali. Selain itu juga ia mendapatkan berbagai macam tawaran produk untuk dipromosikan.

Namun wanita 32 tahun ini enggan menyebutkan bayaran yang ia terima lewat TikTok. "Kalau itu aku nggak bisa sebutin, soalnya aku sendiri buat happy-happy aja mainan TikTok," katanya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Suara Merdu Cilla Membawanya Raih Mimpi Lewat TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)